Tempat Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta Yang Menakjubkan

Pantai di Pesisir selatan Yogyakarta yang memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berombak sangat ganas. Akan tetapi bukan berarti semua pantai tidak bisa di digunakan untuk berennag. Di gunungkidul yang terdapat pantai indah yang berlokasinya terlindung oleh pulau karang. Sehingga pantai tersebut cukup tennag dan aman untuk berennag. Dan tidak hanya itu saja jika anda berkunjung ke pantai ini anda bisa melihat kehiduoan biota bawah laut. Dengan snorkling pantai tersebut yaitu Pantai Nglambor Yogyakarta. Pantai ini yang di apit oleh pantai dan pantai jogan ini dulunya merupakan pantai yang sangat sepi. Pantainya tidak terlalu luas dan aksesnya yang cukup sulit untuk menuju lokasi ini. Jangan lupa baca juga Tempat Wisata The World Landmarks Merapi park Jogja

Sejarah Pantai Nglambor Yogyakarta

Pastilah di setiap pantai ataupun lokasi wisata akan memiliki mitos dan sejarah. Dan banyak cerita di lokasi ini selain cerita yang menyeramkan ataupun yang sedih. Pantai ini dulunya dihuni oleh sepasang suami istri hingga usia mereka renta, pantai ini terletak dicukup jauh dari permukiman warga. Sehingga pasangan suami istri ini mengandalkan hidup mereka hanya hasil dari laut dan bertani seadanya di sekitar pantai. Dan pantai ini masih menjaga tradisi yang menjadi turun temurun dari nenek moyang dahulu yaitu tradisi sedekah laut. Tradisi ini dinamakan ngalangi yag berarti menghalangi. Pantai ini mulai dibangun oleh Pemerintah daerah untuk perbaikan akses menuju lokasi. Namun setelah akses menuju pantai semakin baik, belum juga menarik wisatawan untuk berkunjung.

Pantai Nglamor Yogyakarta

Kira-kira ya sekitar tahun 2000, pemkab bekerjasama bareng masyarakat dalam melebarkan akses jalan yang hendak menuju ke lokasi pantai. Hanya saja hal tersebut tak memberikan dampak masif dalam mendongkrak popularitas pantai Wonosari ini, sehingga tetap saja sepi pengunjung. Perubahan masif baru dapat dirasakan sekitar tahun 2013, kala itu pemuda bernama Yusuf Aditya berasal dari desa Baleharjo Wonosari. Mulai menggarap kemajuan pantai serta melakukan gencar-gencar nya promosi melalui berbagai sosial media. Waktu itu mas Yusuf tak mengenal putus asa dalam memperkenalkan keeksotisan Nglambor beach melalui foto-foto telah diunggah di akun nya. Serta tidak lupa menyematkan alamat lokasi wisata. Usaha tersebut pun dikembangkan dengan adanya jasa usaha penyewaan peralatan snorkling. Yang diberi nama Bintang Nglambor Snorkling, disingkat menjadi BNS pada awal tahun 2014. Dari situlah tolak balik jumlah pengunjung mengalami peningkatan drastis hingga sampai sekarang jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan signifikan.

Mitos Pantai Nglamor Yogyakarta

Pantai belum lama menghiasi belantika destinasi wisata terbaik di Gunungkidul benar-benar jauh dari kesan mistis. Hanya saja salah satu aneka budaya Indonesia pun tetap ada disana seperti tradisi upacara sedekah. Sebagaimana juga sama dilakukan berbagai pantai-pantai laut selatan, juga dilakukan oleh penduduk setempat. Kalau disana upacara sedekah laut kerap kali disebut “Ngalangi” yang kalau dikonversi ke dalam bahasa Indonesia “melarang”. Maksud dari kata-kata melarang itu meningkatkan kepada siapa pun terutama warga sekitar agar tidak menangkap ikan-ikan sekitar pantai.

Pengunjung tetap diperbolehkan menangkap ikan disana, hanya saja bisa dilakukan diluar musim pemijahan ikan yang terjadi dalam satu tahun sekali. Ketika menangkap ikan pun, melakukan prosesi khusus yakni menggunakan alat gawar (semacam jaring ikan terbuat dari akar pohon Wawar). Oleh sebab tingginya kesadaran warga sekitar penting nya menjaga kelestarian alam di sekitar pantai, itulah membuat hamparan. Keindahan Nglambor beach nampak sangat bersih dengan terumbu karang serta berbagai biota laut yang ada didalam air, selalu terjaga keasriannya.

Rute Lokasi Pantai Nglamor Yogyakarta

Pantai Nglambor ini berlokasi di Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang di tempuh dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 70km, dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2-3jam. Untuk menempuh lokasi ini dapat dijangkau dengan menaiki motor, mobil, ataupun bus.

Rute Lokasi Pantai Nglambor Yogyakarta

  • Rute Dari Solo: Dari Sukoharjo menuju ke Wonogiri dengan mengambil arah Wuryantoro, kemudian melewati Eramoko hingga ke Praciromatoro. Setelah itu jalan terus sampai di Rongkop dan Girisibu, kemudian sampai Purwodadi. Seletah sampai Purwodadi akan bertemu plang untuk menuju lokasi Pantai Nglambor.
  • Rute Dari Jogja: Dari Ringroad Jalan Wonosari menuju ke Sampaan, Sekarsuli, Piyungan, Bukit Bintang hingga Patuk. Kemudian menuju ke Sambipitu, Hutan Bunder hingga Perempatan Gading dan Lanud. Dari perempatan ini mengambil lokasi arah Wonosari lalu Pasar Hargosari lalu mengambil arah Pantai Baron. Selanjutnya dari Perempatan Karang Rejek- Mulo- Menthel- Cabean- Bintaos. Tepus- Pule- Gesing- Purwodadi hingga pertigaan Nangun ambil kanan dan ketemu loket retribusi Pantai Nglambor.

Keindahan Pantai Nglambor Yogyakarta

Keadaan ombak yang tenang ini membuat biota laut serta berumbun karang tumbuh subur. Air pantainya pun nampak jernih, sehingga pegunjung dapat melihat langsung ke dasar laut. Perpaduan itulah yang membauat pantai jigja ini snagat cocok di jadikan aktivitas snorkling. Saat kelompok BNS mulai memasarkan pantai Nglambor, pun mulai dikenal pengunjung. Dan kini telah berkembang menjadi satu diantara tujuan wisata bahari populer di Gunungkidul. Meskipun sudah menjadi tempat wisata Yogyakarta ramai di kunjungi oleh wisatwan domestik. Hingga mancanegara, kondisi pantai tetap saja masih sangat bersih, agar mencapai bibir pantai tiap – tiap pengunjung. Yang wajib menyusuri taman kacang dan berjejer pohon pandan laut.

Lantaran kondisi cukup sempit, maka kendaraan pengunjung tak bisa parkir di bibir pantai. Sehingga pengunjung pun wajib berjalan kaki atau naik ojek dari lokasi parkir. Garis pantai disana pun tak terlalu luas, membuat tak cocok digunakan bermain voli pantai atau berjemur. Dari segi pasir pantai, merupakan bentukan dari pecahan-pecahan cangkang oleh biota laut serta karang yang tergurus oleh ombak secara bertahap. Disana and abisa memuaskan untuk bermain mulai dari mandai berenang hingga aktivitas snorkling. Bila dan tidak mau basah – basahan anda bisa mencri kulit kerang serta bebatuan halus yang berwarna – warna. Atau  juga bisa kok tracking menaiki bukit-bukit karang yang disekitar pantai. Kondisi ombak tenang nan jernih, membuat anda bisa menyaksikan. Fenomena kehidupan ikan warna-warni, karang, rumput laut serta berbagai biota penghuni laut.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Nglambor Yogyakarta

Snorkling

Snorkling meurpakan magnet utama dari pantai nglambor Yogyakarta, dan anda bisa memulainya dengan berenang ke tengah. Dimana air mulai dalam sehingga bisa digunakan untuk snorkling, dan anda bisa merasakan sensasi kehidupan di bawah laut. Anda bisa melihat aneka ikan kecil warna-warni yang berenang hilir mudir, terumbu karang, juga biota laut lainnya. Sebisa mungkin usahakan agar kaki dan tanganmu tidak bertumpu pada terumbu karang tersebut karena bisa merusak keberadaannya. Ombak yang mengalun pelan akan memberikan sensasi tersendiri.

Foto Underwater

Tidak lengkap rasanya jika snorkling di pantai Nglambor Yogyakarta meskipun tidak sekalian bergaya di depan kamera. Anda bisa bergaya di bawha permukaan air dengan bergaya sesuka anda

Trekking

Keberadaan Pantai Nglambor diapit oleh bukit dan tebing-tebing karang. Usai bermain snorkeling, anda bisa melanjutkan eksplorasi dengan mendaki bukit-bukit tersebut. Dari ketinggian bukit, bentuk dua kura-kura dari pulau karang yang ada di laut akan terlihat semakin jelas. Anda pun bisa menyaksikan Pantai Nglambor dari ujung hingga ujung. Tak hanya itu, deretan pantai-pantai lain pun terlihat dengan samar, hingga jauh ke Pantai Wediombo. Dari ketinggian bukit ini anda juga bisa menyaksikan mentari yang perlahan tenggelam di ufuk barat.

Susur Pantai

Jika anda memiliki waktu ruang di akhir pekan dan ingin melakukan kegiatan yang sedikit berbeda. Anda bisa menjajal aktivitas susur pantai, daimulai dari pantai nglambor Yogyakarta dan anda juga bisa. Melanjutkan perjalanan menyusuri garis pantai ke arah barat atau ke arah timur. Andaikata pilihan pertamamu adalah kea rah timur, maka anda bisa mendaki bukit-bukit di sebelah timur. Dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Siung, Pantai Watu Lumbung, Pantai Wediombo, dan pantai-pantai lainnya. Pastikan diri anda siap untuk menerima rute menantang akan menjadi daya tarik tersendiri. Jangan lupa untuk berkemah di salah satu pantai supaya perjalananmu lebih berkesan.

Harga Tiket dan Sewa Alat

  • Tiket masuk: Rp 5.000 / orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung)
  • Jasa Ojek: Rp 5.000
  • Sewa alat snorkel: Rp 35.000 – Rp 50.000
  • Paket snorkeling BNS: Rp 50.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung. Guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang.

Penginapan Pantai Nglambor Yogyakarta

Penginapan Homestay

Untuk di Pantai Nglambor ini masih sangat jarang ditemui penginapan. Apabila ingin mencari penginapan bisa ke homestay atau perkampungan warga yang jaraknya cukup jauh. Alternatif lainnya menuju ke arah pantai Indrayanti yang banyak menyediakan tempat penginapan.

Penginapan Camp

Akan lebih indah jika menghabiskan malam di tepian pantao dengan mendirikan tenda. Yang di temani dengan api unggun yang menghangatkan badan. Di pantai nglambor Yogyakarta ini di buka lokasi untuk mendirikan tenda atau ngacamp.