Tempat Wisata Aceh Keindahan Sunset di Pantai Kasih Sabang

Sabang menyimpan banyak pulau yang sangat menawan. Salah satunya pulau Weh yang merupakan sebuah pulau terbesar dari Kota Sabang. Pulau yang juga merupakan pulau paling ujung barat Indonesia ini memberikan pemandangan yang sangat indah. Salah satu tempat wisata di Aceh yang berada di pulau weh adalah Pantai Kasih. Pantai ini dikenal dengan keindahan matahari terbenamnya yang sangat menakjubkan.

Pantai Kasih dengan Keindahan Sunset di Sabang Aceh

Pantai Kasih

Pantai Kasih merupakan salah satu objek tempat wisata di Aceh yang menjadi favorit para wisatawan karena matahari terbenamnya. Terletak di Pulau Weh kota bawah sabang yang berjarak sekitar 2km dari pusat kota sabang, Aceh. Karena menghadap ke arah barat teluk Sabang, pantai ini cocok untuk menikmati suasana matahari terbenam. Pantai yang bersih dan sangat tertata rapi dengan pinggiran pantai tertutup semen. Pantai Kasih adalah pantai berbatu dengan banyak pohon kelapa di sepanjang semenanjung. Baca juga Pantai Ulee Lheue.

Sekilas tentang penamaan Pantai Kasih

Dinamakan Pantai Kasih adalah karena ketika memasuki area pantai, pengunjung langsung akan melihat kursi-kursi yang banyak. Dan terbesit dalam pikiran bahwa kursi tersebut diperuntukan pasangan atau dua orang pada setiap kursinya. Selain itu, nama Kasih juga dapat disimpulkan karena banyaknya pasangan remaja atau muda-mudi bersantai. Mereka menikmati keindahan alam di pantai ini. Namun, bukan berarti beranggapan bahwa hanya pasangan saja yang boleh mengunjunginya.

Wisatawan dari mancanegara sekalipun baik sendiri maupun bersama keluarga banyak yang berkunjung. Alasan mereka adalah dengan menikmati alam Pantai Kasih dapat menyegarkan pikiran serta menghilangkan stres akibat rutinitas.

Aktifitas di Pantai

Banyak hal yang dapat dilakukan di pantai kasih. Sama seperti ketika berada di pantai kebanyakan nya. Walaupun namanya pantai kasih bukan berarti hanya dengan pasangan saja kita dapat merasakan kebahagiaan di pantai ini.

  • Bermain bersama keluarga, teman maupun pasangan

Pantai kasih memiliki keunggulan dengan pasir putih dan bertekstur. Tidak seperti kebanyakan pantai sekarang yang terkontaminasi dan kotor. Pantai ini begitu bersih dan kelihatan sekali bahwa pinggiran pantainya sangat tertata rapi dan tertutup semen. Dengan pasir yang halus tentu akan aman bagi anak-anak berlari-larian. Bahkan orang dewasa pun dapat tidur-tiduran diatas pasirnya dengan nyaman. Banyak pengunjung yang memilih bermain bola kaki maupun volly. Karena pasir pantai yang begitu lembut dan jarang ada kerikil, maka akan sangat aman tanpa menyebabkan cedera.

  • Berenang

Salah satu alasan mengapa datang ke pantai adalah karena ingin berenang. Berenang di Pantai Kasih memang tidak terlalu dianjurkan. Dan sedikit sekali pengunjung yang menggunakan waktu mereka untuk berenang. Laut di pantai ini memang sangat indah dan bagi para pengunjung yang hobi berenang sangatlah tertarik untuk mencoba berenang. Namun karena ombaknya yang cukup besar akan terlalu beresiko untuk tetap nekat berenang. Bagi pengunjung yang membawa anak-anaknya ke pantai sangat dianjurkan untuk selalu menjaga anak-anaknya agar tidak berenang ke pantai. Jika memang sangat ingin berenang dianjurkan untuk selalu di pinggiran dan jangan ke tengah pantai.

  • Berfoto Ria

Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengabadikan setiap momen yang ada di pantai. Bawalah kamera untuk dapat berfoto bersama keluarga atau pun orang yang di sayang. Sehingga dapat menyimpan kenangan selama berada di pantai ini.

Berwisata di Pantai

  • Berwisata Kuliner

Fasilitas yang tersedia di pantai begitu lengkap dan tidak mengecewakan pengunjung yang suka wisata kuliner. Penjual makanan khususnya makanan khas Aceh dapat dijumpai secara mudah di sekeliling pantai. Makanan seperti sate gurita, bakpia spesial dan mie kepiting tersedia di sekeliling pantai.

  • Berwisata Sejarah

Salah satu fasilitas yang akan dijumpai di Pantai Kasih dan sekitarnya adalah objek-objek bersejarah. Peninggalan sejarah Perang Dunia II, seperti meriam yang dulunya digunakan semasa perang. Senjata seperti meriam tersebut disimpan di sejumlah benteng dan tempat-tempat terbuka dibuka untuk umum.

  • Piknik

Piknik pun bisa dilakukan di Pantai Kasih dengan menggelar tikar atau selimut diatas pasir. Bersantai sambil mengobrol dan menikmati pemandangan laut akan sangat mengasyikan. Sebelum menuju pantai bawalah bekal makanan dan minuman untuk menjadi pengganjal lapar dan dahaga. Dengan namanya Pantai Kasih akan lebih afdal apabila membawa pasangan ke tempat ini.

Bersantai di Pantai

  • Melihat sunset atau matahari terbenam

Salah satu yang disukai pengunjung saat berkunjung ke pantai kasih adalah dengan pemandangan matahari terbenam. Maka kebanyakan orang yang sedang berada di Sabang, Aceh selalu menyempatkan untuk berkunjung ke pantai ini. Selain dari matahari terbenam yang begitu indah, pantai ini memiliki banyak pohon palem di sepanjang semenanjung pantai. Sehingga pengunjung betah berada disini dengan melihat hamparan lautnya yang begitu luas. Silahkan datang ke pantai ini pada jam 4 atau 5 sore untuk dapat mengabadikan pemandangan yang terbaik. Namun justru biasanya sore hari lah pantai ini begitu ramai.