Tempat Wisata Aceh Eksotisme Pantai Sumur Tiga Sabang

Pemandangan Pantai Sumur Tiga Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh bagaikan lukisan. Karang di dasar lautan memancarkan warna eksotis ketika terpapar cahaya sang surya. Angin berembus sepoi-sepoi, nyiur pun melambai dan ombak berkejaran. Dari kejauhan terhampar luas lautan biru dan jernih pada siang hari akan memanjakan setiap wisatawan yang datang. Memang tempat wisata di aceh serasa tidak ada habisnya.

Eksotisme Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga mempunyai pemandangan pasir putih berkilau yang sangat indah dan air berwarna hijau yang juga mempesona. Panorama pantai nya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai. Pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut pastinya akan membuai saat rebahan dipasir pantai atau duduk direrumputan dan bawah pohon.

Banyak wisatawan yang sengaja menunggu di Pantai Sumur Tiga untuk menikmati indahnya sunset yang terlihat lebih jelas dan nyata. Menjadikan pantai ini destinasi wisata yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sementara itu, di lokasi pantai juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang. Yaitu, banyak nya benteng sisa pendudukan Jepang meski kurang terawat. Namun benteng tersebut masih bisa kita temukan di wilayah pantai ini. Pantai Sumur Tiga bisa dikatakan sebagai surga untuk mereka yang suka melakukan aktivitas diving dan snorkling dan berselancar angin. Baca juga Tempat wisata Pantai Kasih.

Tentang Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga berlokasi di pantai timur Pulau Weh atau sekira 15 menit dari Kota Sabang. Tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Konon katanya, asal muasal nama Pantai Sumur Tiga ini dikarenakan memiliki tiga sumur air tawar disana. Sehingga oleh sebab itu tempat itu dinamai dengan nama Pantai Sumur Tiga.

Pantai ini terletak di Kecamatan Le Meulee Desa Sukajaya, Sabang, Aceh. Destinasi wisata ini sangat perlu dikunjungi saat berlibur ke Pulau Weh. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk menuju Pantai apabila berangkat dari Pelabuhan Balohan Kota Sabang. Jika berangkat dari pusat Kota Sabang hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai di lokasi wisata ini. Bisa juga menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di destinasi wisata ini.

Selama di perjalanan mata akan sering dimanjakan dengan indah nya pohon tropis yang berjejer di sepanjang jalan. Angin yang sejuk bisa menambah suasana menjadi lebih nikmat untuk dirasakan. Jalan yang tidak terlalu ramai oleh para pengendara menambah ketenangan untuk menikmati pemandangan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Perjalanan menuju destinasi wisata yang satu ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

Destinasi Pantai

Pantai juga dijuluki sebagai Hawai nya Indonesia karena keindahan nya yang sangat memukau. Selain dapat menikmati keindahan panorama pantai yang indah dan mempesona, wisatawan juga dapat menikmati berbagai destinasi wisata di pantai ini.

Snorkeling dan diving merupakan aktivitas yang sangat digemari oleh para wisatawan di Pantai Sumur Tiga. Keindahan terumbu karang di bawah permukaan laut nya akan membuat wisatawan terhipnotis dalam sekali pandang. Di sekitar pantai juga dapat menyewa perlengkapan snorkeling dan diving dengan harga yang cukup terjangkau. Wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk mencapai spot-spot snorkeling dan diving. Para wisatawan dianjurkan bermain pada sore hari karena pada pagi hari ombak di Pantai ini cukup besar.

Keindahan sunrisedi pagi hari dan sunset di sore hari Pantai ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Jadi tidak heran jika saat pagi dan sore hari, banyak wisatawan berjalan-jalan di pinggir pantai.

Di destinasi wisata ini juga dapat mengunjungi beberapa situs sejarah, misalnya sumur dan benteng-benteng. Meskipun sumur tua di sana terletak di dekat pinggir pantai. Air sumur yang dikeluarkan merupakan air tawar bukan air asin laut.

Fasilitas Pantai

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sumur Tiga sudah sangat memadai. Terdapat fasilitas umum seperti area parkir, kamar mandi, restoran, warung makan, penginapan, dll. Terdapat pula tepat penyewaan alat-alat snorkeling dan diving.

Jika  ingin menikmati indahnya sunrise dan sunset, maka wisatawan dapat memilih penginapan di sekitar yang mungkin jaraknya lebih dekat. Harga penginapan sebanding dengan fasilitas yang tersedia. Jika harganya murah, maka fasilitas yang diberikan juga terbatas. Misalnya kamar mandi yang harus sharing dengan penghuni lain dan tidak ada sarapan yang disediakan. Penginapan dengan fasilitas seperti ini biasanya disewakan dengan harga kurang lebih Rp.100.000 saja.

Wisata Kuliner

Wisata kuliner memang menjadi hal paling utama selain objek wisata yang ada di suatu destinasi wisata. Wisatawan perlu memanjakan perut dengan menikmati berbagai kuliner yang ada di Pantai ini. Di sekitar pantai ini terdapat banyak rumah makan yang menawarkan berbagai jenis makanan. Harga makanan ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Makanan khas Aceh memang sangat banyak. Tetapi khusus di Pantai Sumur Tiga ada salah satu makanan yang sangat digemari yaitu Mie Aceh.