Pantai Melawai Tempat Wisata di Kalimantan Terfavorit

Balikpapan merupakan pintu gerbang berbagai aktivitas di Kalimantan Timur. Menjadikan kota ini banyak didatangi oleh wisatawan dari luar daerah yang ingin menikmati keindahan alam Kalimantan. Lokasi-lokasi wisata alam yang cukup menjanjikan telah dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Salah satu objek wisata di Balikpapan yang sangat terkenal adalah Pantai Melawai. Pantai ini menjadi ikon, tempat nongkrong serta pariwisata di Kalimantan.Tidak heran pantai ini menjadi Tempat Wisata di Kalimantan terfavorit.

Keindahan Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Melawai

Pantai Melawai adalah salah satu tempat yang enak untuk nongkrong bersama teman atau keluarga. Tempat yang tepat untuk menikmati keindahan sunset. Setiap menjelang petang masyarakat dari berbagai usia memadati area pantai. Aneka kuliner tersedia di Pantai ini. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Jantur Inar.

Tempat ini menjadi terkenal karena tempat nya yang mudah di jangkau serta pemandangan khas kota Balikpapan yang terpampang setiap hati. Seolah-olah pantai ini merupakan cerminan kota Balikpapan itu sendiri. Pantai ini menghadap langsung selat makassar dan merupakan daerah pusat penjaja makanan dan minuman. Sehingga suasana nya tetap ramai bahkan hingga malam hari sekalipun.

Jika memandang kearah daratan Anda akan menyaksikan keramaian lalu lintas yang melintasi Jl Jenderal Sudirman dimana pantai ini berada. Gedung-gedung dan kantor-kantor sebagai perusahaan tambang. Hotel, kafe dan berbagai bangunan lainnya di sekitaran pantai menjadikannya sangat unik dan sulit untuk dilewati begitu saja.

Pantai Melawai secara harfiah bukanlah pantai yang memiliki pasir putih dan berbentuk landai. Pantai ini merupakan bibir laut yang dibatasi oleh batu karang serta tembok beton yang terlintas diatasnya sebagai jalur transportasi darat.

Pantai Melawai bukanlah pantai yang luas dengan hamparan pasir panjang seperti pantai-pantai pada umumnya. Bila air pasang datang maka pantai ini akan tenggelam dan menyisakan gundukan kecil menyerupai bukit. Gundukan itu adalah batu karang. Masyarakat menyebutnya dengan sebutan Pulau Tukung atau Pulau Babi, karena banyak binatang laut bulu babi terletak di pulau tersebut. Pulau tersebut bisa dicapai dengan mudah saat air laut sedang surut.

Di Pantai ini Anda tidak bisa melakukan kegiatan pada umumnya dilakukan di pantai seperti berenang atau menyelam. Pantai ini hanya dapat dirasakan keindahan pada saat matahari terbenam saja. Sunset yang ada di Pantai Melawai merupakan sunset terbaik yang ada di Balikpapan. Pemandangan menuju horizon saat matahari terbenam tak terhalang oleh apapun. Yang ada hanya perahu-perahu nelayan yang sedang menurunkan jangkarnya.

Objek Wisata di Pulau Kalimantan

Pantai Melawai yang berada di Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti taksi dan angkutan kota. Angkutan kota yang melewati Pantai ini adalah angkutan kota no 6 dan 5. Jarak pantai dengan pusat kota hanya sekitar 3 km.

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Melawai sudah cukup lengkap. Disini telah sedia area parkir sepanjang pantai yang memadai. 39 Hotel terdekat dan 261 Restoran terdekat. Tempat karaoke, Arena Olahraga, Bank dan Rumah sakit.

Secara Geografis daerah ini berada di bagian paling timur pulau Kalimantan. Sehingga pemandangan yang paling mudah dijumpai adalah menikmati matahari terbit bukan matahari terbenam. Tetapi teori tersebut tidak beraku di Pantai Melawai. Lokasinya yang berada di teluk kecil dan pemandangan nya tidak terbatasi dengan apapun. Sehingga sunset dapat terlihat sempurna dan indah dari tempat ini. Menyaksikan sunset di Pantai ini sudah menjadi kegiatan terfavorit warga Balikpapan maupun pengunjung luar.

Sore dan malam hari adalah puncaknya keramaian Pantai Melawai. Selain malam minggu, malam rabu merupakan malam yang digunakan muda-mudi Balikpapan untuk nongkrong di pantai ini. Salah satu penunjang selain pemandangan dan suasana pantai adalah kulinernya. Seafood sudah menjadi kegemaran banyak kalangan.

Suasana malam semakin lengkap dengan kehadiran kafe-kafe dan restoran yang menjajakan berbagai makanan. Mulai dari makanan ringan hingga menu makanan lengkap. Penjaja makanan ini hanya menyajikan lesehan sebagai tempat menikmati hidangan. Dengan angin pantai yang sejuk dan keindahan laut malam sebagai hiasannya.