Tempat Wisata Pantai Karang Nini Ciamis Jawa Barat

Coba anda kunjungi tempat wisata Ciamis dan nikmati jernihnya air dan suara ombak yang terdengar dari kejauhan. Dan anda juga bisa memankan pasirnya, kemudian mendapatakan. Sentuhan air laut di kaki anda dan bersenang senang di Pantai Karang Nini Ciamis. Pantai Karang Nini Cimais memiliki keistimewaan karena letaknya yang ada di balik rimbunnya hutan. Paduan objek wisata pantai dan hutan yang lengkap dan menawarkan pengalaman berbeda. Baca juga kampung adat kuta ciamis

Sejarah Pantai Karang Nini Ciamis

Untuk sejarah pantai ini bermula adanya pangandaran yang di namakan Pantai karang nini Ciamis. Yaitu batu karang, sepintas memang seperti wujud nenek – nenek. Dalam bahasa sunda adalah nini yang berarti nenek. Menurut cerita zaman dulu di suatu kampung Emplak ada sepasang kakek dan nenek. Yang tinggal dan bernama Ki Arga Plara & Ni Ambu Kolot. Kakek merupakan seorang penangkap ikan. Setiap harinya, beliau melaut dan hasilnya akan diasarkan sisanya dibuat makan. Hidupnya berlangsung sederhana, bahagia dan manis. Hingga pada suatu hari, ada sesuatu yang terjadi dan tidak biasa. Sang kakek tidak juga pulang dari laut sementara nenek merasa sangat cemas. Dia khawatir ada sesuatu yang buruk yang menimpa suaminya ketika melaut.

Pantai Karang Nini Ciamis

Nenek berjalan menelusuri pantai dengan memanggi – manggil sang suami. Namun sayang, sampai jelang tengah malam kakek tidak pulang juga. Nenek merasa sangat sedih dengan apa yang terjadi. Bahkan, masyarakat setempat juga ikut mencari keberadaan kakek. Meskipun masih juga tidak ditemukan. Karena sudah larut malam, warga mulai pulang dan putus asa mencari keberadaan kakek. Tinggallah nenek seorang diri di pinggir pantai. Ia memiliki firasat buruk dan menangis tersedu. Nenek tidak hentinya berdoa agar dipertemukan kembali dengan sang suami bagaimanapun kondisinya. Tidak disangka, doanya terkabul. Tidak lama kemudian, nenek mendapatkan satu buah batu karang yang mengambang. Menurut cerita itu merupakan perwujudan kakek yang dalam kenyataannya sudah wafat.

Terowongan Terpanjang

Objek yang menarik di sini adalah adanya terowongan kereta api yang tua sejak tahun 1981 sudah tidak di gunakan lagi. Lowongan ini teletak di perbatasan anatra desa Bagolo dan desa emplak. Terowongan ini dibangun pada tahun 1914 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen yang mulai digunakan pada 1921. Namanya terowongan Wilhelmina, mengambil nama sang Ratu Belanda yang bertahta pada saat itu. Menurut cerita terowongan ini adalah yang terpanjang di Indonesia, yaitu sepanjang 1.116 meter. Dibangun untuk mendukung jalur kereta api rute Banjar – Cijulang sejauh 82 km.

Fasilitas Pantai Karang Nini Ciamis

Pantai karang nini Cimais ini memiliki fasilitas yang cukup di bilang lengkap seperti pondok wisata. Musolah, warung makan atau kedai, camping ground, play ground dan areal parkir seluas lebih dari 300 meter.

Alamat Pantai Karang Nini Ciamis

Pantai Karang Nini Ciamis Pangandaran, Jawa Barat. Lebih tepatnya di desa Emplak, Kecamatan Kalipucang. Jika anda dari kota Ciamis, maka bisa ditempuh sekitar 80 kilometer. Sementara jika dari Pangandaran, kira-kira lebih 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Untuk menuju ke Pantai ini anda dapat memanfaatkan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Hanya saja, jika anda memanfaatkan kendaraan umum, anda harus menempuh jalan kurang lebih sekitar 2 km dari jalan raya hingga sampai ke tempat wisata ini. Klik di sini peta menuju tempat wista Pantai ini.

Hunting Foto Pantai Karang Nini Ciamis

Wisata karang nini Ciamis ini adalah wisata alam perpaduan antara hutan dan pantai. Lebat nya hutan jati dan rimba bertautan dengan laut lepas. Ada debur ombak dan berujung di langit biru yang membentuk garis horizon di kejauhan. Anda bisa berfoto dengan keindahan alam di Pantai Karang Nini. Kondisi yang paling diburu adalah ketika siluet mentari. Di ufuk timur membayang di pulau Nusa Kambangan dan Telu Pananjung di Selatan. Ada juga kelokan jalan dari kereta api yang merupakan peninggalan Belanda menghilang di terowongan. Pasir yang bersih, air laut yang biru dan pemandangan langit yang luas membuat anda memiliki pengalaman hunting foto mengesankan. Namun ketika melakukan aktivitas foto jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan anda.