Menikmati Keindahan Tempat Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat

Pantai Pangandaran ini adalah salah satu tempat wisata Pangandaran. Yang sampai saat ini masih menjadi primadona bagi para penggemar pantai. Pantai pangandaran ini merupakan salah satu pantai di Jawa Barat. Yang terkenal karena keindahan dari pemandangan yang di berikan. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini selama musim libur tiba. Pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran di Kabupaten Ciamis. Dan terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, yang bertepatan di desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Pantai Pangandaran

Banyak warga sekitar yang memiliki mata pencarian sebagai nelayan. Mereka mencari ikan di dekat Pantai Pangandaran yang tentu saja menambahkan kesan kendahaan tersendiri. Bagi pantai tersebut, jaring-jaring dari nelayan mulai bertebaran dihiasi warna yang unik dan elok jika dilihat dari kejauhan. Di pantai ini anda juga dapat menikmati bersepeda yang sudah disewakan disekitar tempat tersebut sambil menikmati angin laut yang segar. Ada juga jasa untuk naik ke perahu pesiar, memancing, parasailing hingga bermain jetski. Sungguh akan membuat anda seperti berada di luar negeri.

Lokasi Pantai Pangandaran

Lokasi pantai pangandaran ini berada di wilayah Kabupaten Pangandaran. Kabupaten yang terhitung baru hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Yang Terletak berbatasan dengan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah), Banjar dan Tasikmalaya.

Rute Pantai Pangandaran

Rute pantai pangandaran dari Bandung, ada beberapa alternatif jalan  yang bisa anda pake

  • Jalur utama via Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran. jalur ini mudah buat di ikuti, banyak petunjuk jalanya kok.
  • Jalur alternatif Bandung – Tasikmalaya – Pantai Cipatujah – Pangandaran.
  • Rute alternatif jalur selatan jawa Barat; Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya – Pameungpeuk – Cipatujah – Pangandaran. Rute ini lebih sepi, kondisi jalannya juga sudah lumayan bagus.

Deskripsi Pantai Pangandaran

Faktor selanjutnya ialah pantai pangandaran Pasir Putih. Pantai pasir putih ini yang terletak di arah barat. Ini memiliki kontur yang landai serta jarak antara pasang dan surat relatif sama. Sehingga memungkinkan orang berenang di sini sangat aman. Pantai Pasir Putih Pangandaran adalah obyek wisata keluarga yang komplit. Di sini kita bisa bermain di pantai sepuasnya. Berenang, bermain bola, bermain pasir, berjemur, bersepeda atau sekedar berjalan-jalan. Tim penyelamat pantainya juga lengkap dan terlatih. Meski tentu saja tetap harus berhati-hati.

Objek wisata Pantai Pangandaran

Pantai ini juga memiliki variasi destinasi yang lengkap.  Dari pantai pasir putih, taman laut, mata air Cirengganis yang konon bisa membuat orang awet muda. Cagar alam dengan flora dan fauna yang langka serta goa alam dan goa-goa jepang. Banyak objek wisata yang membuat anda tidak akan pernah bosan untuk berkunjung kelokasi ini. Jangan lupa baca juga tempat wisata cukang taneuh Pangandaran

Cagar Alam Pananjung

Cagar alam Pangandaran ini yang terletak di semenanjuk dan menjadi Batas Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran. Di lokasi ini, terdapat berbagai macam flora dan fauna dilindungi, seperti: monyet, lutung, landak, kijang, kelelawar dll. Berbagai Flora dan fauna yang hidup disini amat dijaga kelestariannya. Masyarakat atau pengunjung tidak diperkenankan untuk mengambil atau menebang satu batang pohonpun.

Goa Lanang Pangandaran

Goa Lanang terletak  didalam kawasan cagar alam pananjung Pangandaran. Tepatnya pada koordinat 7°42,442’S 108°39,508’E. Menurut legenda, goa ini merupakan keraton Kerajaan Pananjung.  Rajanya bernama Prabu Anggalarang dan permaisurinya Dewi Siti Samboja yang dikenal dengan nama Dewi Rengganis.  Beliau juga dibantu oleh seorang Patih bernama Aria Kidang Pananjung. Raden Anggalarang adalah Putra Prabu Haur Kuning seorang raja kerajaan Galuh Pangauban yang berpusat di Putrapinggang.  Ia mendirikan kerajaan Pananjung atas kemauannya sendiri, meskipun sang ayah telah memperingatkan dengan alasan rawan gangguan dari para perompak. Dinamakan goa lanang karena Raden Anggalarang seorang laki – laki yang gagah dan sakti sehingga dijuluki “Sang Lanang”.

Goa Jepang Pantai Pananjung

Di kawasan Cagar Alam Pananjung juga terdapat goa peningagalan Jepang. Tepatnya pada koordinat 7°42,336’S 108°39,379’E. Goa ini dibuat selama periode perang Dunia Kedua (1941 – 1945) melalui kerja paksa selama kurang lebih 1 tahun. Terbuat dari tembok beton yang ditimbun tanah sebagai benteng pertahanan. Dengan lubang-lubang pengintai ke arah laut untuk mengawasi pendaratan oleh pihak sekutu.

Sunset Dan Sunrise Di Satu Tempat

Keistimewaan lain nya adalah pantai ini yang berupa tanjung. Maka pantai ini bisa di lihat mayahari terbit dan terbenam. Tentu saja sangat indah jika melihat sunset dan sunrise di Pantai.

Seafood

Ada banyak restoran dan warung makan yang menawarkan berbagai macam menu. Meski tentu saja yang menjadi favorit tetap sea foodnya. Untuk yang satu ini, Pantai Pangandaran memiliki keunggulan karena sebagai pantai nelayan, maka ikan-ikan yang disajikan dijamin fresh. Untuk menikmati seafood anda harus ke pantai bagian timur. Bahkan banyak yang menyebut pantai ini sebagai  surganya penggila seafood. Di Pantai Timur ini kita akan menemukan banyak warung makan. Atau restoran seafood yang udang, kepiting, ikan-ikan segar, cumi, dan lain-lain. Aneka kuliner seafood ini terpajang di etalase restoran. Kita tinggal memilih yang kita inginkan. Pada bagian selatan dari Pantai Timur ini, kita juga dapat mengunjungi pasar ikan yang menyediakan ikan-ikan segar tangkapan nelayan. Selain itu, di Pantai ini juga terdapat tempat menarik untuk bermain jet ski serta banana boat.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran ini sangat terjangkau. Berikut daftar harga tiket masuk pangandaran.

  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 3.000
  • Sepeda Motor Rp. 7.000
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 28.000
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 35.000
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.700
  • BUS Kecil Rp. 80.000
  • BUS Sedang Rp. 104.000
  • BUS Besar Rp. 169.000

Hotel Di Pantai Pangandaran

Hotel di pantai Pangandaran ini cukup banyak pilihannya. Yang tergantung budget, serta anda bisa memilih hotel dan penginapan ini mulai dari harga Rp. 200.000. Rata – rata hotel di area pantai timur yang berada di sisi Pantai langsung. Hanya dibatasi oleh jalan saja, sedangkan di Pantai Barat ini. Di batasi oleh jalan dan jajanan warung cafe buat hangout.