33 Objek Wisata Di Jakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

Jakarta memiliki banyak sekali objek wisata di Jakarta yang menarik. Mulai dari wisata sejarah, budaya, kuliner, belanja, alam, hingga spot selfie. Tersedia di Kota metropolitan yang tidak pernah sepi ini. Berbagai tempat yang seru ini tentunya bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu libur terutama saat akhir pekan.

Objek Wisata Di Jakartaobjek wisata di jakarta

Untuk kamu yang sudah tidak sabar menjelajahi Kota Metropolitan ini. Yuk simak ulasan mengenai 33 tepat wisata di Jakarta yang seru dan juga menarik untuk kamu.

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 Kaki). Yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno. Dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional ini terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Pada hari senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

tugu monas jakarta

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol adalah satu-satunya Pantai Ancol yang terlengkap yang ada di Indonesia bila dibandingkan dengan Pantai yang lain. Pantai ini sekaligus dermaga utama menuju kepulauan seribu. Tidak hanya menjadi tempat kapal bersandar saja. Namun juga, merupakan tempat Rekreasi Keluarga dan orang-orang terkasih. Pantai tersebut juga menjadi tempat olahraga air favorit warga Jakarta. Sebenarnya Pantai Ancol ini menyimpan banyak sekali potensi Wisata yang besar. Meskipun tidak seluas Pantai lain pada umumnya memang. Namun pemandangan di Pantai ini tidak kalah dengan pantai alami lainnya. Di Pantai ini pula, Pengunjung dapat melihat Kepulauan Seribu yang membentang di lepas Pantai.

Pantai Ancol Jakarta

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Namanya Kepulauan Seribu bukan berarti pulau-pulau di dalam gugusan kepualaun itu berjumlah seribu. Jumlah pulau itu hanya sekitar 342 pulau. Termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi maupun yang tidak. Pulau pasir dan terumbu karang itu sendiri berjumlah 158. Tidak semua pulau yang termasuk di dalam gugusan Kepulauan Seribu didiami manusia. Sebagaimana banyak pulau-pulau lainnya di Indonesia. Sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu tidak berpenghuni. Gugusan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang tidak kecil untuk pengembangan berbagai macam industri. Antara lain pertambangan, perikanan serta yang paling utama ialah pariwisata.

kepulauan seribu

4. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi. Pada awalnya Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi karena pada saat itu Agustinus Teddy Darmanto selaku ketua sekaligus penanggung jawab BenDufa (Bengkel Dunia Fantasi) sangat sibuk dalam tahap penyelesaian akhir, oleh karena itu pengvisualisasian diberikan Matari Advertising. Namun setelah Dunia Fantasi dibuka untuk umum visualisasi karakter Dufan diambil alih kembali oleh team BenDufa dan tercipta lah logo dan maskot Dunia Fantasi si Dufan.

wahana dufan jakarta

5. Taman Hutan Tebet

Dulunya taman ini adalah pemukiman liar. Namun setelah ditertibkan dan direnovasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT. Honda Prospect Motor, maka pada tahun 2010 taman ini diresmikan. Taman ini sekarang menjadi salah satu ruang publik terfavorit bagi warga Jakarta. Dengan menempati lahan seluas 1.800 meter persegi, taman ini ditumbuhi oleh berbagai ragam jenis tumbuhan, termasuk pohon-pohon besar sehingga bagaikan sebuah hutan.

Taman Hutan Tebet

6. Hutan Kota Srengseng

Di Hutan Kota Srengseng ini terdapat banyak tempat untuk beraktifitas terutama untuk berolahraga seperti jogging tracker, lapangan untuk senam, tempat bermain untuk anak-anak. Selain memberikan pemandangan alam dari pepohonan hijau tetapi juga tersedia wahana permaianan dan tempat untuk berolahraga. Selain dari itu Hutan Kota Srengseng objek wisata di Jakarta juga terdapat sebuah danau untuk melakukan kegiatan memancing atau kemping, memiliki lahan parkir yang cukup luas juga.

Hutan Kota Srengseng jakarta

7. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kawasan taman wisata bertema Budaya Indonesia di Jakarta Timur. Luas kurang lebih 150 hektar [1] atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6 derajat 18’6.8”LS, 106 derajat 53’47.2”BT. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatar betakangi oleh kondisi lingkungan dan budaya yang dimiliki. Di TMII, inilah yang diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mencerminkan suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara langsung dibagi menjadi enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan mengeluarkan Bangunan khas lokal.

taman mini indah indonesia jakarta

8. Waterboom Jakarta

Waterbom Jakarta merupakan objek wisata di Jakarta wisata air luas yang terkenal dengan seluncurannya yang berliku. Kolam renang ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Objek wisata di Jakarta punya pesona yang sangat menarik sehingga Anda harus mengunjunginya ketika berada di ibukota Indonesia ini. Objek wisata di Jakarta ini tak pernah sepi pengunjung pada setiap harinya.

Waterboom Jakarta

9. Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark adalah wahana yang dirancang secara khusus sebagai taman rekreasi petualangan berkelas dunia,terletak di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, berkonsep pegunungan salju memberikan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga dapat menjadi wahana wisata favorit bagi keluarga. Taman seluas 3 hektar ini dibangun tahun 2008 dan diresmikan pembukaannya oleh ketua Yayasan harapan Kita, Hj. Siti Hardiyanti Rukmanapada tanggal 19 April 2009. Sebelumnya, taman ini adalah Taman rekreasi Ambar Tirta.

Snowbay Waterpark

10. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal (arti harfiah: Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat ibukota Jakarta. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Imam besarnya  adalah Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A. dan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal sekarang adalah Laksma (Purn) H. Asep Saefuddin.

Masjid Istiqlal

11. Thamrin City

Thamrin City atau Thamrin City Mall merupakan pusat perbelanjaan besar yang berada di Jakarta Pusat, yang lokasinya terletak ± 150 meter dari bundaran Hotel Indonesia dan ± 300 meter dari Pasar Tanah Abang, yang tepatnya berada di Jl. Thamrin Boulevard (d/h Kebon Kacang Raya) dengan akses berbagai arah antara lain dari Jl. Thamrin, Jl. Teluk Betung, maupun dari Jl. KH. Mas Mansyur. Thamrin City merupakan super blok yang sudah dilengkapi dengan apartment, town house, hotel berbintang, gedung perkantoran, dan exhibition hall yang berada dengan pusat perbelanjaan lainnya.

Thamrin City

12. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Berada di lokasi cukup strategis dan mudah di jangkau membuat wisata alam mangrove PIK memiliki pengunjung setia yang banyak terlihat dari hari biasa maupun hari libur pengunjung yang datang selalu ramai.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

13. Balai Kota Jakarta

Balai Kota DKI Jakarta merupakan sebuah bangunan administratif yang menjadi tempat kerja resmi Gubernur serta Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebelum menempati gedung Balai Kota Medan Merdeka Selatan, pusat pemerintahan kota Jakarta mengalami beberapa kali perpindahan tempat. Ketika Stad Batavia dibentuk pada tahun 1905, dan kemudian berubah menjadi Gemeente Batavia, kantor pemerintahannya bertempat di De Oude , yakni bangunan kuno abad ke-18 di Stadhuisplein ( Sekarang Taman Fatahillah dan dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta). Akibat perkembangan kota Batavia yang mengarah ke selatan dan berpusat di Weltevreden, kantor Gemeente Batavia menjadi sangat jauh dari pusat kota.

Balai Kota Jakarta

14. Seaworld Ancol

Seaworld merupakan salah satu kawasan liburan yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak peminat terutama dari kalangan anak-anak untuk melihat dan menyaksikan keindahan hewan-hewan di laut. Apalagi sekarang juga sudah ada game Seaworld Tycoon yang memudahkan para pengguna untuk merancang dan mendesain Seaworld versi mereka.

Seaworld Ancol

15. Atlantis Water Adventure

Sebagai kawasan wisata dan rekreasi terbesar di Asia Tenggara, Ancol terus dikembangkan dengan mendirikan beberapa objek wisata di Jakarta. Salah satunya adalah Atlantis Water Adventure (AWA), yang merupakan theme park kedua dengan luas 5 hektare. Adrenalin wisatawan juga diuji di tempat ini. Disini, pengunjung atau wisatawan bisa bertualang dalam 8 kolam utama, yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, Kiddy Pool.

Atlantis Water Adventure

16. Taman Ismail Marzuki

Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki yang populer disebut Ismail Marzuki (TIM) merupakan sebuah pusat kesenian dan kebudayaan yang berlokasi di jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Di sini terletak Institut Kesenian Jakarta dan Planetarium Jakarta. Selain itu, TIM juga memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop. Acara-acara seni dan budaya dipertunjukkan secara rutin di pusat kesenian ini, termasuk pementasan drama, tari, wayang, musik, pembacaan puisi, pameran lukisan dan pertunjukan film. Berbagai jenis kesenian tradisional dan kontemporer, baik yang merupakan tradisi asli Indonesia maupun dari luar negeri juga dapat ditemukan di tempat ini. Nama pusat kesenian ini berasal dari nama pencipta lagu terkenal Indonesia, Ismail Marzuki.

Taman Ismail Marzuki

17. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005. Karena hewan-hewan yang ada di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung. Namun dibuka kembali pada tangga 11 Oktober 2015.

Kebun Binatang Ragunan

18. Kota Tua

Kota Tua Jakarta juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah objek wisata di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memilliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Dijuluki Permata Asia dan Ratu Dari Timur. Pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Kota Tua

19. Ocean Dream Ancol

Sebagai wahana wisata yang menawarkan wisata air bagi keluarga, tentu saja objek wisata di Jakarta yang satu ini melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas dan akomondasi yang cukup hebat. Dan satu hal yang pasti, tempat ini memiliki koleksi keluarga yang cukup banyak dan sangat seru. Selain wahana permainan, tempat ini sangat dikenal dengan aktivitas air yang sangat seru. Seperti misalnya berbagai pertunjukan keterampilan satwa air dan lain sebagainya.

Ocean Dream Ancol

20. Taman Menteng

Pada Taman Menteng tersebut terdapat sekitar 1000 pohon dari 30 jenis tanaman hias yang sudah ditanam sebagai penghijauan di tengah kota. Pemilihan semua tanaman berdasarkan pertimbangan tentang konsep taman sebagai sarana penyerapan polusi sehingga disesuaikan dengan karakter tumbuhan dalam penyerapan udara. Selain itu, dipilih juga tanaman yang tidak membahayakan manusia yaitu tumbuhan yang tidak bergetah dan beracun.

Taman Menteng

21. Ocean Ecopar

Ocean Ecopark terletak di kawasan wisata taman Ancol, objek wisata di Jakarta ini merupakan tempat wisata dengan konsep alam terbuka yang memiliki luas lahan hampir 30 hektar. Di dalam tempat wisata edukasi ini akan memberikan nilai edukasi dan petualangan dengan tema pendekatan green lifestyle. Sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena dapat dijadikan ruang terbuka untuk mengeksplorasi mengenai pengetahuan botani dan tempat belajar yang menyenangkan.

Ocean Ecopark

22. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni yang terletak di Ancol ini adalah pusat kesenian dan kerajinan yang siap menyajikan inspirasi dan juga menambah wawasan serta informasi kepada para penikmat dunia seni. Baik itu lukisan, pahat atau patung, karikatur hingga musik yang kerap menjadi tempat untuk bertemu para seniman dan musisi dengan menggelar aneka pameran. Acara-acara seni seperti musik Friday Jazz Night hingga acara arsitektur yang dihadiri oleh para arsitek ternama di Indonesia.

Pasar Seni Ancol

23. Gereja Katedral

Gereja Katedral Jakarta (nama resmi: Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming) adalah sebuah gereja di Jakarta. Gedung gereja ini diresmikan pada 1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu. Gereja yang sekarang ini dirancang dan dimulai oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Pro-vikaris, Carolus Wenneker. Pekerjaan ini kemudian dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit ketika Dijkmans tidak bisa melanjutkannya, dan kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, S.J. Vikaris Apostolik Jakarta.

Gereja Katedral

24. Plaza Indonesia

Plaza Indonesia diresmikan pada awal tahun 1990, terdiri dari empat lantai pertokoan kelas atas dengan luas 38.050 m2. Pusat perbelanjaan ini terletak di Bundaran Hotel Indonesia, tepatnya pada perantara jalan M.H. dan jalan Kebon Kacang Raya di kawasan bisnis utama Jakarta. Plaza Indonesia juga dilengkapi dengan hotel Grand Hyatt Jakarta, sebuah hotel bintang lima berlantai 28 yang resmi dibuka juga pada awal tahun 1990. Hotel ini memiliki lebih dari 300 kamar dengan desain modern minimalis, restoran-restoran eksklusif, dan fasilitas yang sangat lengkap.

Plaza Indonesia

25. Kelenteng Jin De Yuan

Kelenteng Kim Tek Le, atau yang lebih dikenal dengan Kelenteng Jin De Yuan, sudah dibangun sejak 1650. Kelenteng yang disebut-sebut sebagai yang tertua di Jakarta ini didirikan oleh seorang Letnan Tionghoa, Kwee Hoen dan awalnya dinamakan Koan Im Teng. Jin De Yuan juga dikenal sebagai salah satu dari empat kelenteng besar yang dikelola oleh Kong Koan atau Dewan Tionghoa. Mereka adalah Kelenteng Goenoeng Sari, Kelenteng Toa Peh Kong, Kelenteng Jin De yuan sendiri, dan Kelenteng Hian Thian Shang di Tanah Tandjoeng yang kini sudah musnah.Kelenteng Jin De Yuan

Pencarian Terbaru: