Tempat Wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian air panas sanita tirta ciseeng adalah salah satu tempat wisata yang indah di Indonesia. Dengan menyajikan pemandangan alami bekas letusan gunung berapi yang memiliki sumber mata air panas. Menurut penelitian para ahli, bahwa letusan gunung tersebut terjadi ribuan tahun lalu. Dan mengeluarkan zat kapur, garam dan belerang yang tercampur menjadi satu. Bentuk letusan tersebut seperti salju. Berwarna putih serta menjadi pemandangan indah yang terbentuk secara alami.

Pihak dinas pariwisata kota Bogor memanfaatkan letusan gunung tersebut untuk dijadikan objek wisata. Mandi air hangat atau hot spiring serta wisata lainnya. Taman wisata ini dibangun pada tahun 1990 dan mulai diresmikan serta terbuka untuk umum pada tahun 1992. Tempat wisata ini memiliki konsep sebagai “Pesona Wisata Nuansa Alam Menyehatkan” dengan membangun taman serta pemandian air hangat.

Keunikan Tempat Wisata Sumber Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Pemandian Air Panas

Terdapat hal unik yang akan kamu temukan di sumber air panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor. Hal unik tersebut adalah batu berukuran besar yang warnanya bisa berubah menjadi putih. Perubahan warna batu ini terjadi karena kepadatan kandungan belerang yang ada pada Gunung Kapur tersebut. Kalau kamu naik ke atas batu besar itu, kamu bisa melihat kolam air panas yang terkadang berwarna putih agak kehijauan. Nah di kolam itulah, wisatawan berendam dan mandi bersama-sama. Dari kolam itu, kamu bisa melihat panorama alam yang indah seperti gunung salju. Karna puncak gunungnya tertutup dengan endapan kapur yang warnanya agak putih.

Fasilitas Sumber Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

1. Pemandian Air Hangat Kamar VIP

Berendam di air hangat yang mengandung belerang. Untuk bisa berendam di dalam kamar mandi VIP ini, kita akan ditarik biaya sebesar Rp. 10.000,- per orangnya. Dan menurut peraturan yang berlaku, satu kamar mandi hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Jadi tidak boleh dipakai berduaan meskipun bagi pasangan suami isteri.

2. Outbond

Menikmati sensasi outbond atau meluncur di ketinggian dengan flying fox. Harga untuk satu kali meluncur adalah sebesar Rp.25.000,- per orangnya. Ada juga kendaraan ATV, duck boat dan giant house of barbie.

3. Tempat Pemandian Air Panas Terbuka

Jika Anda ingin berendam di kolam terbuka. Anda bisa mengunjungi pemandian yang berada di belakang area parkir dengan mendaki bukit melalui jalan setapak. Harga tiket masuk ke kolam pemandian air panas terbuka ini lebih murah. Di banding dengan lokasi utama dan tanpa ketentuan lama berendam.

4. Hotel atau Penginapan di Terdekat.

Letaknya yang berada di pedesaan, membuat kita sulit untuk menemukan hotel di sekitar objek wisata pemandian air panas Ciseeng ini. Jika Anda ingin mencari penginapan atau hotel untuk bermalam, sebaiknya cari di sepanjang jalan Raya Parung. Setahu saya yang paling dekat adalah di Jalan Raya parung melewati pertigaan jalan pasar Ciseeng. Ada dua hotel yang terletak di sebelah kanan jalan yaitu: Hotel Parung Transit dan Parunk Hotel & Resto. Jika tidak ingin kehabisan kamar sebaiknya booking secara online sebelum berangkat ke pemandian. Selain itu biasanya ada diskon hingga 50% jika booking secara online jauh-jauh hari. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bogor“.

5. Rumah Makan.

Ada banyak warung makan tapi saya tidak menemukan restoran di sekitar tempat wisata. Putar-putar akhirnya saya berhenti di warung bakso “tak terduga” di jalan Raya H.Usa karena terlihat ramai pengunjung. Baksonya lumayan enak.

6. Toilet dan WC Umum.

Di objek wisata ini ada toilet umum tapi terkesan tidak terawat karena terakhir ke sana. Semua bak mandi tidak ada airnya. Akhirnya saya pun air aqua.

7. Area Parkir.

Untuk masalah parkir kendaraan baik roda dua maupun empat, di sana disediakan area parkir yang cukup luas. Biaya parkir untuk motor adalah Rp.3.000,- dan mobil Rp.5.000,-

Alamat Dan Rute Ke Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita

Alamat tempat wisata bogor pemandian air panas tirta sanita berada di Desa Bojong Indah, Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat 16330. Walaupun termasuk dalam wilayah Bogor. Namun lokasinya lebih dekat dengan kota Depok hanya sekitar 15 km dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Hal ini karena lokasi wisata pemandian air panas ini berada di daerah perbatasan wilayah Jakarta dan propinsi Jawa Barat. Jarak dari kota Bogor sekitar 25 km dan perjalanan dari kota Hujan bisa ditempuh dalam 1 jam.

Dari Depok lurus ke arah barat melewati jalan raya Sawangan untuk menuju Jl. Muchtar Raya lalu ke Jl. Jakarta-Bogor ke arah selatan sampai pertigaan Parung yang menuju Jl. H Mawi. Selanjutnya ambil kanan menyusuri Jln. H Mawi sampai di perempatan Jl. Ciseeng dan belok kanan mengikuti Jl. Ciseeng hingga sampai menemukan lokasi wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita. Sedangkan jika dari Bogor anda cukup mengikuti Jl. Jakarta-Bogor hingga tiba di pertigaan Jl. Mad Nur dan belok kiri menyusuri Jl. Mad Nur hingga sampai di perempatan Jl. Ciseeng. Tetap lurus mengikuti jalur Ciseeng dan akan tiba di tempat wisata Tirta Sanita.

Demikian informasi tentang pemandian sumber air panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga dan semoga dapat menjadi referensi liburan keluarga anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!