Sensasi Naik Gondola Di Tempat Wisata Pantai Timang Yogyakarta

Menghabiskan masa liburan di Yogyakarta akan terasa lebih istimewa bila meluangkan waktu sejenak. Untuk mengunjungi pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai di Gunung Kidul terkenal akan keindahan nya. Siapapun yang melihat nya pun akan langsung jatuh cinta. Salah satu pantai yang menjadi topik hangat di antara para wisatawan adalah Pantai Timang Yogyakarta. Lokasi wisata ini terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Wonosari, Gunung Kidul. Jarak nya memang cukup jauh dari Yogyakarta yakni sekitar 80 km. Akan tetapi di jamin para pengunjung tidak akan menyesal menjejakan kaki di tempat wisata Yogyakarta ini.

Indahnya Pesona Pantai Timang Yogyakarta

Pantai Timang Yogyakarta

Pantai timang yogyakarta terbagi menjadi 2 bagian. Yakni sisi timur dan sisi barat. Di sisi timur pantai akan melihat hamparan pasir putih dan cantik. Sangat bertolak belakang dengan sisi Barat yang berupa bukit-bukit bebatuan. Bukit ini cukup terjal karena langsung berbatasan dengan lautan dan di kenal dengan nama Pulau Watu Panjang atau Pulau Timang. Kendati di nama kan pulau sebenar nya Pulau Timang Yogyakarta ini hanya berupa bongkahan bebatuan besar. Panti Timang Yogyakarta ini memiliki pesona yang sangat luar biasa indah.

Ombak hijau kebiruan bergulung menuju hamparan pasir nan putih. Suara desah angin menenangkan hati. Dan rasa lelah juga akan hilang berganti dengan kelegaan yang tak akan terhingga. Para pengunjung akan bisa untuk bersantai sambil menikmati ombak yang berdeburan. Saling berkejaran satu sama lain dan juga terpecah belah di batu karang. Pastikan lah untuk membawa jaket atau mengenakan baju hangat.

Karena angin di Pantai Timang Yogyakarta in cukup kencang. Para pengunjung di perboleh kan untuk bermain pasir putih. Akan tetapi jangan lah bermain air karena ombak nya yang lumayan besar. Cukup nikmati saja indah nya panorama yang terpampang di hadapan para wisatawan. Menghabiskan waktu di Pantai Timang Yogyakarta ini tidak lengkap rasa nya jika tidak mencicipi sensasi menyebrang. Ke Pantai ke Pulau Timang Yogyakarta menggunakan Gondola.

Asal Usul Gondola

Satu hal yang menarik yang berada di Pantai Timang Yogyakarta yakni ada nya gondola. Alias kereta gantung atau bisa juga di sebut gantole. Mungkin para pengunjung akan merasa hal tersebut wajar-wajar saja. Akan tetapi, gondola yang di gunakan sifat nya masih tradisional. Gondola alias kereta gantung yang ada di Pantai Timang Yogyakarta terbuat dari kayu akasia. Sebelum di jadikan salah satu daya tarik Pantai Timang Yogyakarta, gondola hanyalah alat yang di gunakan untuk menyebrang. Baca juga tempat wisata pantai sundak yogyakarta dan tempat wisata bukit bintang pethuk yogyakarta

Menuju ke Pulau Timang Yogyakarta guna untuk mencari lobster. Usut punya usut, ternyata gondola tersebut di buat pada tahun 1997 oleh 6 orang warga. Yakni Siswanto, Warno,Sartono, Warsito, Supriyanto dan Tukijan. Di butuhkan waktu selama 3 minggu sebelum gondola bisa di gunakan. Itu pun tidak akan mudah karena harus melewati pengujian lebih dulu. Warno yang merupakan mantan pelaut bersama dengan rekan-rekan nya pergi ke Pantai Siung dengan menggunakan kapal.

Warno turun ke lauatan dan berenang sendiri. Sambil membawa tambang untuk merancang penopang Gondola. Tamabnag lebih di pilih ketimbang besi karena di rasa lebih tahan banting terhadap air laut. Berkat kerja keras dan juga kegigihan mereka lah Gondola yang kini di jadikan sebagai tempat wisata. Sejak tahun 2012 silam dapat di pergunakan hingga saat ini.

Ada Wisata Terbaru Di Pantai Timang Yogyakarta

Sukses dengan gondola tradisional nya, kini ada wisata baru yaitu jembatan gantung. Yang di buka pada bulan Maret 2018 yang lalu. Tak ubah nya dengan gondola, jembatan gantung pun menggunakan tambang sebagai penopang. Pijakan nya berupa kayu sepanjang 200 meter tersebut. Melintasi pulau dengan menggunakan jembatan gantung juga memicu adrenalin. Meski kelihatan nya lebih mudah jika di bandingkan dengan gondola, ternyata tidak juga.

Saat mulai menapakkan kaki selangkah demi selangkah di atas jembatan yang bergoyang, keberanian para pengunjung nya akan di uji. Banyak para wisatawan yang memutuskan untuk kembali hanya beberapa langkah setelah menyebrang. Maklum, kondisi jembatan yang bergoyang semakin terasa horror. Saat angin laut berhembus kencang, rasa nya seperti di omabng ambing di tengah lautan.

Pantas saja, banyak orang yang menyerah dan lebih memilih menikmati pulau dari kejauhan. Untuk mencoba jembatan gantung ini, para wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp. 100.000. Jauh lebih murah jika di bandingkan dengan harga naik gondola. Namun, kedua nya sama – sama menantang dan memacu adrenalin.

Lokasi Pantai Timang Yogyakarta

Wisata Di Pantai Timang Yogyakarta ini beralamat di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi. Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan darat dari kota Jogja ke Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam.

Tempat Menangkap Lobster Favorit Warga Lokal

Fakta tentang Pantai Timang Yogyakarta adalah ke eksisan tempat wisata ini sebelum jadi destinasi wisata ekstrem. Dulu, warga lokal memang memanfaatkan gontole tradisional ini untuk menyebrang ke Pulau Timang dan menangkap lobster.

Lobster dengan kualitas terbaik memang bisa kamu dapatkan di sana. Nilai jual yang tinggi membuat mereka rela melewati jalur ekstrem tersebut hanya untuk mendapatkan hasil tangkapan yang banyak. Tidak di sangka sekarang ini malah jadi atraksi wisata seperti ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang Yogyakarta

Sebenar nya harga tiket masuk pantai timang yogyakarta tergolong murah. Hanya Rp. 5.000 sudah termasuk ke dalam biaya parkir motor. Para pengunjung hanya akan merogoh kantong semakin dalam ketika hendak naik godola. Atau menyebrangi lewat jembatan gantung ke pulau timang. Dengan harga yang terjangkau tersebut para pengunjung sudah dapat menikmati keindahan dari pantai timang yogyakarta ini

Rute Menuju Pantai Timang Yogyakarta

Di bawah ini ada beberapa rute yang bisa di tempuh untuk sampai di Pantai Timang Yogyakarta :

Rute dari Yaogyakarta :

Yogyakarta – jalan Wonosari – Jalan Nasional III – Jalan Baron – Ja;lan Tepus – Jalan Pantai Selatan Jawa arah Pantai Siung – Pantai Timang

Rute Alternatif :

Yogyakarta – Jalan Wonosari – Simpang Lima Baleharjo ambil kanan – Jalan KRT. Djoyodiningrat – Jalan Girisubo – Hargosari – Ngestirejo – Sidoarjo – Tepus – Purwodadi – Dukuh Danggolo – Danau Jurug – Pantai Timang

Rute dari Wonosari :

Wonosari – Jalan Baron – Jalan Tepus – Jalan Pantai Selatan Jawa – Jalan Pantai Siung – Pantai Timang

Rute Alternatif :

Wonosari – Arah Pantai Baron -Pertigaan Mulo ambil kiri – Arah Pantai slung – Pasar Dakbong – Pantai Timang

Jalanan Yang Memicu Adrenalin

Jalan menuju Pantai Timang Yogyakarta terkenal sulit, banyak bebatuan, berkelok-kelok dengan tanjakan yang sangat lah terjal. Kondisi jalan yang ekstrim mengharuskan para pengendara lebih berhati-hati agar tidak terjadi banyak hal yang tidak di inginkan. Namun, ketegangan selama perjalanan akan terbayar saat para pengunjung melihat keindahan dari Pantai Timang Yogyakarta