Tempat Wisata Pantai Pangandaran Ciamis Jawa Barat

Pantai menjadi salah satu objek wisata saat akhir pekan maupun hari libur. Pantai pangandaran Ciamis ini selalu ramai di datangi oleh wisatawan untuk mencicipi makanan seafood. Karen berbagai macam makanan olahan hasil laut tersedia di sini baik lestoran maupun warung makan. Lokasi pantai pengandaran Ciamis yang bertepatan di teluk parigi dan teluk pangandaran ini merupakan tempat wisata di ciamis. Pantai pangandaran Ciamis merupakan salah satu tempat yang menarik. Untuk anda kunjungi karena anda di sini bisa menikmati keindahan Samudra Hindia. Dan yang paling menarik di tempat ini adalah menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari pinggir pantai.

Sejarah Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai pangandaran Ciamis ini pangandaran berasal dari dua kata “pangan” yang berarti makanan “Daran” berarti pendatang. Nah jadi pengandaran ini memiliki arti makanan untuk pendatang. Sebelum menjadi pantai Pangandaran dulu pantai ini memiliki nama Desa Pananjung. Pada zaman dulu memberi nama Pananjung karena tepat bersebelahan dari daerah ini terdapat sebuah tanjung. Pananjung ini memiliki sebuah arti dalam bahasa sunda Pangnanjung – nanjungna arti dalam bahasa indonesianya paling subur atau paling makmur.

Pantai pangandaran Ciamis

Selain bersebelahan dengan tanjung, Pananjung ini juga nama sebuah kerajaan yang dulu berdiri di pantai pangandaran Ciamis. Raja yang memeimpin kerajaan ini adalah Prabu Anggalarang. Tahun 1922, Desa Pananjung di jadikan taman dengan melepaskan 1 ekor banteng, 3 ekor sapi. Dan beberapa juga ekor rusa oleh presiden pringan adalah Y Everen. Desa panganjungan Memiliki aneka ragam satwa dan tanaman yang sangat langka. Pada tahun 1934 Pananjung resmi di jadikan suaka alam dan marga satwa. Untuk tahun 1961 pananjung berubah menjadi cagar alam, karena di temukannya bunga reflesia. Dan tahun 1978 Desa Pananjung yaitu memiliki 37.70 Hektar. Di jadikan tanaman wisata dan tahun 1990 luas kawasan cagar alam ini di perluas menjadi 470 hektar.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai pangandaran Cimasi merupakan salah satu wisata yang biaya tiket masuknya murah. Tarif yang berlaku hingga saat ini yaitu :

  • Pejalan kaki 1 orang Rp. 5.800
  • Sepeda motor Rp. 12.500
  • Kendaraan jenis jeep Rp. 32.000
  • Kendaraan jenis carry Rp. 61.000
  • Kendaraan L300 Rp. 89.000
  • Bus kecil Rp. 118.000
  • Bus sedang Rp. 181.000
  • Bus besar Rp. 297.000

Lokasi Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai Pangandaran Ciamis yang terletak di bagian Tenggara Jawa Barat. Pantai pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran, Kecamatan Pengandaran Dan desa Pangandaran. Klik di sini untuk melihat peta wisata ini. Pangandaran memiliki kawasan cagar alam dengan luas 470 Hektar dan. Terdapat goa-gola alam yang umurnya telah ratusan atau bahkan bisa hingga ribuah tahun yang lalu.

Daya Tarik Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai Pangandaran Ciamis pasir pantai yang putih yang terletak di arah barat ini memiliki kontur yang landa. Serta jarak antara pasangan dan sudut yang relatif sama memungkinkan orang berenang dengan sangat aman. Di sini kita bisa bermain di pantai sepuasnya.  Berenang, bermain bola, bermain pasir, berjemur, bersepeda atau sekedar berjalan-jalan. Tim penyelamat pantainya juga lengkap dan terlatih. Meski tentu saja tetap harus berhati-hati. Pantai ini juga memiliki daya tarik yang lengkap Dari pantai pasir putih, taman laut, mata air Cirengganis yang. Konon bisa membuat orang awet muda, cagar alam dengan flora dan fauna yang langka serta goa alam dan goa-goa jepang. Jangan lupa baca juga tempat wisata sungai citumang Ciamis

Cagar Alam Pantai Pangandaran Ciamis

Cagar Alam Pangandaran terletak di semenanjuk dan menjadi Batas Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran. Di lokasi ini, terdapat berbagai macam flora dan fauna dilindungi, seperti: monyet, lutung, landak, kijang, kelelawar  dan lannya. Berbagai Flora dan fauna yang hidup disini amat dijaga kelestariannya, masyarakat atau. Pengunjung tidak diperkenankan untuk mengambil atau menebang satu batang pohonpun. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan jalan santai maupun jogging.

Goa Lawang Pantai Pangandaran Ciamis

Goa Lanang terletak  didalam kawasan cagar alam pananjung Pangandaran. Tepatnya pada koordinat 7°42,442’S 108°39,508’E. Menurut cerita, goa ini merupakan keraton Kerajaan Pananjung. Rajanya bernama Prabu Anggalarang dan permaisurinya Dewi Siti Samboja yang dikenal dengan nama Dewi Rengganis. Beliau juga dibantu oleh seorang Patih bernama Aria Kidang Pananjung. Raden Anggalarang adalah putra Prabu Haur Kuning seorang raja kerajaan Galuh Pangauban yang berpusat di Putrapinggang. Ia mendirikan kerajaan Pananjung atas kemauannya sendiri, meskipun sang ayah telah memperingatkan dengan alasan rawan gangguan dari para perompak. Dinamakan goa lanang karena Raden Anggalarang seorang laki – laki yang gagah dan sakti sehingga dijuluki “Sang Lanang”.

Goa Jepang Pantai Pangandaran Ciamis

Di kawasan Cagar Alam Pananjung juga terdapat goa peningagalan Jepang.  Tepatnya pada koordinat 7°42,336’S 108°39,379’E. Goa ini dibuat selama periode perang Dunia Kedua (1941 – 1945) melalui kerja paksa selama kurang lebih 1 tahun. Terbuat dari tembok beton yang ditimbun tanah sebagai benteng pertahanan. Dengan lubang-lubang pengintai ke arah laut untuk mengawasi pendaratan oleh pihak sekutu.

Pencarian Terbaru: