Keindahan Tempat Wisata Pantai Karapyak Pangandaran

Pantai Karapyak Pangandaran ini adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang tengah berkembang pesat. Karena hal ini tidak lepas dari statusnya yang kini sudah memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis. Bukan hanya itu saja Pangandaran yang sudah terkenal sejak dahulu akan keindahan objek wisata pantainya. Yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi pantai di Jawa Barat maka tidak heran semenjak memisahkan dri dari Kabupaten Ciamis. Banyak sekali investor yang berdatangan untuk menanamkan modalnya untuk mengembangkan sektor parawisata Pangandaran.

Pantai Karapyak Pangandaran

Kini hotel-hotel semakin menjamur dengan berbagai kelas mulai kelas melatih hingga berbintang. Juga berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti restoran dan caffe serta tempat berbelanja. Salah satu tempat wisata pangandaran yang saat ini mulai di kenal adalah Pantai Karapyak Pangandaran. Pantai ini dengan ciri khas hamparan bebatuan karang ini memang menawarkan keindahan pemandangan alamnya. Kini pantai ini mulai dikembangkan dengan pembangunan beberapa fasilitas. Kedepannya bukan tidak mungkin akan ada hotel berbintang dengan menghadap keareal pantai yang indah.

Lokasi Pantai Karapyak Pangandaran

Lokasi Pantai Karapyak Pangandaran ini memang sedikit lebih jauh dari pusat kota Pangandaran. Yakini pengandaran atau pantai Pananjung, yang lokasinya berada di sekitar 45 menit sebelum objek wisata Pantai Pangandaran. Jika anda dari arah Bandung maka anda akan melewati kawasan perhutani yang banyak ditumbuhi oleh pohon jati. Kemudian akan ada bunderan dan penunjuk jalan menuju pantai Karapyak. Pantai Karapyak Pangandaran ini yang terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucung Kabupaten Pangandaran. Pantai ini berada pada koordinat S7.69094 E108.75174.

Dari Alun-alun Kota Ciamis berjarak sekitar 78 km.  Sedang dari Pangandaran sekitar 20 km. Apabila dari arah Ciamis, Pantai ini berada sebelum Pantai Karang Nini. Untuk menukju pantai ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit, akses jalan menuju pantai ini sudah cukup bagus sekali. Meskipun masih banyak yang sudah rusak di berbagai tempat. Serta sudah terdapat beberapa petunjuk jalan yang dapat memabntu pengunjung. Sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa membawa pengunjung sampai ke pantai ini. Hanya pengunjung yang memabawa kendaraan pribadi saja yang dapat mencapai destinasi ini.

Ada Dua Rute Untuk Menuju Lokasi Pantai Karapyak Pangandaran

Ada dua rute yang bisa di ambil untuk menuju pantai karapyak. Rute pertama yang berbelok dari Kantor Kecamatan Kalipicung pada koadarat S7.64601 E108.75259. Rute pertama ini yang berjarak 13,3 km, kondisi jalannya pun lumayan baik dengan kondisi 85% beraspal. Di beberapa tempat yang terdapat tanjakan yang curam. Kita juga bisa sekalian mampir di Dermaga Majingklak yang berlokasinya bersebrangan dnegan Pulau Nusakambangan. Untuk rute kedua, berbelok dari pertigaan Rest Area Emplak (koordinat S7.66086 E108.73010) sejauh 9 km. Meskipun lebih dekat tetapi kondisi jalannya lebih jelek. Setelah melewati gerbang wisata, jalan menuju pantai juga ada 2 rute. Yang pertama lurus terus dengan kondisi jalan aspal mulus dan pemandangan yang bagus tetapi dengan jarak sedikit lebih jauh.

Untuk Yang kedua ini jaraknya lumayan dekat, akan tetapi kondisi jalan nya rusak dan terdapat tuturan yang curam. Sangan tidak di sarankan jika lewat sini menggunakan kendaraan jenis sedan untuk menuju ke pantai ini. Meskipun berlokasi jauh dari pinggir jalan raya, anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan logistik. Karena Pantai karapyak Pangandaran sudah tersedia rumah makan dan penginapan yang berupa pondok wisata.

 Pesona Keindahan Pantai Karapyak Panagndaran

Saat anda yang menampakkan kaki pertama kali di Pantai ini anda pasti akan langsung betah. Duduklah di pinggir pantai di bawah pohon yang rindang sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai yang sejuk. Jika anda datang pada pagi hari maka anda tidak akan melihat hamparan bebatuan karang lantaran air tengah pasnagan. Anda akan di suguhkan oleh deburan ombak yang sudah cukup besar serta pemandangan di bebebrapa sudut berupa bebatuan dan perbukitan. Sambil menunggu waktu surat yakini pada pukul 12 siang. Anda juga bisa membaca menyusuri jalan sendiri ke atas.

Nantinya akan ada warung kecil di pinggir lereng dengan pemandangan panbtai karapyak pangandarazn dan sekitarnya yang sangat indah. Akan tetapi jika air sudah surut keindahan pantai karapyak Pangandaran tidak memudar melainkan semakin istimewa. Hamparan batu karang yang membentang luas  hingga beberapa meter ketengah. Anda bisa mendapai banyak rumput laut, hewan – hewan laut yang cukup aneh. Anda juga bisa sambil bermain di pasir putih yang mengelilingi pantai. Menariknya, pasir putih tersebut yang merupakan bubuk dari bebatuan karang dan hewan – hewan bercangkang. Maka tidak heran jika anda jeli bisa menemukan “Kewuk” yang bisa di gunakan untuk permainan “Bekles”. Saat surut, biasanya akan  ada pemancingan yang berada keujung karang paling tengah. Juka ada beberapa warung sekitar yang mencari hewan “bulu Babi” untuk diambil didalamnya. Jangan lupa baca juga tempat wisata curug taringgul Pangandaran

Pantai Sejuk Dan Bersih

Tidak seperti Pantai Pangandaran yang ramai dan panas, Pantai Karapyak ini jauh lebih sejuk. Pantai Karapyak Pangandaran ini memiliki daya tarik yang berupa hamparan pasir putih. Yang berupa memanjang kurang lebih 5 km, di padu dengan batu – batu karang. Pasir pantai yang putih tersebut yang rupanya berasal dari butiran – butiran kecil batu karang dan cangkang kerang yang halus. Di tepian pantai yang terdapat hamparan bebatuan karang. Sehingga anda bisa lebih leluasa menginjak hingga ke arah lebih jauh dari bibir pantai. Di bebatuan karang tersebut terdapat cukup banyak biota laut. Bahkan masih ada gundukan-gundukan rumput laut yang bisa kita ambil.

Tebing – Tebing Curam

Selain hamparan pasir putih dan batu karang, pantai ini pun memiliki tebing – tebing curam dan indah. Yang siap mengundang para petualang untuk menjelajahi tiap jengkal tebing karangnya. Di bawah tebing curam tersebit, deburan ombak siap m engolah adrenalin hingga ubun – ubun. Buih – buih ombak di bawah tebing curam seolah menanti cucuran keringat petualangan anda

Taman Laut Pantai Karapyak Pangandaran

Dan keindahan akan semakin terlihat ketika ombak laut mulai surut. Karapyak yang berupa bak sebuah taman laut, anda bis amelihat ikan – ikan kecil yang berenang di sela – sela batu karang. Kepiting dan umang yang kelaur masuk lubang pasir sambil membawa makanan. Batu karang yang menghampar dan menjorok ke lautan memang menajdi surga bagi ikan laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak Pangandaran

Jangan lupa ketika akan memasuki gerbang Pantai Karapyak Pangandaran anda siapkan uang untuk membayar tiket. Tarif masuk Pantai Karapyak Pangandaran untuk kendaraan motor sebesar Rp.10.000. Sementara untuk mobil kecil seperti sedan dan jeep di kenakan Rp. 18.000. Kendaraan minibus sebesar Rp. 35.000 minibus besar sebesar Rp. 72.000 dan bus sebesar Rp. 180.000

Dekat Dengan Nusa Kambangan

Yang sangat menarik, pantai ini berada sangat dekat Pulau Nusakembangan. Cukup dengan menyewa perhau, anda bisa menginjakkan kaki di sana. Anda juga bis aberjalan – jalan menyusuri muara sungai citanduy atau lebih di kenal dengan sebutan sagara anakan. Jauh di tengah laut, berdiri tegak dua batu karang yang membentuk pintu masuk ke Sagara Anakan.

Hotel Dan Penginapan Di Pantai Karapyak Pangandaran

Sayangnya lokasi pantai karapyak pangandaran ini memang masih belum terdapat hotel. Hanya ada beberapa penginapan kecil yang menurut saya kurang layaknya seperti kos – kosan. Akan tetapi anda juga masih bisa menginap di pusat kota Pangandaran yang memang terdapat banyak hotel dan penginapan. Apalagi jarak tempuh ke Pantai Karapyak masih bisa ditempuh sekitar 45 menit saja.

Pencarian Terbaru: