Tempat Wisata Museum Sri Baduga Bandung Yang Harus Anda Kunjungi

Bangsa yang besar yaitu bangsa yang mampu menjaga dan melestraikan sejarah asal usulnya dan. Tempat wisata bersejarah di kota bandung yang populer dengan nama Museum Sri Baduga Bandung. Ini adalah bukti kecintaan warga jawa barat ke turunan suku sunda khususnya yang mengabadikan. Sebuah bangunan bergaya suhunan yang panjang khas jawa barat. Dengan segala benda-benda pusaka sebagian harta tidak ternilai yang ada di dalamnya. kemanakah anda akan menghabiskan waktu liburan nanti ? Nah, jadi apabila sahabat ada yang hendak liburan ke tempat wisata Bandung. Kupasan berikut bisa jadi akan menjadi artikel yang menarik yang akan memberikan informasi. Salah satu destinasi berupa tempat bersejarah Museum Sri Baduga.

Museum Sri Baduga Bandung

Museum Sri Baduga Bandung

Museum Sri Baduga adalah salah satu museum yang terletak di ruas Jalan B.K.R. 185 atau jalan lingkar selatan dan sangat dekat lokasinya dengan lapangan bersejarah di Bandung yaitu lapangan Tegallega. Dan berdekatan pula dengan objek sejarah di kota bandung lainnya yaitu Monumen Bandung Lautan Api. Didirikan sejak awal tahun 1974. Bangunan museum sri baduga bandung yang berbentuk rumah panggung dengan suhunan panjang. Ini sangat menggambarkan rumah atau bangunan khas Jawa Barat.

Dan setelah beberapa kali dilakukan renovasi. Tempat wisata yang memiliki nilai sejarah ini sebelumnya adalah ditetapkan dengan nama Museum negeri Provinsi Jawa Barat. Hal itu merupakan salah satu hasil dari tahapan pertama pembangunannya yang selesai. Dan sekaligus diresmikan pada tanggal 5 juni 1980 oleh menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia Dr.Daud Yusuf. Dari renovasi pertama ini,design bangunan museum yang asli tetap dipertahankan. Sementara bagian yang lain sudah di design dengan arsitektur yang kekinian atau modern.

Keberadaan bangunan berserta isinya yang merupakan Peninggalan sejarah dan juga kebudayaan khas jawa barat. Yang mempunyai nilai sejarah dan pendidikan yang tidak ternilai harganya. Dewasa ini dijadikan salah satu tempat wisata sejarah di Bandung yang dapat Anda jadikan. Destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan di Bandung bersama keluarga. Bahkan Museum Sri Baduga ini bisa dikatakan sebagai sebuah tempat wisata bersejarah. Yang bernilai pendidikan yang sangat bagus untuk pengajaran akan ilmu pengetahuan sejarah Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Fasilitas Museum Sri Baduga Bandung

Dan sejak tahun 1989 hingga 1992, museum sri baduga Bandung yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya dan sejarah kota. Yang mana merupakan salah satu tempat yang diperuntukan bagi warga masyarakat sebagai tempat atau wahana. Dalam menunjang ilmu pengetahuan terutama bidang pendidikan. Serta rekreasi melakukan kembali renovasi secara bertahap untuk ruang pameran lantai 3. Di dalam bagian fungsinya sebagai museum terutama tata letak ruang pameran untuk memberikan kenyamanan buat pengunjung. Museum dan juga memudahkan pengelompokan fungsi dari ruangan museum itu sendiri.

Inilah fasiltas dari museum sri baduga yang terdiri dari 3 lantai bangunan museum yang. Bertujuan agar pengunjung museum atau wisatawan dapat memperoleh gambaran singkat tapi menyeluruh tentang perjalanan. Sejarah alam dan budaya masyarakat Jawa barat, corak dan ragamnya, serta fase-fase perkembangan serta perubahannya.

  1. lantai satu merupakan tampilan perkembangan awal dari sejarah alam dan budaya Jawa Barat. Dalam tata pameran ini digambarkan sejarah alam yang melatarbelakangi sejarah Jawa Barat. Antara lain dengan menampilkan benda-benda peninggalan buatan tangan dari masa Prasejarah hingga jaman Hindu-Buddha.
  2. lantai kedua meliputi materi pameran budaya tradisional berupa pola kehidupan masyarakat, mata pencaharian hidup, perdagangan, dan transportasi; pengaruh budaya Islam dan Eropa, sejarah perjuangan bangsa,dan lambang-lambang daerah kabupaten dan kota se-Jawa Barat.
  3. lantai tiga, memamerkan koleksi etnografi berupa ragam bentuk dan fungsi wadah, kesenian, dan keramik asing.

Latar Belakang Berdirinya Museum Sri Baduga Bandung

Museum Sri Baduga Bandung adalah museum yang berdiri di atas area lahan yang luas mencapai kurang lebih 8.500m2. Museum yang ada di tengah kota Bandung ini dekat dengan objek wisata belanja Cibaduyut  menjadi dua bagian museum. Yaitu bagian pertama untuk umum ( Publik Area ) yang meliputi bagian gedung pameran dan auditorium. Dan bagian ke dua adalah bagian bukan publik (non public area). Mencakup ruang perkantoran Kepala Museum, Sub Bagian Tata Usaha, Kelompok Kerja Bimbingan dan Edukasi. Kelompok Kerja Konservasi dan Preparasi serta Kelompok Kerja Koleksi (termasuk di dalamnya Gedung Penyimpanan Koleksi).

Sejarah berdirinya Museum Sri Baduga Bandung ini dimulai Tepat pada tahun 1990. Yang mana nama museum yang tadinya bernama Museum Negeri Provinsi Jabar ini. Melalui Kepmendikbud nomor 02223/0/1990 tanggal 4 April 1990 dilengkapi atau ditambahkan dengan nama Sri Baduga. Yang diambil dari nama salah seorang raja Sunda yang bertahta di tatar Pakuan Pajajaran sekitar abad ke-16 Masehi. Nama ini tertuang dalam prasasti Batutulis yang ada di kota Bogor. Secara lengkap tertulis SRI BADUGA MAHARAJA RATU HAJI I PAKWAN PAJAJARAN SRI RATU DEWATA.

Koleksi Museum Sri Baduga Bandung

Museum Sri Baduga bisa dikatakan memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis. Koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi. Tercatat secara keseluruhan Museum Sri Baduga memiliki tidak kurang dari 5.367 buah koleksi. Peninggalan bersejarah yang sangat tidak ternilai harganya. Jumlah koleksi tersebut tidak terbatas pada bentuk realia (asli). Tapi dilengkapi dengan koleksi replika, miniatur, foto, dan maket. Benda-benda koleksi tersebut selain dipamerkan dalam pameran tetap. Juga didokumentasikan dengan sistem komputerisasi dan disimpan di gudang penyimpanan koleksi.

Alamat, Jam Buka Dan No Telepon Museum Sri Baduga Bandung

  • Jl. BKR No.185 ( Lingkar Selatan ) kota Bandung, Jawa Barat Indonesia.
  • Untuk informasi terkini museum sri baduga seperti kegiatan. Reservasi dan info lainnya silahkan anda bisa menghubungi no telpon museum di : (022) 5210976
  • Selasa s/d Minggu 08.00 – 16.00 wib, dan hari senin Libu.

Harga Tiket Masuk Museum Sri Baduga Bandung

Untuk anda yang akan masuk ke museum sri baduga Bandung ini. Anda akan dikenakan harga tiket masuk objek wisata di bandung yang sangat murah, yaitu Rp.2500/orang. Dengan tiket sebesar itu maka anda sudah dapat menikmati berbagai koleksi bersejarah yang. Terdapat di dalam museum yang sangat bernilai sejarah sangat tinggi akan kebudayaan sebuah masyarakat jawa barat dan indonesia.

Pencarian Terbaru: