Yuk! Kita Jalan-Jalan Ke Pemandian Air Panas Ciracas Di Purwakarta

Purwakarta memiliki banyak potensi wisata, salah satunya adalah waduk d’jatiluhur. Zona penduduk yang didirikan pada tahun 1957 ini berada di antara lembah dan perbukitan, dan udara disana juga sangat sejuk. Ada berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan disana. Mulai dari memancing, berenang, mengitari danau hingga olahraga air seperti, dayung, perahu layar, ski air dan selancar. Kali ini kami akan membasahas wisata keluarga pemandian air panas ciracas di Purwakarta.

Wisata Keluarga Pemandian Air Panas Ciracas Purwakarta

pemandian Air Panas Ciracas

Pemandian air panas yang terkenal masih sebatas ciater di Subang dan Cipanas di Garut. Padahal Purwakarta juga punya lho.. Yaitu sumber air panas ciracas yang termasuk tempat wisata di Purwakarta yang masih jarang dijamah wisatawan. Hampir semua orang suka dengan tempat wisata sumber mata air panas alami. Banyak pemandian air panas ciracas alam yang berada di Jawa Barat, salah satunya ada di Purwakarta. Tempat wisata di Purwakarta yang menyuguhkan banyak titik sumber air panas ini. Dan juga terdapat pemandangan persawahan dan perkebunan teh, karena letaknya ada di lereng bukit.

Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Nah, setelah puas mandi dan berendam di air panas. Lanjut jalan-jalan menyusuri perkebunan teh yang pastinya hawa sejuknya bikin pikiran jadi tenang. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Purwakarta, yaitu sate Maranggi di sekitar lokasi pemandian air panas.

Keistimewaan Sumber Air Panas Ciracas

Sumber air panas ciracas adalah tempat yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Ia dapat dikategorikan sebagai mata air purba. Terletak di antara pepohonan hijau dan hamparan sawah, membuat sejuknya udara begitu terasa.

Di tempat ini terdapat sekitar 12 titik sumber mata air panas (Hot Spiring). Beberapa di antaranya berlokasi di pematang sawah milik masyarakat. Menurut keterangan penduduk setempat. Mandi di sumber air panas alam tersebut dapat memberikan kesegaran. Kesegaran jasmani dan juga dapat memberikan penyembuhan untuk pengobatan penyakit kulit, rematik dan pegal-pegal.

Lokasi Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas terletak di kaki bukit, tepatnya berada di Desa Ciracas, Kecamatan Kiara Pedes, Kabupaten Purwakarta. Berjarak sekitar + 8 km dari Situ Wanayasa atau 45 km dari pusat kota Purwakarta. Lokasi Sumber Air Panas Ciracas dikelilingi oleh pepohonan hijau dan hamparan sawah. Dengan udara yang sejuk khas pedesaan dengan insfrastuktur jalan yang mulus. Pokoknya suasana tempatnya menyenangkan jiwa dan raga.

Rute Menuju Sumber Air Panas Ciracas

Rute menuju sumber ari panas ciracas dari pusat kota purwakarta dapat mengambil jalur ke arah situ Wanayasa. Beberapa meter setelah melewati situ wanayasa terdapat pertigaan (Lurus ke arah bojong, sedangkan belok kiri kearah Kiara Pedes atau Subang).  Ambil jalan ke kiri dengan terus lurus melewati sebuah pasantren. Sampai akhirnya menemukan gang di sebelah kiri (Dekat belokan) yang berdekatan dengan gapura. Perbatasan antara kabupaten Purwakarta dan Subang. Jangan ragu, langsung saja ambil jalan tersebut dengan terus lurus menyusuri area pesawahan, hutan, rumah penduduk. Hingga menemukan pertigaan menuju ke desa Kiara Pedes. Ditandai dengan gapura dan menuju lokasi sumber air panas.

Kekurangan Tempat Pemandian Air Panas Ciracas

Sayang, meski mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Belum ada aksi dari warga dan pemerintah daerah setempat untuk mengelolanya dengan maksimal. Buktinya, fasilitas pemandian terkesan seadanya, hanya berupa bangunan yang bentuknya seperti toilet umum tanpa pintu.

Juga masih ada banyak sampah yang terkesan, sehingga tampak kotor dan kurang terurus. Tidak sesuai dengan kondisi insfrastruktur jalan yang sudah cukup baik dan mulus. Padahal, jika sumber air panas yang ada di tengah lahan milik kantor desa dan dekat mushola itu dikelola secara profesional. Tidak ada kalah menariknya dengan objek wisata yang serupa.

Diharapkan dengan adanya pengembangan wisata bisa mendongkrak kesejahteraan penduduk wisata bisa mendongkrak kesejahteraan penduduk sekitar yang rata-rata berprofesi sebagai petani. Suasana yang sejuk dan nyaman jarang anda temui di perkotaan. Bisa didapatkan disini begitu anda berkunjung ke sumber air panas ciracas. Cobalah untuk mengeksplorenya agar tempat wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciracas

Untuk harga tiket masuk ke pemandian air panas ini tidak dipatok harga, hanya anda harus membayarnya dengan keikhlasan hati anda. Setidaknya anda harus memabayarnya walaupun hanya Rp. 5.000,- karena sudah menggunakan tempatnya untuk berendam masa ia langsung pergi saja? Apa tidak malu.

Demikian pembahasan mengenai tempat wisata Purwakarta keluarga pemandian air panas di Purwakarta. Semoga bermanfaat dan semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda yang ingin berlibur kesana. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan alam sekitar. Karena jika bukan kita yang menjaganya siapa lagi? Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk like dan share.

Pencarian Terbaru: