Keindahan Tempat Wisata Hutan Mati, Kawah Papandayan Garut

Garut ini merupakan satu antara kabupaten sebagai penyumbang wisata hingga wisata alam unggulan. Dari wilayah utara hingga wilayah selatan memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk di kunjungi. Letak geografis berada di ketinggian terendah di sepanjang pesisir pantai Garut selatan. Hingga dataran tinggi di puncak pegunungan Cikuray 2821 mdpl, menyediakan bermacam destinasi wisata alam terbaik. Salah satunya wisata unik nan eksotis hutan mati Papandayan Garut yang merupakan kawasan eksotis dari gunung Papandayan. Sebuah Hutan sabana yang telah lama mati akan tetapi masih mampu menjanjikan pemandangan pepohonan kering. Yang memberikan kesan yang ekotis dan unik. Kawasan itu sering dimanfaatkan sebagai jalur pendakian ke puncak gunung hingga ke puncak Tegal Alun. Jangan lupa baca juga candi cangkuang garut yang sangat banyak memiliki sejarah.

 Papandayan Garut

Berdasarkan sejarah hutamn mati gunung papandayan ini bermula dari letusan yang dasyat. Gunung papandayan yang telah terjadi pada ratusan tahun silam. Kira – kira letusan itu terjadi pada tanggal 11 sampai 12 agustus tahun 1772.  Karena hasil letusan, hingga mengakibatkan area sekitar empat desa rata tanah. Selain itu ada 3.000 penduduk sekitar area gunung juga terkubur di danau vulkanik. Begitu halnya hewan peliharaan pun ikut terkena dampak letusan gunung. Bahkan karena hebatnya fenomena itu, seorang jurnalis luar negeri ikut mendeskripsikan kejadian itu ke dalam bukunya berjudul Natural Disaster. Memang jika dilihat sekilas dari keadaan hutan indentik tempat yang angker dan menyeramkan.

Wisata Kawah Papandayan Garut

Akan tetapi setelah di lihat dari sudut pandang berada sejumlah ratusan pohon jenis cantigi yang berwarna hitam tumbuh. Tepat di atas material lumpur dari kawah gunung, sehingga menciptakan kesan eksotis menakjubkan. Lokasi wisata bersebelahan area camping ground dari Pondok Saladah, tepat di bawahnya terdapat kawah, airnya terus mengalir tidak pernah berhenti. Ketika anda berada di kawasan wisata, aroma dari belerang sangat menyengat indra penciuman. Berjalan-jalan disekitar kawasan hutan memberikan sensasi tersendiri. Objek wisata Garut ini memiliki daya tarik disinggahi ketika sedang menuju puncak gunung Papandayan. Suasana seram disana pun seolah-olah berganti menjadi keindahan alam.

Daya Tarik Wisatawan Di Papandayan Garut

Kawah

Papandayan termasuk salah satu gunung yang masih aktif dengan kawah – kawah yang identik berpindah – pindah secara acak. Para pengunjung dapat melihat kawah secara dekat. Teradapat 14 kawah dan yang paling besar adalah kawah Mas dengan lebar kurang lebih 150 meter. Kawah ini bergemuruh layaknya suara mesin pesawat jet. Dari 14 kawah ini masing-masing kawah mengeluarkan asap yang berberda-beda ada yang berwarna hijau hingga ada yang berwarna emas. Udara disekitar kawah cukup panas, sehingga saya sarankan untuk memakai baju dengan bahan yang dingin. Selain menikmati kawah disana kita juga bisa menemukan hamparan bunga Eidelweiss (anaphalis javanica). Sebagian orang percaya bahwa air yang ada dikawah ini bisa digunakan sebagai obat yang paling mujarab untuk penyakit kulit.

Hutan Mati

Hutan Mati Papandayan Garut

Hutan mati terletak diarea berkemah Pondok saladah yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Dan merupakan area yang hampir tidak terlewatkan oleh para pengunjung untuk berfoto dan melihat keindahan area hutan mati ini.

Sunrise

Para pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit di area tebing Sunrise. Area Hutan Mati dan area Tebing berkemah Hober Hoet.

Area Berkemah

Terdapat 3 area berkemah yang populer disini diantaranya:

Gober Hoet

Lokasinya terletask setelah pintu lawang angin. merupakan area terbuka dengan pemandangan ke arah kawah, kota Garut dan Gunung Cikuray.

Bumi perkemahan

Bumi perkemahan merupakan area untuk berkemah dengan latar belakang Kawah Gunung Papandayan dan terdapat sungai kecil dengan air yang bersih. Tempat ini rekomendasi buat kemah keluarga.

Curug Hejo

Terletak di area bawah Hutan Mati memiliki air berwarna hijau. Terdapat juga air terjun bertingkat dengan kolam air jernih yang menarik untuk dikunjungi.

Pondok Saladah

Terletak berdekatan dengan area Hutan Mati serta terdapat sumber mata air yang dapat digunakan untuk persediaan air minum.

Tiket Masuk Wisata Papandayan Garut

Jenis TiketHarga Weekday
Pengunjung NusantaraRp20.000
Pengunjung MancanegaraRp200.000
Koendaraan Roda DuaRp12.000
Kendaraan Roda EmpatRp25.000
KendaraanRoda EnamRp110.000
SepedaRp7.000
Rombongan PelajarRp18.000
Jenis TiketHarga Weekand
Pengunjung NusantaraRp30.000
Pengunjung MancanegaraRp300.000
Koendaraan Roda DuaRp17.000
Kendaraan Roda EmpatRp35.000
KendaraanRoda EnamRp150.000
SepedaRp10.000
Rombongan PelajarRp20.000
Jenis TiketHarga
BerkemahRp35.000
Berkemah pelajarRp23.000
Berkemah MancanegaraRp105.000
Shooting Individu/CompanyRp800.000
Shooting Acara KomersialRp2.000.000
Foto PreweddingRp500.000
Umbul-umbul (per tiang)Rp30.000
Jasa Stand (Max 4×4 Meter)Rp500.000

Fasilitas Papandayan Garut

  • Kolam Rendam Air Panas
  • Selfie Area
  • Wacth Tower (Menara Pandang)
  • Hotel & Penginapan
  • Restoran & Kantin
  • Mesjid

Pencarian Terbaru: