Liburan Ke Tempat Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta Yang Indah

Bila di beri pertanyaan Pantai Yogyakarta yang memiliki aura mistis. Mungkin kalian akan langsung menjawab Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis Yogyakarta merupakan salah satu pantai yang pekat dengan aura mistis nya. Pantai Parangtritis mempunyai tebing batu yang menjulang tinggi. Serta berdiri secara dramatis di tepian pantai. Tempat wisata Yogyakarta ini di penuhi dengan pasir vulkanik hitam dan berkilauan di bawah sinar matahari. Di tempat yang begitu nyaman ini, maka dapat mendengarkan gemuruh ombak yang begitu besar. Serta dengan air laut yang bisa menyentuh kaki para pengunjung nya.

Penjelasan Ilmiah Tentang pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Sebenar nya hisapan ombak yang berada di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini bukan karena Nyai Roro Kidul yang sedang mencari pengawal. Selain memiliki pesona yang indah, Pantai Parangtritis Yogyakarta ini pun mematikan. Karena memiliki arus balik yang berad di bawah permukaan laut, arus balik nya begitu sangat kuat dengan kecepatan 80 km per jam nya. Arus balik ini terbentuk dari ada nya akumulasi gelombang yang datang. Dan juga membentur di dinding palung Pantai Parangtritis, sehingga kembali lagi ke laut lepas dengan kekuatan yang berlipat ganda. Baca juga tempat wisata gunung api purba nglangeeran yogyakarta dan tempat wisata bukit bintang pathuk yogyakarta

Sedangkan palung yang berada 700 meter dari bibir Pantai Parangtritis Yogyakarta ini memiliki jumlah yang berubah-ubah. Karena ada nya pergeseran lempeng benua, seperti tahun 2014 pada saat lebaran. Ketika itu padahal Pantai Parangtritis Yogyakarta ini sedang begitu padat pengunjung dan tim SAR sudah memperoleh photo satelit. Yang menunjukan jumlah penambahan palung Pantai Parangtritis Yogyakarta. Pada awal nya hanya 4 menjadi 15, dan mau tidak mau hal ini membuat tim SAR harus meningkatkan kewaspadaan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa para pengunjung di larang untuk mengenakan baju berwarna hijau.

Pantai Parangtritis Merupakan Pantai Yang Merakyat

Untuk sebagian wisatawan, Pantai Parangtritis yang berada di Yogyakarta selatan ini mempunyai panorama yang tidak di miliki oleh berbagai pantai lain. Yang berada di sekitar tempat wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta. Sesudah membayar tiket masuk, maka para pengunjung akan dapat menebarkan pemandangan sembari menikmati es kelapa muda. Yang begitu banyak di jajakan di warung kaki lima yang berada di sekitar Pantai Patangtritis Yogyakarta. Tempat wisata ini juga sering menjadi inspirasi untuk membuat sebuah puisi, makalah. Bahkan laporan perjalanan yang super lengkap dan banyak juga ulasan di Wikipedia dan juga artikel yang membahas wisata ini.

Para pengunjung di sana dapat menyewa kereta kuda atau kuda tanpa kereta untuk membawa para pengunjung berjalan-jalan di Pantai Parangtritis Yogyakarta di bagian timur hingga ke Barat. Ketika saat berkuda, para pengunjung akan sekalian melihat jika Pantai Parangtritis di kelilingi bukit karang yang tinggi. Seperti yang siap untuk melindungi daratan Selatan Kota Yogyakarta ini dari gempuran ombak tsunami. Yang sering di beritakan akan menerjang Yogyakarta beberapa tahun yang lalu.

Spot Menarik Di Pantai Parangtritis Yogykarta

Spot wisata yang sekarang sedang terkenal di tempat wisata Yogyakarta ini adalah Bukit Gupit atau Bukit Paralayang. Melihat dari mana saja, pasti akan tahu kalau bukit ini begitu jauh dari sekitar Pantai Paragtritis Yogyakarta ini. Para pengunjung bisa mencoba olahraga ekstrim seperti Paralayang.

Spot wisata baru yang berada di timur Pantai Parangtritis Yogyakarta ini pertama kali di temukan para penggiat Paralayang. Bukit kecil ini juga pernah menjadi host event tahunan Jogja Air Show pada tahun 2014 yang lalu. Yang lebih menyenangkan lagi, tidak perlu mengeluarkan uang di kantong lagi untuk membayar tiket masuk. Dan menikmati pemandangan indah nya Pantai Parangtritis Yogyakarta dari ketinggian.

Legenda Pantai Parangtritis Yogyakarta

Selain kisah misteri tentang Nyi Roro Kidul. Pantai Parangtritis Yogyakarta juga di ceritakan sebagai tempat bertemu nya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga. Yaitu setelah Panembahan Senopati usai menjalani pertapaan. Jadi, wajar saja jika selain sebagai tempat untuk rekreasi, tempat wisata Yogyakarta ini juga menjadi lokasi yang penuh keramat. Tidak sedikit, ada beberapa pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Pantai Parangtritis Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat berlangsung nya upacara Labuhan dari Kraton Yogyakarta.

Misteri Pantai Parangtritis Yogyakarta

Di tempat wisata Yogyakarta ini juga berkembang salah satu misteri di masyarakat setempat. Bahkan para wisatawan dari luar pun banyak yang percaya jika Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan. Yang merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan yang di pimpin oleh Nyai Roro Kidul. Dan ada mitos di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini yang telah berkembang dan juga tersebar luas. Dan sampai saat ini masih di percaya dan juga di jaga. Yakni cerita tentang Nyai Roro Kidul yang amat sangat menyukai benda-benda yang berwarna hijau.

Air laut di sekitar Pantai Parangtritis Yogyakarta memiliki warna kehijauan. Dan hal tersebut akan membuat orang yang sudah terseret arus, akan susah untuk di temukan jika menggunakan warna hijau. Terlepas dari nyata atau tidak nya itu, para pengunjung wajib menghormati seluruh ketentuan serta adat istiadat di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Seperti tidak menggunakan baju yang berwarna hijau serta harus selalu waspada saat bermain di tempat wisata Yogyakarta ini. Dengan ikut menjaga dan juga mematuhi peraturan nya maka kita juga akan merasa aman saat berwisata di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini.

Lokasi Pantai Parangtritis Yogyakarta

Jarak Malioboro ke Pantai Parangtritis Yogyakarta ini sekitar 28 km. Lokasi ini dapat di capai lewat sebuah Dresa yang bernama Kretek. Yakni adalah Desa yang letak nya berada di pinggir jalan Pantai Parangtritis Yogyakarta. Saat berada di posisi luar kota, ambil lah rute jalan melalui Jalan Parangtritis lalu ikuti arah tersebut. Yang akan menuju ke arah Selatan sehingga sampai ke Pantai Parangtritis Yogyakarta.

Rute inilah yang paling cepat dan lancar bagi para wisatawan yang belum begitu mengenal seluk-beluk jalanan menuju wisata Pantai Parangtritis Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan berbeda dalam perjalanan menuju Pantai Parangtritis. Maka ambil rute yang satu ini yaitu lewat sisi sebelah tenggara kota Jogja. Karena pemandangan nya cukup indah melalui jalan Imogiri dan melewati Desa Siluk.

Fakta Dan Mitos

Pantai Parangtritis Di Beri Nama Oleh Pertapa

Pantai ini di beri nama dengan sebutan Pantai Parangtritis. Nama ini di berikan Dipokusumo, ia lari dari kerajaan Majapahit serta tiba di Pantai Parangtritis Yogyakarta yang tenang ini. Saat ia sedang bertapa, Dipokusumo melihat air menetes yang berasal dari celah karang. Karena perisitiwa ini lah pantai ini lalu di beri nama Pantai Parangtritis Yogyakarta. Ada pula cerita yang beredar di kisah kan pada Zaman Majapahit, seorang perempuan yang memiliki nama Ratna Suwida bertapa di Pantai Parangtritis.

Dengan tujuan mendapatkan ilmu dan juga menguasai Pantai Selatan hingga seluruh Jawa. Saat bertemu, ia bertemu dengan lelaki yang berasal dari Padjajaran yang ternyata lelaki tersebut merupakan keponakan nya sendiri. Lalu sang lelaki tersebut begitu tergoda dengan kecantikan perempuan dan berniat untuk segera menikahi nya. Namun karena masih memiliki hubungan darah, Ratna Suwida menolak dan menjanjikan akan menikahi seluruh keturunan lelaki tersebut. Asalkan mereka dapat menguasai seluruh tanah Jawa, semenjak saat itu Raja Jawa menikah dengan Nyi Roro Kidul.

Memiliki Ombak Yang Paling Ganas

Objek wisata ini juga di kenal memiliki ombak yang sangat ganas. Para pengunjung yang berwisata ke tempat wisata Yogyakarta pada umum nya memperoleh peringatan agar tidak mandi di lokasi pada saat tertentu. Ombak nya yang paling terkenal besar bisa mencapai 5 hingga 7 meter. Bahkan dapat meluber di tempat parkir.

Banyak Korban Yang Tenggelam

Banyak para wisatawan yang berkunjung banyak pula pengunjung yang tenggelam. Korban yang tenggelam bisa siapa saja, tidak memandang jenis kelamin. Walaupun tim SAR sudah standby di lokasi. Akan tetapi tetap saja banyak korabn yang meninggal di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini

Pantai Yang Paling Terkenal Di Yogyakarta

Seseorang yang berkunjung ke Yogyakarta sudah pasti pernah mengunjungi Pantai parangtritis Yogyakarta. Bila yang berada di luar daerah lalu datang ke Yogyakarta, sering nya mereka pasti akan minta antar ke pantai ini. Pada saat hari libur tiba, Pantai Parangtritis Yogyakarta ini akan ramai oleh para pengunjung. Alasan mengapa Pantai Parangtritis Yogyakarta ini adalah pantai yang paling terkenal di bandingkan dengan pantai – pantai yang lain nya. Karena ialah Pantai Parangtritis Yogyakarta ini mudah di jangkau para wisatawan. Selain itu juga banyak nya mitos yang berada di Pantai Parangtritis juga menjadi pendukung nya.

Harga Tiket

Untuk menikmati indah nya Pantai Parangtritis Yogyakarta tidak perlu merogoh kantong secara dalam-dalam . Para pengunjung hanya cukup mengeluarkan uang dari saku Rp. 3.000 untuk per orang nya.