Surga di Ekor Borneo Pantai Temajuk Tempat Wisata di Kalimantan

Pantai Temajuk atau sering disebut juga dengan sebutan “Surga di ekor Borneo” merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan. Hal itu cukup beralasan karena ketika saat berada di pantainya, mata dan hati kita akan dimanjakan dengan pemandangan dan suasananya.

Pantai Temajuk Surga di Ekor Borneo

Pantai Temajuk

Ada yang bercerita bahwa nama Temajuk dipilih karena tempat ini dahulunya adalah tempat berkumpulnya pemburu yang menggunakan sekumpulan anjing. Anjing-anjing tersebut untuk memudahkan aktivitas berburunya. Awalan “Tem” dari kata Temajuk berartikan sekumpulan. Kata “Tem” tersebut kemudian menjadi kata temajuk yang berarti sekumpulan pemburu bersama anjing-anjing peliharaannya. Namun cerita lainnya mengatakan bahwa kata “Temajuk” merupakan akronom yang diberikan oleh masyarakat setempat yaitu tempat masuk jalur komunis. Karena dulunya daerah ini berkaitan dengan pembentukan Negara Komunis di Bumi Kalimantan. Tepatnya daerah Sarawak, Sambas, hingga daerah lainnya.

Pantai Temajuk terletak di desa Temajuk. desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan. Hanya berjarak 4 km dari Telok Melano, Malaysia. Desa ini secara administratif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 km. Dan disini terdapat pasir berwarna cokelat disanding dengan luasnya lautan biru. Selain itu Pantai ini sering disinggahi penyu untuk bertelur saat malam hari. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Pulau Pamalikan.

Daya Tarik Pantai Temajuk

Di Pantai Temajuk ini Anda dapat menikmati keindahannya dengan berjalan-jalan di tepi pantai dan dermaga atau berenang. Pada bulan Oktober – Februari merupakan waktu yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin. Karena angin cukup kencang dan tinggi gelombang di pantai ini bisa mencapai lebih dari 2 meter. Di dermaga pantai yang sangat panjang dan menjorok ke laut Anda dapat menikmati panorama yang indah, terutama pada saat sunset.

Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah lautnya dengan menggunakan snorkeling di teluk Atong. Keseruan di Temajuk bukan hanya keindahan pantainya. Jika Anda beruntung Anda dapat bisa melihat penyu yang termasuk salah satu hewan tergolong langka dan dilindungi. Para penyu biasanya datang ke pesisir pantai pada malam hari. Pantai Temajuk juga merupakan tempat bertelur bagi para penyu. Tidak heran banyak orang yang mengincar tempat ini hanya karena ingin melihat hewan penyu tersebut. Karena memang susah untuk ditemukan di daerah lain di Kalimantan Barat khususnya. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Pantai Birah Birahan.

Akses Menuju Pantai

wisata Pantai Temajuk Sambas memiliki akses menuju lokasi yang cukup memakan waktu tapi terbilang murah. Pertama dari Katiasa akan menyebrang dengan feri dengan harga Rp.5000/motor dan Rp.35.000/mobil. Kedua di daerah sungai Sumpit menuju Dusun Ciremai. Anda harus menggunakan dermaga penyebrangan dengan tarif Rp.5000-Rp.8000/motor dan Rp.15.000-Rp.45.000/mobil. Secara keseluruhan Anda tinggal menyesuaikan penggunaan kendaraan menuju ke Pantai Temajuk Sambas. Begitu memasuki kawasan ini, Anda bisa memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat warung-warung dan kursi yang bisa anda gunakan untuk bersantai serta meletakan barang anda di tempat tersebut.

Untuk mencapai Pantai Temajuk, perjalanan dimulai dari Desa Lorong menuju ke dermaga penyeberangan Tanjung Harapan. Sesampainya di sana, kita akan menaiki kapal ferry ASDP menuju ke Pelabuhan Telok Kalung. Setelah sampai di tempat selanjutnya, Anda akan melanjutkan perjalanan ke penyeberangan Pelabuhan Ceremai untuk menuju ke Pantai Temajuk. Selanjutnya, perjalanan anda akan melalui beberapa desa. Jarang sekali ditemukan pemukiman warga di sekitar jalanan ini. Namun, setelah Anda menempuh perjalanan tersebut, Anda akan disuguhkan dengan Monumen Tugu Pancasila. Sebelum masuk Pantai Temajuk, Anda akan melewati pintu gerbang yang berwarna putih dan pertanda bahwa pengunjung akan memasuki pantai Temajuk. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Pulau Kakaban.

Fasilitas Villa Pantai

Bagi wisatawan yang lelah dapat menginap di daerah pantai. Desa Temajuk juga terdapat villa yang unik sehingga dapat membuat Anda betah berada disini. Pembangunan villa tersebut hasil kerjasama Pemerintah daerah Kabupaten Sambas bersama warga sekitar. Villa ini merupakan salah satu bukti bahwa Pantai ini sangat digemari pengunjung. Dengan harga yang termasuk murah sekitar Rp.150.000 hingga Rp.300.000 saja. Apalagi posisinya menghadap langsung ke daerah pantai. Sehingga Anda bisa juga menikmati keindahan pantai dari villa tersebut. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Kepulauan Samber Gelap.