Berkunjung Ke Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pantai di gunung kidul ini yang sangat identik dengan pasir yang berwarna putih. Serta keadaan alamnya yang masih alami yang mengundang banyak sekali. Para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yogyakarta yaitu pantai pok tunggal. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai indrayati. Pantai pok tunggal Yogyakarta ini di buka oleh masyarakat menjadi tempat wisata pantai di gunung kidul. Sejak tahun 2012, dan pantai pok tunggal Yogyakarta ini setiap tahunnya pantai ini mengalami peningkatan pengunjung. Masyarakat setempat di pantai pok tunggal yang juga merangkap menjadi pengelola sangat menjaga kebersihan pantai dari sampah. Dan pihak pengelola atau masyarakat setempat tidak akan segan – segan memberikan sansi. Berupa denda kepada setiap pengunjung yang membuang sampah semabarangan atau tidak pada tempatnya. Denda yang di berikan kepada yang melanggar sebesar Rp. 10.000/orang

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal Yogyakrta ini adalah sebuah pantai pasir putih yang sangat bersih dnegan pemandangan yang indah. Yang masih sangat terjaga dan memiliki ombak air pantai yang lumayan besar. Pantai Pok Tunggal Yogyakarta ini memiliki panjang pantai yang sangat panjang, selain itu juga di sekitar pantai memiliki dua bukit. Yang dapat anda nikmati, dua bukit ini adalah bukit tirta pok tunggal yang indah sebelah barat. Dan bukit panjong di sebelah timur, nama “pok Tunggal” ini sendiri di ambil dari sebuah pohon. Yang bernama Pohon DUras yang hidup di dekat pinggir Pantai Pok Tunggal Yogyakarta. Pohon Duras ini tumbuh hanya satu buah saja, maka dari itu pantai ini dinamakanlah dengan nama Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Aliran sungai ini mempunyai air yang tawar dan tidak ada tercampur dengan asinnya air laut. Sungai ini juga menjadi sumber mata air utama yang menghidupi masyarakat setempat. Yang kedua adalah Diving dan Snorekeling, area pantai ini ombak nya cukup tenang. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir untuk bermain air di Pantai Pok Tunggal. Tetapi pengunjung disarankan untuk membawa peralatan sendiri jika ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling. Yang ketiga yaitu spot foto yang menarik, anda dapat memburu foto-foto yang bagus dengan pemandangannya. Yang keempat adalah wisata ekstrem rock climbing, di pantai ini terdapat tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan. Disini anda dapat menguji adrenalin dengan menaiki maupun menuruni tebing-tebing karst tersebut. Yang keempat adalah Camping, disini juga terdapat area camping yang selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Alamat Pantai Pok Tunggal Yogyakrta

Lokasi Pantai Pok Tunggal Yogyakrta ini sangat mudah sekali untuk di tempuh oleh para pengunjung. Meskipunsekitar satu setengah kilometer sebelum pantai terdapat jalan tanah yang berbatu. Lokasi Pantai Pok Tunggal ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Alamat Pantai Pok Tunggal tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Klik di sini untuk menuju lokasi tempat wisata tersebut.

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Rute menuju Pantai Pok Tunggal Yogyakarta ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso. Lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono. Sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja. Kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri.

Sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang. Lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan. Ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa, kemudian sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Pok Tunggal. Ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Pok Tunggal. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Pok Tunggal cukup jauh yaitu sekitar 70,7 Kilometer. Dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja menuju Pantai Pok Tunggal sekitar 2 jam 2 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Harga tiket masuk ke Pantai Pok Tunggal Yogyakarta ini sangat relatif murah pengunjung akan di kenakan biaya sekitar Rp. 10.000/orang. Dan juga harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal.

No
Biaya
Harga
1Toilet UmumRp. 2.000 – Rp. 3.000
2Parkir KendaraanRp. 3.000 – Rp. 15.000
3Payung PantaiRp. 20.000
4Tenda domeRp. 60.000
5Area CampingRp. 5.000 – Rp. 10.000
6Warung makanRp. 7.000 – Rp. 20.000

Fasilitas Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal Yogyakarta sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung. Yang berminat datang ke Pantai Pok Tunggal Yogyakarta ini, diantaranya adalah:

  • Toilet
  • Parkir
  • Payung Pantai
  • Tenda dome
  • Area Camping
  • Warung Makan
  • Penginapan
  • Mushola

Akitivitas Di Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Bersanai Di Pinggir Pantai

Anda tidak perlu takut kepanasan karena di sepanjang Pantai Pok Tunggal sudah ada jasa penyewaan payung warna-warni lengkap dengan tikarnya. Anda pun bisa piknik sembari menikmati bekal yang anda bawa dari rumah atau membangun istana pasir. Jika membawa bola, anda bisa bermain voli pantai atau fun soccer bersama kawan-kawan. Jangan lupa baca juga tempat wisata tebing breksi Yogyakarta

Tracking

Untuk anda yang ingin menikmati suasana pantai dengan cara yang sangat berbeda. Anda bisa berjalan kaki naik ke bukit yang ada di kanan dan kiri Pantai Pok Tunggal Yogyakarta. Dari atas ketinggian ini, anda dapat melihat betapa luas dan birunya Pantai Pok Tunggal Yogyakarta. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan laut yang membiru ditemani hembusan angin yang sejuk. Di bukit sebelah barat telah dibangun gazebo-gazebo beratap rumbia yang bisa dijadikan tempat bersantai. Sedangkan bukit di sebelah timur lebih menantang, karena anda harus meniti jembatan bambu yang menempel persis di gigir tebing. Jalan setapak sudah dibuat secara swadaya oleh warga untuk mempermudah akses.

Camping

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta ini juga menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang suka tidur di alam. Di sini terdapat penyewaan tenda dome yang dikelola oleh warga. Untuk menyewa tenda dome kamu dapat menghubungi pengelola pantai secara langsung. Ada banyak spot yang bisa digunakan untuk camping. Yang pertama adalah di kawasan pantai berpasir putih yang tak jauh dari keberadaan pohon duras. Sedangkan spot lainnya adalah di ketinggian Bukit Panjong yang ada di sisi timur. Untuk urusan air bersih kamu tak perlu khawatir, karena di Pantai Pok Tunggal terdapat sumber mata air tawar.

Hammocking

Jika anda ingin camping jangan lupa membawa hammock. Sensasi berayun di atas hammock sembari dibelai sepoi angin pesisir akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan ingin selalu diulang. Tempat paling asyik untuk memasang hammock tentu saja di Bukit Panjong dimana pohon-pohon pandan laut masih berdiri dengan gagah. Dari ketinggian ini kamu pun bisa menyaksikan senja yang indah.

Sunset

Pada bulan-bulan tertentu ketika matahari tenggelam di tengah laut, anda akan melihat panorama sunset yang indah. Langit jingga berpadu dengan buih ombak yang putih menjadi layar utama pertunjukan matahari kembali ke peraduannya. Keberadaan pohon duras yang tumbuh seorang diri menambah keelokan guratan sinar senja yang datang.

Melihat Kawanan Monyet Liar

Jika anda beruntung bisa bertemu sekawanan monyet yang masih hidup liar di atas tebing Pantai Pok Tunggal Yogyakarta. Monyet-monyet ini masih hidup alami di area tebing-tebing pantai yang ditumbuhi pohon-pohon jati.

Aliran sungai bawah tanah

Ada satu hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung yaitu mengenai adanya sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal. Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai. Jangan lupa baca juga tempat wisata umbul ponggok Yogyakarta