Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang Yang Standar Nasional

Jika berbicara mengenai Kabupaten Sumedang, pasti nya kalian langsung tertuju kepada athu Sumedang. Tahu sumedang yang memiliki rasa yang gurih dan juga enak. Tentu nya akan membuat yang memakan nya kan merasa ketagihan dengan rasa nya. Selain terkenal dengan tahu nnya yang gurih. Sumedang juga terkenal memiliki tempat wisata tersembunyi yang indah dan juga menarik untuk di kunjungi. Tempa wisata sumedang kali ini bukanlah pantai, curug ataupun kolam renang, melainkan perkemahan. Yaitu tempat wisata bumi perkemahan kiara payung Sumedang. Tentu nya tempat wisata ini pasti nya termasuk ke dalam wilayah kabupaten Sumedang. Letak buper kiara payung ini tepat nya berada di jalan kiara payung-Jatinangor. Atau lebih di kenal dengan Jalan Raya Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Bumi Perkemahan Kiara Payung  Jatinangor Sumedang

Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang

Bumi perkemahan kiara payung Sumedang ini merupakan salah satu bumi perkemahan yang memiliki kelas nasional. Nama bumi perkemahan ini di ambil dari Letjen (Purn) Dr. (HC) adalah tokoh Sunda juga pernah jadi kepala kwartir Nasional Pramuka pada tahun 1978 hingga 1993. Bumi perkemahan kiara payung sumedang sendiri persis nya berada di kelurahan Sindangsari. Kecamatan Sukasari, kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Area perkemahan seluas 66 hektare ini pada era Presidem SBY. Pernah di revitalisasi dan juga di resmikan Menteri Pemuda dan juga Olahraga.

Yaitu Roy Suryo pada hari rabu, 12 juni 2006. Bumi perkemahan kiara payung sumedang biasa di jadikan kegiatan berkemah. Dan juga aktivitas untuk alam terbuka. Baik itu perkemahan organisasi maupiun gathering komunitas. Area di lapangan terbuka ini pun biasa di gunakan untuk aktivitas lapangan. Untuk kegiatan kampus (ospek), sekolah, gathering ormas, komunitas, dan juga anak-anak muda. Yang tentu nya berwisata di alam terbuka. Kiara payung ini berad di ketinggian 900 mdpl (meter dari permukaan laut). Dan sebagian besar wilayah nya terletak di kecamatan Tanjung Sari.

Wisata Alam Dan Sejarah

Di dekat kawasan bumi perkemahan kiara payung Sumedang ini terdapat beberapa tempat wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi. Dimana ada jembatan cincin. Jembatan bekas rel kereta api pada jaman Belanda ini ada kawasan kampus Unpad seberang Kampus Fikom. Saat melewati jalur kiara payung ada menara loji. Yaitu bekas lonceng raksasa yang dulu di gunakan sebagai tanda waktu istirahat para pekerja perkebunan Jatinangor. Menara yang berwarna putih ini lokasi nya dekat Kampus ITB II. Atau sebelum gerbang masuk Bandung Giri Gahana, yang berada di kiri jalan. Jika kamu yang suka mencoba lintas alam. Bisa meneruskan perjalanan ke arah Gunung Manglayang.

Di sana kamu bisa mendaki ke puncak gunung tersebut. lalu ada wisata hutan gunung pinus batu kuda. Atau bisa juga mendaki yang lebih ringan. Yaitu bisa naik ke puncak Gunung Geulis. Dengan akses dari jatiroke yang berada di sebelah timur kawasan pendidikan jatinangor. Bila ingin membeli aneka kerajinan, bisa pergi ke arah Cibeusi atau Cipacing (dekat keluar tol Cileunyi). Untuk mencari makanan, di sepanjang jalan Jatinangor banyak tempat makan. Dimana memang tempat makan nya para mahasiswa Unpad, IPDN, Ikopin, san ITB Kampus II. Baca juga tempat wisata curug ciputrawangi sumedang

Rute Menuju Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang

Untuk menuju lokais bumi perkemahan ini dapat di tempuh dengan cara yang cukup mudah. Artinya banyak akses yang bisa di tempuh untuk menuju lokasi yang memiliki panorama alam yang indah ini. Dari jakarta bisa langsung melalui tol Cileunyi. Keluar dari tol Cileunyi , perjalanan tinggal di lanjutkan menuju arah Sumedang. Sebenar nya jarak nya tidak begitu jauh dari arah nya dari pintu tol Cileunyi. hanya sekitar berjarak 3-4 kilometer saja. Jadi, tempat ini memang tidak begitu jauh dari perbatasan Bandung-Sumedang. Belum sampai ke universitas padjajaran. Anda cukup berbelok ke arah kiri. Yaitu Jalan winaya mukti(dulu di sini ada universitas winaya mukti atau biasa di kenal dengan UNWIN). Selanjut nya tinggal lurus saja ke atas.

Dan jika menggunakan angkutan umum pun, dari Bandung kota tempat ini sangatlah mudh untuk di jangkau. Kamu hanya perlu manaiki bis kota dari Dipati Ukur (yang biasa nya mangkal di depan UNPAD Dipati Ukur). Menuju di depan Unpad Jatinangor. Lalu turun di jalan UNWIN (Universitas Wanaya Mukti). Lalu untuk sampai ke atas perjalanan bisa di lanjutkan untuk sampai ke atas perjalanan bisa di lanjutan dengan menggunakan ojek. Selain bis kota jalan raya jatinangor pun merupakan jalan lintas. Yang selalu di lalui oleh banyak angkutan dari Bandung (terminal cicaheum) . Yang menuju cirebon, tegal. Dan ke arah jawa tengah lain nya, sehingga persimpangan jalan menuju kiara payung ini bisa di lalui oleh banyak kendaraan. Dari arah terminal cicaheum (Bandung) atau pun sebalik nya.

Fasilitas Di Bumi Pekemahan Kiara Payung Sumedang

Bumi perkemahan Kiara Payung sumedang ini memiliki fasilitas untuk mendukung kegiatan alam dan juga untuk tempat pertemuan ataupun acara-acara penting. Fasilitas tersebut akan ada ketika pengunjung yang memesan terlebih dahulu. Fasilitas-fasilitas tersebut yaitu :

Graha Kujang

Fasilitas ini khusus untuk kelompok yang mengadakan acara resmi yang
diadakan oleh instansi. Letak fasilitas ini satu jalur dengan gerbang masuk Bumi
Perkemahan Kiara Payung sumedang. Biaya sewa per hari untuk tempat ini yaitu Rp. 2.000.000

Pendopo Pasanggrahan

Fasilitas ini terletak di sebelah utara Bumi Perkemahan Kiara Payung sumedang sekaligus menjadi batas lokasi perkemahan kegiatan. Yang sering di adakan di sini yaitu adalah kegiatan pasca kelulusan. Perkumpulan lembaga swadaya masyarakat, ataupun komunitas tertentu yang kegiatan nya berhubungan dengan alam. Dari segi bentuk, bangunan nya berbeda dari fasilitas lain nya. Yaitu di sini dapat terlihat bentuk atap yang tidak menyerupai tenda. Seperti fasilitas lain nya. Untuk biaya sewa perhari, fasilitas ini ditentukan dengan harga Rp1.200.000,-. Namun pendopo ini tersedia juga jenis yang lebih kecil. Dan letaknya tersebar di berbagai titik di area perkemahan dengan harga sewa per hari yaitu Rp. 300.000.

Aula Ageung Padjajaran

Aula Ageung Padjadjaran letaknya bersebelahan dengan pendopo pasanggrahan,
fasilitas ini memiliki berbagai fungsi yang berhubungan dengan berkumpulnya
anggota-anggota dalam satu kelompok atau lebih. Biaya sewa per hari fasilitas ini yaitu Rp. 2.500.000.

Guest House

Fasilitas ini merupakan tempat penginapan yang disediakan pengelola untuk
pengunjung yang berupa tempat menginap pada umumnya. Biaya sewa untuk
fasilitas ini yaitu Rp350.000 untuk perhari nya.

Area Giat

Fasilitas ini letaknya berupa bangunan dengan atap menyerupai tenda dengan
penyangga empat tiang tanpa tembok digunakan hampir sama seperti fasilitas lain nya. Hanya saja perbedaan nya pada letak fasilitas nya. Biasa nya sewa arena giat ini Rp. 250.000 perhari.

Arena Siaga

Arena siaga terdiri dari 3 bangunan tanpa tembok dan satu toilet. Dalam penerapan nya, tempat ini di jadikan sebagai pos dalam kegiatan berkemah. Namun bisa juga di jadikan sebagai tempat berkumpul kelompok atau instansi. Biaya sewa arena Siaga yaitu Rp. 300.000 per hari nya.

Pencarian Terbaru: