Tempat Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun bagaimana jadinya jika berenang dilakukan bersama dengan ikan-ikan yang dikeramatkan. Tentu ini menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus mengasyikan. Inilah yang bisa anda temukan di objek wisata pemandian Cibulan yang terdapat di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Tidak hanya berenang, anda juga akan mengenal ikan dewa yang dianggap keramat secara lebih dekat. Pemandian Cibulan Kuningan memiliki 2 kolam utama. Masing-masing kolam memiliki kedalaman yang berbeda. Kolam pertama memiliki kedalaman 2 meter, dan kolam kedua hanya berkedalaman sekitar 60cm hingga 120cm. Kedua kolam ini diisi oleh ikan dewa atau ikan yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar.

Daya Tarik Tempat Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

Pemandian Cibulan Kuningan

Kelibihan tempat wisata Pemandian Cibulan Kuningan ini jika dibandingkan tempat lainnya adalah dengan menghadirkan atraksi wisata tambahan. Berupa memberikan kesempatan pada para pengunjung untuk dapat merasakan sensasi berenang dengan ratusan ikan Dewa. Sungguh menarik bukan? Ikan ini memiliki bentuk menyerupai ikan mas tapi lebih memiliki badan yang memanjang. Berwarna abu-abu kehitaman dengan warna merah atau orange dibagian sirip dan ekor.

Menurut cerita yang berkembang ikan-ikan dewa tersebut merupakan jelmaan dari beberapa prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi. Kutukan tersebut terjadi karena para prajurit tersebut membangkang terhadap Prabu Siliwangi. Sehingga menurut cerita jumlah ikan-ikan dewa itu tidak pernah bertambah ataupun berkurang sesuai jumlah prajurit yang terkena kutukan tersebut. Keanehan lainnya adalah ketika kolam itu dikuras ikan-ikan dewa ini akan menghilang dengan sendirinya. Dan ketika air itu diisi kembali ikan-ikan dewa tersebut kembali mengisi kolamnya kembali.

Sejarah Singkat Pemandian Cibulan Kuningan

Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya. Ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang. Atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi  . Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana. Namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu. Hingga sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa. Barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

Lokasi Pemandian Cibulan Kuningan

Secara geografis, tempat wisata pemandian Cibulan berada di Desa Maniskidul, Jalaksana, Kuningan Regency, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jika anda tengah berada dipusat Kota Kuningan. Maka jarak menuju ke objek wisata Pemandian Cibulan sekitar 9,5 km. Sementara jika kamu dari pusat kota Cirebon jaraknya sekitar 23.9 km.

Rute Menuju Pemandian Cibulan Kuningan

Untuk mengunjungi objek wisata ini, anda bisa berangkat dari Kuningan atau Cirebon. Rute menuju pemandian Cibulan Kuningan yaitu dengan melewati Jl. Baru Awirarangan. Kemudian lewat Jl. Eyang Weri sampai Lapangan Stadion Mashud Wisnusaputra. Selanjutnya apabila anda sudah melewati stadion tersebut, anda akan melihat ada sebuah perempatan. Kemudian belok kanan melewati Jl. Siliwangi dan lurus terus sampai anda menemukan sebuah tugu disamping Taman Kunci Bersama.

Lalu ambil jalan lurus agar tetap berada di Jl. Siliwangi dan ikuti terus jalan tersebut hingga anda melewati kawasana Pasar Kramatmulya. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut hingga anda memasuki Jl. Raya Maniskidul. Setelah memasuki Jl. Raya Maniskidul perhatikan jalan di sebelah kanan. Karena nantinya anda akan menemukan papan bertenanuliskan “Objek Wisata Cibulan”.

Fasilitas Tempat Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

Pemandian Cibulan Kuningan adalah pemandian yang sumber airnya berasal dari Gunung Ciremai. Jika sudah demikian, tentunya bisa terbayangkan bukan bagaimana segarnya ketika berendam atau sekedar bermain air di pemandian Cibulan Kuningan ini. Selain sebagai lokasi wisata. Ternyata kawasan Cibulan juga adalah sumber untuk mencukupi kebutuhan air bersih di kompeks perusahaan serta masyarakat sekitar. Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kuningan menggunakan Cibulan sebagai sumber air unutk Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa di Klayan Cirebon.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

Pihak pengelola wisata sudah memberikan pengelolaan yang baik di destinasi ini. Ketika pengunjung akan masuk, sudah disediakan loket untuk membayar tiket masuk. Tarif yang diberikan adalah sekitar Rp17.000 untuk orang dewasa, sementara itu untuk anak-anak hanya diminta membayar seharga Rp12.000.

Pencarian Terbaru: