Keindahan Tempat Wisata Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Wisata Pantai memang sudah menjadi tempat favorit bagi kebanyakan orang untuk mengisi liburan. Jika anda berkunjung ke Tempat Wisata Yogyakarta ini adalah merupakan hal yang tepat untuk mengisi waktu libur anda. Karena Yogyakrta ini sangat terkenal sekali dengan kekayaan pantai yang dimilikinya. Seperti pantai yang satu ini pantai yang berlokasi di kawasan Desa Gadingsari. Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul yaitu pantai goa cemara Yogyakarta. Pantai Goa Cemara Yogyakarta ini merupakan salah satu pantai yang memiliki daya tarik tersendiri.

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai ini di sebut pantai goa cemara Yogyakarta dikarenakan adanya tumpukan pohon cemara. Yang terbentuk seperti goa dimana terlihat mulut goa yang berlubang. Mulut goa ini juga merupakan gerbang masuk untuk mengakses menuju lokasi pantai. Disini anda dapat menikmati indahnya pemandangan pantai dan juga bisa menikmati nuansa goa di bawah pohon cemara yang rimbun. Jadi anda jangan heran jika tidak menemukan goa di sekitaran pantai. Karena goa yang di maksud adalah rimbunan pohon cemara yang memberikan nuansa seperti layaknya di dalam goa.

Letak Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai Goa Cemara ini terletak di Desa Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diukur dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih jaraknya sekitar 30 km. Letak-nya yang tidak terlalu jauh bisa Anda kunjungi secepat mungkin.

Sedangkan dari pantai Parangtritis, jarak dari Pantai Goa Cemara Yogyakarta kurang lebih 6 km saja. Jadi jika anda sedang berwisata ke Pantai Parangtritis anda bisa menambah tujuan wisata anda ke Pantai Goa Cemara Bantul ini.

Rute Pantai Goa Cemara Yogyakrta

Rute pantai Goa Cemara dari kota Yogyakarta. Arahkan kendaraan melintasi jalan yang menuju ke Kabupaten Bantul. Begitu sampai di perempatan Palbapang, belokkan kendaraan ke kanan.

Lurus terus hingga menemui lampu merah, beloklah ke kiri. Ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan rambu petunjuk lokasi yang mengarah ke Pantai Goa Cemara. Dari tempat ini, Anda tidak lama lagi akan tiba di Pantai Goa Cemara Yogyakarta.

Mitos Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Asal – usul nama Pantai Goa Cemara Yogyakarta yang berasal dari warga sekitar. Karena di lokasi pantai terdapat banyak pohon cemara yang membentuk sebuah lorongan panjang seperti goa. Lorong ini terbentuk karena begitu rimbunnya pohon-pohon cemara di Pantai Goa Cemara. Sebuah terowongan kecil di Pantai Goa Cemara Yogyakarta menjadi keunikan tersendiri. Sehingga menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona di tempat ini. Mitos Pantai Goa Cemara Yogyakarta sering dikaitkan oleh masyarakat sekitar dengan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Bahkan setiap tahunnya di area Pantai Goa Cemara Yogyakarta yang diadakan tradisi lelabuhan. Sebagai ritual untuk menghormati sang penguasa alam gaib di pesisir Selatan Jawa tersebut. Tradisi Lelabuhan selalu diadakan setiap tahun baru Hijriyah, yaitu pada tanggal 1 Muharam. Atau yang biasa dikenal dengan 1 Suro pada penanggalan Jawa. Dalam tradisi Lelabuhan Pantai Goa Cemara Yogyakarta warga sekitar akan mengarak sebuah boneka mirip kambing yang diberi nama Kambing Kendhit. Boneka Kambing Kendhit akan diarak bersama Kirab. Yang berisi beberapa hasil bumi dari Kabupaten Bantul sebagai simbol dari kesuburan alam di kota ini.

Asal Nama Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Dilihat dari namanya saja sudah kelihatan sekali, Goa berarti lubang besar sedangkan Cemara itu sendiri adalah pohon. Sekian banyak pohon cemara yang berada di samping Pantai Goa Cemara Yogyakarta membentuk.

Sebuah seni yang cukup unik, yaitu seperti goa, sehingga seni yang dihasilkan membentuk sebuah terowongan kecil. Atau goa sehingga dinamakan pantai ini dengan nama Pantai Goa Cemara Yogyakarta. Jangan lupa baca juga Tempat Wisata Pantai Sundak Yogyakarta

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Tempat wisata alam yang terbuka ini seperti pantai memang tidak bisa mengelak soal teriknya matahari. Namun sesuai dengan namanya, Pantai goa Cemara Yogyakarta lahan pasir luas. Yang ditumbuhi banyak pohon cemara yang memiliki ranting saling bertaut hingga menyerupai sebuah goa. Di antara goa – goa pohon cemara inilah kesejukan dari panasnya pantai tercipta.

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai selatan Jogja yang menjadi favorit wisatawan baik lokal hingga terkenal diluar kota Yogyakarta. Pantai indah ini tepat berada di sebelah barat Pantai Parangtritis dengan jarak sekitar 4 kilometer. Sekilas Pantai Goa Cemara memang tampak sama seperti pantai-pantai di sekitarnya. Tetapi hutan pohon cemara inilah justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Fasilitas Dan Kegiatan Pantai Goa Cemara

Sesampainya disana, anda akan disambut dengan para pedagang berjajar rapi menawarkan beragam sajian yang menggoda untuk memanjakan lidah. Mulai dari masakan aneka seafood, aneka snack dan minuman, serta makanan khas Bantul yakni Mie Lethek. Di samping Jalan Lintas Selatan dekat pantai ini, anda akan disuguhkan pemandangan tambak udang milik warga yang menakjubkan. Udang segar yang melimpah seakan menarik perhatian untuk dikunjungi sejenak. Seperti tempat wisata pada umumnya, wisata Pantai Goa Cemara Yogyakarta juga menyediakan fasilitas dasar. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, seperti kamar mandi, toilet, mushola, dan tempat parkir yang luas.

Tidak hanya itu saja, hutan pohon cemara yang terhampar luas yang membentuk lorong-lorong. Menjadi fasilitas “khas” untuk berteduh tanpa takut terkena panas terik matahari. Pantai Goa Cemara Yogyakarta yang indah ini juga menyajikan wahana permainan ATV, atau motor roda empat. Cukup membayar biaya sewa sekitar Rp. 50.000, anda bisa bebas berkeliling di sekitar hutan pohon cemara menikmati pemandangan hijaunya cemara yang mempesona. Lahan pasir yang luas dan datar, sering dijadikan sebagai tempat camping bersama untuk menikmati suasana alami lebih lama. Warna-warni tenda berdiri tegap, dihiasi dengan hammock untuk bersantai. Serta sisa kayu bakar api unggun, akan sering dijumpai saat musim libur tiba.

Menikmati Pemandangan Pantai Goa Cemara Yogyakarta Dari Mercusuar

Ada spot yang tidak kalah menarik saat anda berkunjung ke Pantai Goa Cemara Yogyakrta yaitu dari Mercusuar. Mercusuar omo tepat berada di sebelah Pantai Goa Cemara Yogyakarta. Yang tepat dari bibir pantai anda dapat melihat mercusuar berdiri tegak. Dengan berjalan kaki sekitar 5 menit, anda dapat sampai di Mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dan boleh dinaiki oleh pengunjung.

Sesampainya disini, tiak lengkap rasanya jika anda tak mencoba merasakan sensasi menaiki anak tangga yang cukup menantang. Rasa lelah menaiki tangga setinggi 40 meter ini serasa terbayarkan dengan keindahan pemandangan pesisir pantai selatan dari atas mercusuar. Mulai dari pesisir pantai yang memanjang, hamparan hutan pohon cemarang yang menyebar rapi sepanjang pantai. Luasnya tambak udang, dan suara deburan ombak akan memanjakan semua indera anda. Untuk harga tiket masuk ini yang relatif murah untuk menaiki mercusuar dengan pemandangan yang berharga.

Tengah – Tengah Pohon Cemara

Pohon cemara yang i tanam di pantai ini adalah jenis cemara udang yang jumlahnya kurang lebih 6000 pohon. Yang berdiri di atas lahan pinggiran pantai seluas 20 hektar, karena banyaknya pohonan cemara. Dengan jarak teratur yang berdekatan, membuat suasana menjadi lebih rindang serta sejuk.

Berkemah

Karena luasnya area Pantai goa cemara Yogyakarta, ini sekarang di sediakan pula Camping Ground. Bagi para wisatawan yang ingin berkemah di bawah pepohonan cemara.

Suasana ini akan terasa lebih istimewa sembari merasakan kesejukan angin menerpa dipadu suara deburan ombak. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang memuaskan.

Berkuda

Dan kegiatan yang bisa di lakukan selagi berada di Pantai Goa Cemara adalah berkuda. Sewalah kuda ke penyedia sekitar, kemudian minta tolong dampingi oleh ahli untuk berkuda menjelajahi pinggiran pantai.

Piknik Dibawah Pohon Cemara

Aktivitas ini yang biasanya dilakukan oleh keluarga kecil maupun besar. Momen seperti ini akan mempererat hubungan dan kekompakan antar anggota keluarga. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang selama ini terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga jarang berkumpul bersama keluarga.

Naik ATV

Wahana ATV tidak hanya bisa dirasakan di Pantai Parangtritis saja Anda juga bisa menaikinya di Pantai Goa Cemara Yogyakarta. Dengan menaiki ATV ini, Anda bisa menjelajahi sekitar pinggiran pantai hingga ke dalam area pepohonan cemara.

Jam Buka Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai Goa Cemara Yogyakarta buka setiap hari selama 24 jam. Apalagi disediakan camping ground di dalamnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa petugas di pos retribusi hanya bertugas dari pagi hingga sore hari.

Tiket Masuk Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati keasikan berwisata di Pantai Goa Cemara akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Harga tiket masuk Pantai Goa Cemara Yogyakarta relatif terjangkau.

Serta mengingat berbagai keseruan yang bisa Anda rasakan di tempat ini, banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai. Dan membentuk seperti goa menjadi salah satu keunikan tersendiri dari Pantai Goa Cemara Yogyakarta.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: