Tempat Wisata Pantai Mekar Yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat wisata di kabupaten Bekasi menjadi inspirasi bagi kelompok pemuda pelopor di desa pantai mekar kecamatan muara gembong. Untuk mendorong pantai yang ada diwilayahnya itu sebagai wahana rekreasi dan tempat hiburan bagi masyarakat Bekasi. Meski fasilitas yang tersedia saat ini masih minim, tidak membuat kelompok pemuda tersebut urung untuk mensosialisasikan keberadaan wisata di wilayahnya. Alhasil, jerih payah yang dilakukan kelompok pemuda pelopor mampu menarik minat wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjungi pantai itu. Ketua kelompok pemuda pelopor, Darman Alamsyah mengaku potensi yang ada di desanya itu sangat besar untuk dijadikan wisata dan. Tempat rekreasi bagi warga bekasi khususnya dan masyarakat diluar daerah pada umumnya. Hal tersebut menurutnya sangat realistis. Pasalnya, pantai mekar memiliki keindahan yang cukup luar biasa, baik dari aspek geografis yang bentuknya seperti cembung. Sehingga menimbulkan kesan eksektrik, dan permukaan air yang cukup jernih, jika dibandingkan dengan pantai lainnya.

“Jika pantai mekar di maksimalkan sebagai wisata lokal Bekasi, saya yakin akan menarik minat wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung. Tentunya jika ada keseriusan pemerintah untuk membenahinya,” imbuh Darman.

Keberadaan wisata pantai mekar, di anggap Darman akan mampu meningkatkan potensi dan pemberdayaan masyarakat lokal. Hal itu bila berkaca pada lokasi wisata di daerah lain, dimana masyarakat setempat seiring berkembangnya wisata. Ikut meningkat taraf pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraannya, “Konsep utama kami adalah pemberdayaan potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat setempat,” tambahnya.
Meski demikian, Darman mengakui. Bahwa tidak mudah bagi pemerintah untuk membuat sebuah kebijakan dengan menjadikan wisata bahari pantai mekar sebagai lokasi pariwisata. “Memang mesti ada kajian dan observasi terlebih dahulu oleh pemerintah. Untuk melihat sejauh mana potensi pantai mekar untuk dijadikan sebagai pariwisata kabupaten Bekasi. Tetapi, kami akan terus berupaya meyakini dan mendorong pemerintah daerah”. Tegas Darman, dia menyebut nama pantai itu wisata tirta citra alam bahari.
pantai Mekar

Keindahan Pantai Mekar

Meski demikian, kawasan tepi laut tersebut menawarkan banyak pemandangan indah yang memanjakan mata. Pantai Mekar memiliki panorama yang berbeda dibanding pantai lain. Jika umumnya pantai wisata memiliki garis pantai lurus atau cekung, objek wisata  di Desa pantai Mekar ini justru berbentuk cembung. Airnya juga cukup jernih. Selain panorama laut, pengunjung dapat menyaksikan muara Sungai Gembong yang merupakan anak sungai Citarum. Dan masih banyak tempat wisata di bekasi yang harus kamu kunjungi.

Sebagian besar penduduk yang tinggal di Desa Pantai Mekar adalah nelayan. Anda dapat menyewa perahu mereka untuk berkeliling pantai. Para nelayan juga bersedia mengantarkan pengunjung yang ingin mengamati ekosistem mangrove sambil menyusuri sungai. Anda juga juga dapat mengamati aktivitas para pencari ikan dengan mengunjungi desa nelayan. Daya tarik lain yang terdapat di pantai itu adalah villa joglo. Villa joglo merupakan gazebo yang ditempatkan di tengah laut. Bangunan tersebut terbuat dari kayu, bambu, dan daun sebagai atap. Tempat itu merupakan titik yang cocok untuk memancing. Pengunjung juga kerap menggunakan gazebo sebagai tempat piknik atau pertemuan.

Fasilitas

fasilitas, diantaranya villa joglo yang berada di tengah pantai yang sengaja disediakan pengelola sebagai tempat memancing, rekreasi keluarga. Bahkan bisa digunakan untuk kegiatan reunian maupun diskusi. Untuk mencapai ke villa joglo, pengelola menyediakan fasilitas motor boat, yang juga digunakan untuk mengantar para pengunjung berkeliling pantai. Dengan dipandu seorang ‘gaed’ lokal. Selain itu, di bibir pantai tersedia beberapa warung yang dapat dijadikan pengunjung. Untuk memenuhi kebutuhan, baik makan, minum maupun camillan sebagai teman di villa. Tak ketinggalan, bagi pengunjung yang hendak bermalam, juga tersedia penginapan yang cukup ekonomis.

Lokasi

Bila ingin berwisata ke Pantai Mekar Muara Gembong, disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta silakan ambil rute menuju Jalan Akses Marunda. Ikuti jalan tersebut hingga sampai Jalan Pasar Muara. Selanjutnya masuk ke Jalan Suka Tenang, Jalan Takwienul Ummah, Jalan Sindang Jaya, Jalan Pulo Renggas. Hingga akhirnya sampai Jalan Raya Muara Gembong. Dari sana Anda tinggal melanjutkan perjalanan melalui jalan beton untuk menuju pantai. Usai mengunjungi pantai mekar. Anda dapat singgah ke Pantai Muara Beting atau Pantai Muara Gembong. Yang letak tak jauh dari pantai di pesisir utara kabupaten bekasi. Dan bila ingin berwisata keluarga sambil menikmati aneka wahana permainana air silahkan dateng ke Waterboom Lippo Cikarang.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!