Asal Usul Nama Tempat Wisata Pantai Indrayanti Yogyakarta Jawa Tengah

Pantai Indrayanti Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata pantai di Yogyakarta yang sering di rekomendasi kan pada wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah cukup di kenal di kalangan para wisatawan baik itu lokal atau pun mancanegara. Sama seperti jenis pantai selatan di wilayah gunung kidul, pemandangan di sini tidak akan kalah keindahan nya. Bentang pantai yang cukup luas, pasir halus, dan laut biru lepas yang bersih.

Sejarah Pantai Indrayanti Yogyakarta

Panti Indrayanti Yogyakarta

Pantai Indrayanti Yogyakarta ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Kalau mendengar dari nama nya rasa nya berbeda dengan pantai lain di daerah ini. Pantai lain biasa nya menggunakan nama tempat sedangkan pantai yang satu ini berbeda. Nama pantai Indrayanti sebetul nya bukan lah nama yang resmi. Nama ini di ambil dari nama restoran Indrayanti yang berada tak jauh dari pantai ini. Restoran ini cukup di kenal para pengunjung dan seolah menjadi landmark dari tempat ini. Akhir nya, tanpa di sengaja dari mulut ke mulut pantai ini lebih di kenal dengan nama Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti ini sendiri di ambil dari gabungan nama pemiliki restoran. Yaitu bapak Indra dan Ibu yanti.

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal ?

Nah, nama resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk tempat wisata Yogyakarta  ini adalah pantai Pulang Sawal/pantai Pulang Syawal. Hanya saja, pengunjung dan penduduk setempat sudah terlanjur mengenal tempat ini dengan nama pantai Indrayanti. Meskipun pihak pemerintah lebih mengkampanye kan nama pantai pulang sawal. Sejauh ini tetap saja nama lama yang lebih melekat dikalangan pengunjung baik dari dalam ataupun luar Jogja. Belum lagi pengaruh pengguna medsos yang lebih kenal tempat ini dengan nama pantai indrayanti. Dulu sempat terjadi polemik antara pihak pemerintah dan pengelola terkait penamaan tempat. Tapi sepertinya tidak berlanjut lebih jauh.

Lokasi Pantai Indrayanti Yogyakarta

Lokasi Pantai Indrayanti Yogyakarta berada di area wisata Pantai Gunung Kidul. Letak nya tidak lah berjauhan dengan tempat wisata pantai lain nya seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak, ataupun Pantai Krakal. Dari pusat kota Yogyakarta jarak nya kurang lebih 66 Km dengan waktu tempuh ke sini sekitar 2 jam. Sedikit lama karena medan jalan nya yang turun naik dan juga berbelok-belok. Kondisi jalan nya sendiri yang sudah lumayan mulus. Jadi pada saat di perjalanan kita kan tetap merasa nyaman. Jadi kalau berkunjung ke sini, bisa sekalian mendatangi pantai lain nya juga. Alamat Pantai Indayanti ini tepat nya berada di wilayah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul di wilayah DIY Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Di pantai Indrayanti Yogyakarta

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Indrayanti dan memanfaatkan fasilitas yang ada. HTM yang di kenakan juga relatif murah. Yaitu Rp. 10.000 sudah termasuk tiket untuk berkunjung ke beberapa pantai yang ada di wilayah Gunung Kidul. Diantara nya yaitu Pantai Kukup, Pantai drini, Pantai Sundak, Pantai Karakal, Pantai Sepanjang, dan Pantai Pok Tunggal. Harga tiket tersebut belum termasuk ke dalam ongkos parkir kendaraan. Sedangkan fasilitas bagi para wisatawan meliputi mushola, kamar mandi, dan MCK. Dengan ongkos Rp. 2.000 untuk buang air kecil dan Rp. 5.000 untuk mandi. Gazebo dengan ongkos sewa Rp. 30.000/unit dan payung Rp. 20.000/unit nya serta wahana permainan. Yang berupa prosotan, panjat tali, bangku putar dan jetski.

Bagi para pengunjung yang tidak membawa bekal dari rumah atau yang ingin menikmati berbagai macam kuliner. Nah, di sekitar pantai Indrayanti Yogyakarta ini banyak di termui warung-warung, rumah makan, cafe & Resto. Kisaran harga makanan atau pun minuman di pantai indrayanti Yogyakarta ini berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 100.000 permenu nya. Jika ingin melewatkan malam di kawasan pantai indrayanti Yogyakarta ini, sudah tersedia penginapan.

Penginapan Terdekat Di Pantai Indrayanti Yogyakarta

Penginapan yang alamat atau jarak lokasi nya cukup dekat dengan pantai dalam bentuk cottages. Yang berbentuk homestay dan hotel dengan biaya sewa permalam sekitar Rp. 100.000 – Rp. 350.000 untuk penginapan yang sederhana. dan hingga Rp. 2.000.000 untuk yang mewah tergantung dari tipe serta fasilitas kamar nya. Beberapa penginapan yang ada di kawasan Pantai Indrayanti Yogyakarta ini di antara nya yaitu Villa Indrayanti Hilss. Lalu Griya Pesisir, Walet Guest House, Rock Garden H0mestay and Resto. Lalu Griya Kusuma Bamboo Lengkung, Joglo Watu kelir dan beberapa penginapan lain nya.

Beberapa dari penginapan tersebut memiliki letak yang sangat dekat dengan pantai Indrayanti Yogyakarta. Bahkan hanya tinggal menyebrang jalan untuk tiba di hamparan pasir pantai. Meski jumlah penginapan yang ada di sekitar Pantai Indrayanti Yogyakarta cukup banyak. Pada saat musim liburan terkadang tidak ada lagi kamar yang tersisa. Jika itu terjadi, maka harus cepat-cepat mencari penginapan di dekat tempat wisata yang lain. Yang lokasi nya tidak jauh dari Pantai Indrayanti Yogyakarta. Baca juga tempat wisata jogja bay waterpark yogyakarta dan tempat wisata pantai ngalambor yogyakarta

Yang Spesial Dari Pantai Indrayanti Yogyakarta

Satu hal yang membuat pantai Indrayanti Yogyakarta ini menjadi begitu populer. Yaitu adalah bentangan pasir putih dan biru nya laut yang menyatu. Menjadikan suatu kombinasi yang sempurna. Selain itu kondisi lingkungan nya yang sangat lah bersih. Tentu nya akan semakin memanjakan mata para pengunjung nya. Pntai yang terletak tepat di sisi timur panti sundak ini di batasi oleh perbukitan karang. Yang menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Indrayanti. Adanya bukit karang juga menawarkan daya tarik tersendiri. Dan juga panorama yang unik jika di bandingkan dengan pantai gunung kidul lain nya. Selain itu juga di Pantai Indrayanti Yogyakarta juga bisa bermain jet sky. Yang di sewa kan oleh pengelola Pantai Indrayanti Yogyakarta ini. Wahana yang mengasikan dan cukup memicu adrenalin tentu nya.

Daya Pesona Pantai Indrayanti Yogyakarta

Banyak para wisatawan yang menjuluki bahwa Pantai Indayanti Yogyakarta dengan  ” Pantai Johja rasa Bali “. Hal tersebut di sebabkan karena suasana di kawasan pantai tidak jauh berbeda dengan Kuta dan Legian. Hamparan pasir yang ada di pantai Indrayanti Yogyakarta ini juga tidak seperti pasir yang ada di Pantai Parangtritis. Yang berwarna hitam. akan tetapi berwarna putih bersih layak nya pantai-pantai yang ada di Bali. Serta pantai-pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul. Selain itu juga kawasan pantai ini terlihat bersih dari sampah. Bersih nya kawasan pantai dari sampah, pertama di sebabkan karena masyarakat setempat sudah sadar akan wisata.

Dan yang kedua yaitu berkat aturan yang di berlakukan bagi para wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jika ada wisatawan yang tertangkap sedang membuang sampah sembarangan. Jika ada yang ketahuan membuang sampah sembarangan, mereka akan di kenai biaya denda sebesar Rp. 10.000. Untuk menegakkan aturan tersebut pemerintah di bantu oleh pihak swasta telah menyediakan tempat-tempat sampah di berbagai tempat . Sera melakukan pengawasan yang ketat di seluruh area Pantai Indrayanti Yogyakarta.

Petunjuk Arah ke Pantai Indayanti Yogyakarta

Petunjuk arah ke Pantai Indrayanti tidak lah sulit sebetul nya. Karena berada di wilayah wisata yang populer. Papan petunjuk jalan juga sudah cukup lengkap. Jadi sangat lah mudah untuk di ikuti, beberapa petunjuk arah menuliskan Pantai Indayanti Yogyakarta. Jadi tinggal ikuti saja petunjuk arah jalan nya. Jalan menuju Indrayanti bisa melalui rute sebagai berikut :

  • Dari Jogja menuju ke jalan Wonosari (ringroad timur), lalu menuju ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Dari tepus tinggal ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.
  • Rute alternatif lain yang bisa digunakan; via jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari pantai Baron lanjut ke arah timur kurang lebih 10 KM untuk sampai ke Indrayanti.

Rute melalui Wonosari lebih banyak di rekomedasikan, karena lebih mudah untuk di ikuti oleh para pengunjung dari luar Yogyakarta.