Keindahan Tempat Wisata Pantai Losari Makassar

Pantai Losari Makassar ini adalah sebuah pantai yang terkenal dan memiliki keindahan yang berada di jalan penghibur sebelah barat. Pantai ini adalah sarana berkumpul dan hiburan warga Makassar. Pantai losari ini akan terlihat lebih indah ketika menjelang senja, dan selain cuaca sudah tidak panas. Fenomena matahari tenggelam atau sunrise pantai losari makassar sangat indah. Banyak fotografer lokal maupun wisatawan yang mengabadikan keindahan sunrise di pantai losari makassar ini. Selain sunset yang indah, pantai losari makassar terkenal akan  beraneka kuliner. Yang paling banyak dicari wisatawan adalah kuliner khas pantai losari yaitu pisang epe. Jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang di geprek lalu dibakar dan disajikan dengan air gula merah yang di encerkan.

Pantai Losari Makassar

Rute Pantai Losari Makassar

Secara administratif pantai losari Makassar yang berada di provinsi sulawesi selatan Makassar. Rute untuk menuju ke pantai losari ini yang sangat mudah dan tidak rumit. Jika wisatawan datang dari bandara Hasanuddin, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 50 meter. Untuk sampai di pantai losari Makassar. Dan jika wisatawan datang dari arah pelabuhan Soekarno – Hatta. Hanya butuh sekitar 20 meter untuk sampai di Pantai Losari Makasar ini. Sebenarnya rutenya sangat mudah, karena pantai ini berada di pusat Kota Makassar, sehingga dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Sementara waktu tempuhnya rata-rata 1 jam saja dari bandara, namun bila. Anda melewati jalan tol, maka dapat dipersingkat menjadi 40 menit.

Sejarah Pantai Losari Makassar

Pantai Losari ini memiliki kisah yang perlu sekali anda ketahui, pada dahulu tempat ini. Yang di fungsikan sebagai pasar ikan di pagi hingga siang hari. Dan kemudian tempat berjualan beraneka makanan di sore hingga malam hari. Dan kemudian pembangunan di tepu pantai yang dilakukan pada tahun 1945. Yang merupakan ide dari walikota pada masanya yaitu DM Van Switten. Dan pada awalnya pembangunan yang di lakukan dengan pemasangan lantai dasar beton dengan panjang 910 meter.

Pemasangan lantai yang ditujukan untuk menjaga fasilitas – fasilitas sekitarnya dari terjangan ombak selat Makassar. Dan pembangunan pun juga kian bertambah hingga sekarang menjadi tempat wisata Makassar. Dan sedangkan arti nama Losari tersendiri sampai sekarang belum. Diketahui apakah itu diambil dari bahasa Belanda atau Makassar. Tapi jika diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa, Losari terbagi menjadi 2 suku kata, yaitu Los dan Ari. Los artinya adalah area yang digunakan untuk kegiatan jual beli. Atau area yang terbagi menjadi beberapa toko maupun los. Lalu, Ari diambil dari makna selaput pembungkus atau yang menyalurkan, seperti halnya ‘ari-ari’.

Anjungan Pantai

Pantai Losari Makassar yang merupakan pantai yang sangat untuk karena wujud dari objek wisata. Seperti lain yang memiliki hamparan pasir dan biota lain. Pemisah antara lautan dan daratan adalah bebatuan di tepi pantai yang menjadi pemecah ombak. Pembangunan anjungan-anjungan di tepi laut inilah yang menjadi fasilitas khas. Sebagai ruang publik untuk dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Anjungan di pantai diberi nama berdasarkan suku-suku yang ada di Makassar. Seperti Anjungan Bugis, Anjungan Makassar, Anjungan Toraja dan Anjungan Mandar. Renovasi anjungan selalu dilakukan sebagai tempat senyaman mungkin bagi masyarakat. Anda juga dapat berfoto ria dengan latar belakang tulisan letter besi ‘Pantai Losari‘. Maupun nama-nama suku di Sulawesi Selatan yang berukuran besar.

Setelah puas berfoto dengan latar belakang tulisan letter besi, coba pindah. Ke monumen patung-patung pahlawan Sulawesi Selatan. Yaitu Sultan Hasanuddin, Sultan Alauddin, Arung Palakka dan patung-patung suku. Jika Anda ingin mencari tempat sholat pun tidak perlu jauh-jauh. Karena ada masjid terapung di atas lautan bernama Masjid Amirul Mukminin.

Baca juga pulau bulupoloe makassar

Malam Hari Di Pantai

Dan biasanya objek wisata pantai akan sepi di malam hari, dan tidak dengan pantai lokasi Makasar. Dan semakin ma;am tempat ini justru semakin ramai, terutama di dalam malam liburan. Meskipun anda tidak bisa melihat pemandangan laut dengan jelas karena gelap. Tapi foto – foto yang tetap bisa dilakukan di anjungan pantai. Dan lokasi ini lengkap dengan pnerangan yang memadai sehingga sangat cocok di jadikan tempat nongkrong.

Bila Anda mulai lapar, tidak perlu repot-repot mencari makanan. Karena wisata kuliner lengkap dapat dijelajahi di kawasan pantai ini. Cukup berjalan kaki saja, tidak lama kemudian Anda akan menemukan berbagai tempat makan yang berjejeran.

Baca juga benteng cornwallis Malaysia

Fasilitas Pantai Losari Makassar

Untuk para wisatawan yang datang dari luar Makassar dan disekitar pantai losari Makassar yang sudah tersedia hotel dan penginapan. Untuk para backpacker hotel murah pantai losari yang juga banyak tersedia di sana. Yang sangat unik di sepanjang pantai losari ini yang di sediakan akses internet gratis tanpa login dan membayar.

Untuk masuk ke tempat wisata ini anda tidak di pungut biaya sepeserpun. Dan hanya perlu membayar uang untuk parkir, Toilet kamar madi dan mushola yang sudah tersedia di pantai losari. Anda dapat menikmati masakan khas Makassar seperti pallu butung, jajanan pisang epek. Es pisang ijo, menu sop konro dan coto makassar.

Baca penang national park malaysia

Sunset Pantai Losari

Sunset pantai losari yang begitu fenomenal adalah salah satu target untuk para wisatawan dan para fotografer. Dengan posisi pantai yang agak menjorok, maka posisi matahari tenggelam pas berada di laut. Fenomena inilah yang menjadikan sunset di pantai losari begitu indah

Memancing

Kegiatan ini yang dapat dilakukan di tepian pantai dengan tanggul batu sebagai pemecah ombak. Dan banyak sekali orang yang melakukan hal serupa untuk mendapatkan ikan hasil laut lainnya.

Wahana Air

Aktivitas air seperti berenang yang memang dilarang di pantai karena kedalamannya. Akan tetapi anda masih bisa melakukan hal lain untuk merasakan suasana di lautan. Seperti menggunakan perahu bebek, banana boat maupun sepeda udara.

Futsal

Dan anda dapat memainkannya di tepian pantai losari Makassar yang sudah disediakan tempatnya. Tentu lebih mengasyikkan bermain outdoor di sore atau malam hari.