Pesona Indah Tempat Wisata Pantai Sundak Yogyakarta

Yogyakarta siapa yang tidak mengenalnya. Daerah istimewa yang satu ini memiliki jutaan hal yang menarik yang sayang sekali untuk di lewatkan. Bukan hanya dari segi kuliner namun Yogyakarta juga terkenal dengan wisata pantai nya. Seperti Pantai Sundak Yogyakarta yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Serta di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Sebenar nya keindahan seperti apa yang di tawarkan oleh tempat wisata Yogyakarta ini. Sehingga banyak orang yang terpesona dan ingin mengunjungi nya. Pantai Sundak Yogyakarta ini terkenal dengan pasir pantai yang bersih, putih, dan bening. Sayang nya, para pengunjung tidak dapat berenang bebas di pantai sundak Yogyakarta ini. Di karenakan di Pantai Sundak Yogyakarta ini memiliki ombak yang begitu kuat.

Asal Usul Nama Pantai Sundak Yogyakarta

Pantai Sundak Yogyakarta

Nama Pantai Sundak Yogyakarta berasal dari sebah mitos yang terkenal pada zaman tersebut. Suatu hari terdapat seekor anjing yang berlarian di sekitar pantai dan masuk dalam gua karang. Di dalam gua, sang anjing bertemu dengan landak laut, karena kelaparan, anjing tersebut berniat memakan landak laut tersebut. Tetapi landak berusaha mempertahankan diri dan segera menghindari serangan anjing.

Tak terelakkan, terjadi lah perkelahian yang begitu sengit sehingga pada akhir nya di menangkan oleh anjing. Yang berhasil memakan setengah tubuh landak. Pemilik anjing tidak mengetahui jika sudah  terjadi perkelahian antara anjing yang ia miliki dengan landak laut. Sang pemilik hanya melihat terdapat tubuh landak di sekitar mulut anjing. Secara perlahan kisah ini beredar dari mulut ke mulut. Sehingga pantai ini menjadi tempat perkelahian dan di beri sebutan Pantai Sundak Yogyakarta.

Legenda Nama Pantai Sundak Yogyakarta

Nama Sundak ini sebenar nya adalah nama yang menjadi akronim Asu (anjing) serta landak. Tidak sangka, perkelahian yang terjadi antara anjing dan landak. Yang sebenar nya juga menjadi berkah untuk para penduduk desa yang berada di daerah setempat. Sesudah sekian lama mengalami kekeringan karena kekurangan air. Dan pada akhir nya mereka menemukan sumber mata air yang berada di dalam goa. Baca juga tempat wisata kebun tebu gendu yogyakarta dan tempat wisata pantai parangtritis yogyakarta

Sumber ini di temukan karena pemilik anjing merasa heran saat melihat anjing keluar dari goa dengan tubuh yang basah. Karena penasaran pemilik anjing masuk dan mencari tahu goa karang tempat anjir keluar. Ternyata terdapat mata air yang berasal dari dalam goa tersebut. Yang akhir nya penduduk setempat mempergunakan air dalam goa untuk seluruh kebutuhan sehari-hari. Bahkan, sekarang ini telah di pasang pipa khusus yang akan menyambung kan air dengan perkampungan.

Hal Unik Di Pantai Sundak Yogyakarta

Bukan hanya mempunyai pemandangan alam yang begitu indah. Serta sangat nyaman untuk di nikmati ternyata Pantai Sundak Yogyakarta juga mempunyai cerita yang unik. Yaitu tentang asal usul nama yang menjadikan nama nya saat ini. Di kisah kan jika topografi dan tempat wisata ini sudah mengalami beberapa kali evolusi. Petunjuk pertama tentang evolusi yang terjadi ditempat wisata Yogyakarta ialah kondisi pinggir pantai. Saat melihat ke arah barat pantai sundak Yogyakarta, maka bisa melihat masjid serta ruang kosong. Yang di gunakan sebagai tempat parkir para pengunjung.

Untuk di sebelah timur dari tempat wisata Yogyakarta ini terdapat goa alami yang memiliki bentuk seperti batu karang. Goa ini mempunyai tinggi kurang lebih 12 meter serta di dalam bagian goa terdapat sumur alami. Yang bisa menjadi sumber air tawar untuk penduduk setempat. Berdasarkan sejarah pantai sundak yogyakarta, sekitar tahun 1930 yang lalu. Wilayah yang menjadi lokasi goa tersebut ternyata masih terendam air laut. Bahkan air laut juga meluas hingga di wilayah yang menjadi lokasi goa tersebut ternyata masih terendam air laut. Bahkan air laut juga meluas hingga ke wilayah dekat masjid.

Dengan seiring berjalan nya waktu, terjadi lah perubahan pada stuktur pantai selatan. Sehingga menyebabkan permukaan laut dan air laut menjadi lebih menyusut. Semakin lama batu karang serta area masjid akhir nya bebas dari air sehingga menjadi daratan hingga sekarang ini.Tempat wisata Yogyakarta ini mempunyai fenomena yang unik. Saat datang ke Pantai Sundak Yogyakarta ada saat musim penghujan tiba. Volume air yang besar akan muncul serta mengalir menuju ke lautan. Oleh sebab itu, daratan yang berada di sebelah timur menjadi seperti mbedah (memiliki makna belah) atau membentuk seperti sungai. Air yang mengalir dengan melewati sungai tersebut terlihat seperti membelah pasir. Sementara itu bila saat musim kemarau datang, belahan itu akan menghilang.

Kuliner Di Pantai Sundak Yang Sangat Lezat

Jika mengunjungi pantai seperti nya tidak lengkap jika tidak menikmati kuliner nya. Ada begitu banyak sajian kuliner tempat wisata Yogyakarta ini. Jika ingin menikmati kesegaran saat siang hari, maka bisa memesan es kepala muda yang super segar. Sembari melihat keindahan di Pantai Sundak Yogyakarta ini. Selain es kelapa muda, ada pula banyak jenis es segar yang di sediakan di warung-warung di sekitar pantai. Selain es kelapa muda, ada pula makanan-makanan khas pantai seperti ikan bakar.

Tidak lah perlu cemas karena harga ikan bakar yang di banderol di tempat wisata Yogyakarta ini tidaklah mahal-mahal. Apabila pergi bersama dengan teman-teman dan ingin lebih seru. Maka bisa membakar ikan laut sendiri dan mendirikan tenda di bibir pantai. Sudah bisa di bayangkan bukan, akan sangat asyik sekali jika menginap di Pantai Sundak Yogyakarta ini.

Hal Yang Dapat Dilakukan

Berbagai hal yang bisa di lalukan para pengunjung ketika mengunjungi Pantai Sundak Yogyakarta ini yaitu duduk-duduk di pepohonan. Pohon yang berada di pinggir pantai sekalian menikmati makanan laut yang hendak di beli. Jangan lah lupa untuk mengabadikan momen liburan ke Pantai Sundak Yogyakarta menggunakan kamera ponsel atau kamera dslr. Selain itu juga bisa mengambil foto bersama dengan keluarga. Memang pantai Sundak Yogyakarta ini tidak bisa di gunakan untuk berenang.

Namun jika ingin sekedar bermain air di tempat wisata Yogyakarta ini tidak lah menjadi masalah. Hindari bermain air hingga ke tengah laut, karena ada begitu banyak karang yang berada di sana. Bermain pasir pun sudah menjadi hal yang menyenangkan. Pantai Sundak Yogyakarta ini mempunyai pasir yang berwarna putih dan sangat bersih. Jadi, tidak akan merasa rugi jika menempuh perjalanan panjang untuk menuju ke Pantai Sundak Yogyakarta.

Akses Menuju Ke Pantai Sundak Yogyakarta

Apabila ingin berwisata ke Pantai Sundak Yogyakarta, di sini terdapat akses kendaraan umum. Bisa naik bus dari Giwangan. Perjalanan bisa di tempuh dengan bus dan memakan waktu kurang lebih 1 jam sampai di PasarWonosari. Sesudah itu naik bus kecil dengan jurusan ke Pantai Baron atau pun Krakal. Perjalanan dengan menggunakan bus kecil ini membutuhkan waktu selama 40 menit hingga sampai di Pantai Sundak Yogyakarta.

Jika tidak repot menggunakan angkutan umum. Jika dari Kalten, Solo, Wonosari dengan menggunakan pribadi maka bisa mengunjungi Pantai Sundak Yogyakarta. Yaitu dengan mengikuti peta wisata atau mengikuti bus umum. Tidak perlu cemas akan tersesat saat menuju ke Pantai Sundak Yogyakarta. Karena banyak petunjuk arah untuk di sepanjang jalan, sehingga para pengunjung tidak akan tersesat. Bisa juga menggunakan Google Maps. Para pengunjung di harapakan untuk berhati-hati, karena jalan untuk menuju ke Pantai Sundak Yogyakarta ini cukup terjal dan juga berkelok.

Harga Tiket

Saat ingin berwisata ke sebuah pantai dengan budget yang murah. Pantai Sundak Yogyakarta adalah pilihan yang paling tepat untuk di ambil. Pantai Sundak Yogyakarta memiliki harga tiket yang sangat terjangkau. Harga tiket di Pantai Sundak Yogyakarta ini sebesar Rp. 10 ribu per orang nya. Jadi, jangan salah jika harga tiket ini termasuk paket di 8 pantai yang lain nya. Sehingga dengan sekali membayar para pengunjung akan bisa langsung masuk ke beberapa pantai secara gratis.

Lokasi Pantai Sundak Yogyakarta

Lokasi Pantai Sundak berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Wonosari, Gunungkidul. Dari pusat Kota Jogja, maka perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Jika membawa kendaraan sendiri, maka bisa melewati Jalan Wonosari menuju wilayah Tepus Gunungkidul.