Daya Tarik Pantai Karang Tirta Pangandaran Yang Beragam

Berbicara mengenai tempat wisata Pangandaran, pastinya akan sangat identik dengan pantai. Ya, Pangandaran adalah sebuah pantai yang ada di Pangandaran juga. Sedikit sejarah mengenai Pangandaran, awal mula terbentuk nya Pangandaran. Lebih tepat nya kabupaten Pangandaran pada jaman dulu, ada suku sunda yang berdiam di dekat kawasan pangandaran. Karena pantai ini di rasa bagus untuk tempat hidup. Karena lokasi nya yang sangatlah bagus. Di tambah lagi ada pulau yang membendung ombak pantai selatan yang ganas. Sehingga pantai ini tidak terlalu besar ombak sampai di bibir pantai. Maka suku Sunda tersebut berdiam di sini karena cocok untuk hidup berpetani nelayan. Secara georgarfis, Pangandaran ini berbatasan dengan Ciamis sebelah utara nya, tasik sebelah barat, Cilangkap sebelah timur. Untuk bagian selatan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Nah, tempat wisata yang akan di bahas kali ini yaitu Pantai Karang Tirta Pangandaran.

Pantai Karang Tirta Pangandaran : Wisata Alam Dan Budaya Menjadi Satu

Pantai Karang Tirta Pangandaran

Wisata Pantai ini memang tidak ada habis nya untuk di nikmati oleh para pengunjung. Karena keindahan alam nya yang mempesona, dapat menyihir siapa saja yang memandang nya. Apalagi jika pantai ini memfasilitasi para pengunjung secara lengkap akan menambah banyak para pengunjung yang ingin menikmati liburan. Dengan berbagai keseruan. Salah satu pantai yang mempunyai panorama yang sangat mempesona. Dengan fasilitas yang lengkap adalah pantai karang tirta Pangandaran. Jarak tempuh pantai ini dari pantai pangandaran kira-kira sekitar 8 KM di bagian selatan pangandaran. Tepatnya dengan posisi kiri jalan raya Pangandaran menuju Cijulang Desa Sukaresik Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Jelasnya menuju Pantai Batu Hiu ke arah sebelah kiri. Yang membuat pantai Karang Tirta ini spesial dari pantai lainnya karena letaknya di Selatan Kota pangandaran.

Jam Buka Dan Harga Tiket Pantai Karang Tirta Pangandaran

Jika ingin berwisata di Pantai Karang Tirta Pangandaran ini. Untuk memasuki kawasan Pantai Karang Tirta Pangandaran ini, para pengunjung dapat merogoh kocek yang relatif murah dan juga terjangkau. Yaitu Rp. 3.000 untuk per orang nya, Rp. 6.000 untuk motor, untuk kendaraan pribadi yaitu Rp. 30.000. Sedangkan kendaraan umum seperti bis besar. Sekitaran Rp. 60.000. Dengan budget segitu, para pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam pantai dengan segala fasilitas nya. Baja juga tempat wisata pantai lembah putri pangandaran

Fasilitas di Pantai Karang Tirta Pangandaran

Di pantai ini, para pengunjung hanya akan menikmati keindahan pantai tetapi juga ada hutan kecil. Di sepanjang pantai yang biasa di sebut Lauweung Nusa. Di hutan tersebut terdapat berbagai tanaman yang dari dahulu sudah tumbuh di sana. Pantai ini sangat cocok di jadikan area outbond. Karena di kelilingi oleh sungai, delta, sawah, muara, hutan dan lain sebagai nya. Pantai Karang Tirta di Pangandaran ini termasuk dalam kategori yang mempunyai banyak fasilitas yang dapat di nikmati pengunjung. Seperti menaiki perahu, berenang di pantai, mencari ikan dengan memancing atau jala. Selain itu juga dapat berkemah di sepanjang pantai. Wisata argo yaitu membuat gula-kelapa, membuat opak Cipari, mempelajari tarian ronggeng dan wisata budaya wayang golek.

Akses Dan Rute Menuju Pantai Karang Tirta Pangandaran

Jarak tempuh pantai ini dari pantai Pangandaran kira-kira sekitar 8 Kilometer di bagian selatan Pangandaran. Tepat nya dengan posisi kiri jalan raya Pangandaran menuju Cijulang, Desa Sukaresik Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Jelas nya menuju Pantai Batu Hiu ke arah sebelah kiri. Yang membuat pantai karang tirta ini spesial  dari pantai lain nya. Yaitu karena letak nya berada di selatan Kota Pangandaran.

Daya Tarik Di Pantai Karang Tirta Pangandaran

Di setiap tempat wisata tentu nya memiliki daya tarik tersendiri. Seperti misal nya, Pantai Karang Tirta Pangandaran. Dan berikut ini akan kita ulas, apa saja yang menjadi daya tarik di Pantai Karang Tirta Pangandaran :

Suasana laut nya yang tenang

Wisata di Pantai Pangandaran termasuk salah satu pantai yang mempunyai arus pantai yang tenang. Sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama laut dengan syahdu. Karena air nya yang tenang. Sehingga aman jika ingin berenang, di sini untuk menjadikan liburan kamu menjadi lebih seru dan juga asik.

Tempat mencari ikan

Di area pantai ada tempat untuk menjala atau memancing ikan. Sehingga pengunjung dapat membawa hasil tangkapan nya sebagai oleh-oleh di rumah. Selain ikan, para pengunjung juga bisa menangkap kerang, umang, kepiting rajungandan jenis hewan laut lain nya.

Bermain dengan perahu

Karena aliran air nya yang tenang, membuat pantai karang tirta pangandaran ini terdapat persewaan perahu. Para pengunjung juga dapat menikmati pesona keindahan laut dengan berlayar dengan perahu. Apalagi jika tiba saat nya matahari terbit dan terbenam. Suasana berlayar akan semakin syahdu. Di temani semilir angin dan suasana yang syahdu.

Camping/Kemah

Berkemah di pantai karang tirta pangandaran merupakan hal yang sangat sayang jika kalian lewatkan. Jika kalian berencana berlibur dalam beberapa hari, tidak ada salah nya jika jika mencoba mendirikan tenda kemah di pinggiran pantai. Sambil menikmati suasana malam hari dengan hangat nya api unggun. Bakar ikan hasil tangkapan dan menikmati bintang-bintang yang berkelipan di malam hari.

Wisata Agro membuat gula dari kelapa

Selain berwisata alam dengan menikmati panorama keindahan alam pantai nya, para pengunjung juga dapat berwisata agro. Yaitu dengan membuat gula langsung dari kelapa nya

Wisata budaya pembuatan wayang golek

Selain berwisata alam, Pantai Karang Tirta Pangandaran juga di jadikan wisata budaya yaitu dapat melihat pembuatan wayang golek.

Lokasi Pantai Karang Tirta Pangandaran

Lokasi tempat wisata pantai karang tirta Pangandaran ini berada di Putrapinggan, Kalipucang, Pangandaran, dengan koordinat -7.6727862,108.7081232.

Tips Berwisata Di Pantai Karang Tirta Pangandaran

  • Sebelum memutuskan akan berwisata carilah berbagai informasi tentang wisata tujuan yang di minati, kumpulkan segala informasi.
  • Persiapkan budget dengan cukup karena di tempat wisata godaan belanja sangatlah besar
  • Jika akan berwisata dengan keluarga atau teman-teman. Rencakanakan perjalanan wisata matang-matang dengan segala persiapan nya.
  • Bawalah barang-barang secukupnya jangan membawa perhiasan atau uang tunai berlebihan. Karena menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan dan lain-lain.
  • Jangan lupa membawa kamera fotografi yang bagus untuk mengambil spot-spot yang bagus di tempat wisata
  • Cari informasi tentang hotel atau penginapan terdekat yang aman dan nyaman jika Anda ingin berwisata dalam beberapa hari.
  • Carilah agen wisata yang sudah terpercaya jika anda ingin memakai jasa agen.

Hotel Terdekat Dari Pantai Karang Tirta Pangandaran

  1. Aquarium : Jl. Pantai Barat No. 87 Pangandaran. Telf : (0265) 639088
  2. Badeto Ratu : Jl. Pantai Barat Pangandaran. Telf : (0265) 639024
  3. Bamboo House : Jl. Pamugaran. Telf : (0265) 639419
  4. Citra 1 : Jl.Pantai Barat-Bulak Laut-Pangandaran. Telf : (0265) 630822
  5. Firman Jaya : Jl. Kalen Buaya – Pangandaran. Telf : (0265)
  6. Hotel Bumi Nusatara : Jl. Kalen Buaya Pangandaran. Telf : (0265) 639032