Tempat Wisata Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya

Tempat wisata Tasikmalaya yang sudah terkenal sekian lama ini mempunyai keindahan alam yang tidak pernah pudar dari waktu ke waktu. Objek Wisata Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya mempunyai keindahan yang paripurna dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang amat luas. Selain itu, tepi pantai banyak ditumbuhi oleh pepohonan. Sehingga Anda yang enggan bermain air, bisa duduk bersantai dengan tikar atau menikmati. Sentuhan langsung pasir pantai yang teramat ramah dengan tangan dan kaki Anda.

Sejarah Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya

Nama Cipatujah berasal dari nama sungai Cipatujah. Sedangkan kata Cipatujah sendiri merupakan bahasa sunda yang berarti buhun “patujah-tujah” saling menghantam. Gambaran dari dua sungai yang menyatu menghantam dimana aliran airnya menyatu ke laut Pantai Selatan. Nama sungai ini adalah sungai Cipatujah yang sekarang menjadi batas desa di sebelah barat. Dan sungai cipanyerang yang membelah wilayah Desa Ciandum. Aliran sungainya bersatu dengan muara yang selalu berpindah-pindah menuju Laut Pantai Selatan. Lalu, oleh para leluhur diantaranya seperti Eyang Ranggagading dan Eyang Ardiwijaya dijadikan sebagai lembur yang memiliki nama Cipatujah. Hal ini sesuai dengan kondisi aliran kedua sungai.Sementara itu, banyak misteri yang menyelimuti pantai ini. Diketahui ada puluhan nelayan daerah setempat yang pernah mengalami kecelakaan bahkan hingga tewas di perairan Samudera Hindia. Meskipun kejadian semacam ini bisa dikatakan logis atau diterima akal sehat, tetap saja muncul mitos. Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya, Jawa Barat yang beredar di tengah masyarakat.

Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya

Kejadian kecelakaan yang menewaskan para nelayan dikarenakan penghuni Pantai Cipatujah sedang membutuhkan tumbal. Beberapa waktu lalu, warga digegerkan dengan munculnya ikan paus terdampar di Pantai Cipatujah. Ikan tersebut memiliki ukuran jumbo dengan panjang hampir 12 meter dan bobot 4 ton ini ditemukan sudah dalam keadaan mati. Ada yang mengkaitkan keberadaan ikan tersebut dengan hal gaib, namun ada pula yang menganggap hal terebut adalah hal biasa. Tidak hanya warga sekitar yang meluangkan waktu untuk melihat ikan tersebut, namun juga dari desa sebelah dan wisatawan luar kota. Setiap tahun, masyarakat setempat mengadakan acara khusus seperti larung sesaji atau dikenal dengan hajat laut sebagai penangkal. Acara ini dimaksudkan untuk syukuran atas karunia Tuhan, dan memohon. Pertolongan agar para nelayan yang bekerja di laut Cipatujah diberi keselamatan. Kini, aktivitas semacam ini menjadi pusat kegiatan yang menarik bagi wisatawan, terutama setelah ada tambahan acara adat bernama hajat bumi.

Fasilitas di Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya

Peristiwa Tsunami yang terjadi di tahun 2006 menerjang pantai selatan pulau Jawa, Pantai Cipatujah juga terkena dampaknya. Meskipun begitu, masyarakat dan para pengunjung atau pemerhati lingkungan. Setempat membenahi aneka ragam sarana yang rusak karena tsunami waktu itu. Tentu, ini juga didukung oleh pemerintah setempat dalam masa pembangunan. Di Cipatujah sekarang telah memiliki resort, warung makanan, balawisata dan kios wisata untuk membuat anda nyaman ketika berkunjung. Salah satu ruang bagi pegunjung jika ingin menginap adalah berada. Di taman yokima Resort Hotel and Restaurant di Jalan Pantai Pariwisata, Desa Pesanggrahan. Kisaran harga menginap disini antara Rp. 437.500 sampai dengan Rp. 451.000 untuk kamar standard.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya

Mengunjungi Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya akan membantu anda berwisata dengan harga yang murah. Tiket masuk di pantai ini hanya Rp. 5000/ orang. Anda tinggal membayar tarif parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika sedang beruntung dan di lokasi sedang ada balap kerbau, anda bisa menonton atraksi itu juga. Jam buka di pantai ini adalah setiap hari dari mulai Senin s/d Sabtu 24 jam. Jika ingin bermalam, di sekitar lokasi pantai ada villa atau penginapan yang bisa anda singgahi. Varian harganya akan menyesuaikan dengan kondisi kamar yang anda butuhkan.

Rute Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya

Untuk sampai di lokasi wisata, anda bisa menaiki kendaraan pribadi yang berasal dari Bandung dan Jakarta. Lewati perjalanan anda melalui jalur Nagreg setelah keluar dari Tol Cileunyi. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan ke Tasikmalaya. Jika dari pusat Kota Tasik, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti trayek berliku menuju Cipatujah dengan keadaan jalan yang menyenangkan. Beda halnya ketika anda naik angkutan umum. Anda yang berasal dari Bandung bisa menaiki bus Budiman dari terminal Cicaheum dengan trayek Bandung – Tasikmalaya. Sesampainya di terminal, pilih bus jurusan Tasikmalaya – Cipatujah. Klik di sini untuk melihat peta.