Tempat Wisata Keindahan Pulau Bulupoloe Makassar

Pulau Bulupoloe Makassar ini sebuah pulau yang di ambil dari bahasa Bugis. Yang berarti Gunung yang terpotong atau gunung terpisah. Pulau ini yang memiliki hamparan pasir putih dan juga pulau yang memiliki terumbu karang. Pulau ini memiliki keindahan tersendiri yang mungkin tidak terlalu juag beda dnegan kebanyakan pulau. Pulau Bulupoloe terletak di Teluk Bone akan tetapi masuk dalam Wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Pulau Bulupole Makassar memiliki keunikan tersendiri yang terdapat. Pada alam pegunungan yang menyatu dengan keasrian baharinya. Yang memiliki bentangan pasir putih halus dengan luas sekitar 50 meter. Yang mengitari pinggiran pulau. Air lautnya juga berwarna biru jernih, bahkan di beberapa titik pulau terdapat sumber mata air tawar.

Pulau Bulupoloe Makassar

Bulupoloe Pulau ini yang mengatakan bahwa pulau itu patah gunung yang tertimpa pohon Welenreng. Hutan dari Welenreng akhirnya yang digunakan. Untuk membangun kapal-kapal yang digunakan oleh Sawerigading. Sehingga ada beberapa orang yang didefinisikan Bulupoloe sebagai “Broken Gunung”. Nama Sawerigading terkenal secara global sejak ia adalah tokoh utama dalam La Galigo yang merupakan kisah terpanjang di dunia. La Galigo diterjemahkan ke versi bahasa Inggris dan dilakukan di banyak negara.

Atraksi utama dari pulau Bulupoloe adalah gunung dan keindahan bahari. Pasir putih mengelilingi pulau adalah nilai tambahan yang akan membuat Anda merasa sangat beruntung. Untuk dapat menikmati keindahan alam pantai di Bulupoloe Island.

Baca juga benteng cornwallis Malaysia

Mitos Pulau Bulupoloe Makassar

Dan tidak hanya kecantikannya saja yang menarik perhatian para wisatawan. Pulau Bulupole Makassar yang juga menyimpan mitos sangat unik. Menurut cerita, nama Pulau Bulupoloe ini yang diambil dari bahasa Bugis. Yang berarti artinya pulau terpotong atau terpisah.

Konon, ada sebuah pohon Welenreng yang tumbang kayu dari pohon Welenreng. Yang tumbang ini digunakan untuk membuat kapal milik putra Raja Luwu. Yaitu Sawerigading, untuk menemui kekasih nya dari negeri China.

Di bagian dahan dari batang pohon besar ini yang hanyut hingga ke Teluk Bone. Saking besarnya, hingga menabrak satu pulau lalu terbelah dua. Inilah mengapa pulau ini diberi nama Pulau Bulupoloe.

Harga Pulau Bulupole Makassar

Dan ketika anda berkunjung ke Pulau Bulupoloe Makassar yang ada di Luwu Timur. Anda akan menikmati hamparan pasir putih yang sangat indah sekali. Dan selain pasir putih yang terhampar indah pulau ini juga. Memiliki banyak biota laut, dan terumbu karang yang beragam dan sangat indah sekali. Dan selain keindahan ya ng ada di daratan pualu ini anda juga bisa merasakan keindahan alam di bawah laut. Yang ada di pulau ini dengan cara melakukan kegiatan diving dan snorkeling di air jernih Pulau Bulupoloe Makassar. Untuk bisa mencapai Pulau Bulupoloe anda  harus pergi ke Kabupaten Luwu Timur. Khususnya malili yang kemudian anda harus menyewa kapal (katitinting ) dengan harga Rp. 300.000 /hari untuk kapal yang kapasitasnya 5 orang. Dan untuk yang kapasitas 10-15 Orang biaya sewanya Rp.700.000/Hari. Dan waktu perjalanan yang anda butuhkan untuk mencapainya menggunakan katinting yaitu selama 2 jam.

Rute

Jika ingin menyambangi Pulau Bulupoloe, terlebih dahulu Anda harus bertolak ke Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Perjalanan menuju Malili, ibukota Kabupaten Luwu Timur, dapat ditempuh dengan melalui jalur darat. Dan membutuhkan waktu sektar 8 hingga 10 jam dari Kota Makassar. Selain itu melalui rute darat, perjalanan ke Malili juga yang dapat ditempuh lewat jalur udara. Dengan menggunakan pesawat yang membutuhkan waktu. Sekitar 1 hingga 1,5 jam dari Bandara Sultan Hasanuddin, tempat wisata Makassar.

Setelah tiba di Malili, Anda akan dapat meneruskan perjalanan ke Pulau Bulupoloe Makassar lewat jalur laut. Dengan menggunakan perahu melalui Pelabuhan Balantang, Malili. Perjalanan dari Malili ke Pulau Bulupoloe membutuhkan waktu sekitar dua jam. Rute laut menuju Pulau Bulupoloe dapat pula ditempuh dari Batu Menggoro, daerah pantai. Yang terletak di Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. Jika anda melalui Batu Menggoro, Pulau Bulupoloe dapat dijangkau. Hanya dengan waktu yang lebih singkat, yaitu sekitar 30 menit hingga satu jam perjalanan.

Baca penang national park malaysia