Obyek Wisata Pantai Muara Bendera Bekasi Yang Wajib Dikunjungi

Bekasi merupakan kota di dekat ibu kota yang ternyata memiliki kekayaan alam untuk dijelajahi. Kota ini memiliki kawasan pantai yang cukup terkenal, yaitu Pantai Muara Gembong di Kecamatan Muara Gembong. Sebenarnya, Kecamatan Muara Gembong itu sendiri memang berada di sekitar bibir pantai. Di sekitar sana bukan hanya ada Pantai Muara Gembong saja. Melainkan ada juga beberapa pantai lain yang masih sepi dari pengunjung. Salah satunya adalah Pantai Muara Bendera yang bisa dikunjungi dan dekat juga dengan Pantai Muara Beting. Berikut beberapa hal mengenai Muara Bendera yang mungkin bisa memberikan informasi bagi Anda.

Pantai wisata Muara Bendera adalah pantai yang memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Muara Gembong lainnya. Pantai ini memiliki karakteristik yang dekat dengan hutan mangrove. Sehingga bisa menjadi salah satu alternatif dari Wisata Alam Jabodetabek yang bisa dikunjungi. Bahkan sebagian kawasan dari pantai ini memang hutan mangrove di kawasan Muara Gembong. Keunikan dari pantai ini bukan hanya dari keberadaan hutan bakau yang ada. Melainkan juga dari kondisi alamnya yang masih sangat alami.

Keistimewaan Muara Bendera

muara bendera

Di pantai ini, akan sering ditemukan habitat satwa yang liar dan perlu dijaga eksistensiannya. Salah satu satwa liar yang dilindungi adalah kera ekor panjang atau lutung hitam. Jika kamu beruntung, pemandangan kera ekor panjang atau lutung hitam itu bisa didapati di dalam hutan mangrove. Selain kera, ada juga habitat burung-burung yang bermigrasi dari Samudera Pasifik dan Laut Cina Selatan. Burung-burung itu akan sering terlihat pada antara bulan September hingga bulan Februari. Tentunya pemandangan ini akan menjadi pemandangan yang langka, karena saat ini tidak semua pantai akan disinggahi burung-burung yang bermigrasi.

Ketika berkunjung ke Pantai Muara Bendera, kamu juga akan merasakan suasana yang cukup berbeda. Karena seperti yang dijelaskan di atas, pantai ini masih sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Kecamatan Muara Gembong. Pantai ini belum memiliki fasilitas lengkap dan terbilang menjadi salah satu Tempat Wisata Murah di Jabodetabek bahkan gratis. Suasana hutan mangrove yang segar dan hijau juga akan menenangkan pikiran dan melepaskanmu dari penatnya hiruk pikuk perkotaan. Bahkan, jika beruntung, kamu yang berkunjung ke sana bisa merasa seperti berada di pulau pribadi.

Obyek Wisata di Muara Gembong

Selain pantai Muara Bendera, ada beberapa Tempat Wisata di Bekasi lainnya yang bisa dikunjungi sekaligus. Sehingga saat berwisata ke kawasan Muara Gembong, Anda bisa mendapatkan pengalaman di beberapa tempat wisata sekaligus. Berikut beberapa objek wisata di sekitar Muara Gembong.

  • Pantai Muara Beting – Pantai yang berada di Desa Pantai Bahagia. Yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Muara Gembong. Pantai ini sudah memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap sehingga bisa memberikan alternatif wisata yang lebih baik.
  • Pantai Muara Gembong – Pantai ini juga merupakan pantai wisata di Kecamatan Muara Gembong. Lokasinya berada di Desa Pantai Sederhana. Pantai ini juga memiliki hutan mangrove yang dihuni oleh beberapa satwa liar. Ada juga tambak udang dan rumput laut milik para nelayan sekitar.
  • Pantai Mekar – Pantai yang dekat dengan muara sungai. Di pantai ini, wisatawan bisa naik perahu dan berkeliling. Lokasinya berada di Desa Pantai Mekar. Ada fasilitas wisata seperti gazebo dan lokasi untuk memancing.
  • Hutan Mangrove Muara Gembong – Seperti yang dijelaskan di atas, kawasan Muara Gembong memiliki area hutan mangrove yang cukup luas. Para wisatawan bisa menyusurinya dan juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri kawasan hutan mangrove tersebut.

Aktivitas Di Muara Bendera

Aktivitas wisata apa saja sih yang ada di pantai muara bendera ini? Oke kita akan membahasnya, jadi aktivitas di Pantai Muara Bendera ini sendiri bisa dibilang tidak cukup banyak. Karena di sana memang belum ada fasilitas wisata yang lengkap. Akan tetapi, tetap ada hal-hal seru yang bisa dilakukan di sana sehingga kegiatan wisata kamu tetap akan berjalan dengan baik. Berikut ini ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai tersebut.

1. Piknik

Karena di pantai ini memang belum ada penjual makanan dan minuman. Maka menikmati pantai dengan cara piknik akan menjadi sangat seru. Kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, lalu membuka tikar dan makan bersama keluarga di tepi pantai. Lokasi ini cocok bagi kamu yang memang suka piknik. Namun, perlu diingat bahwa hindarilah membuang sampah sembarangan setelah makan.

2. Menikmati Hutan Mangrove

Kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang ada di sekitar Pantai Muara Bendera. Hutan mangrove di sana masih sangat alami. Dan harap berhati-hati juga karena di sekitar sana juga masih ada habitat buaya rawa.

3. Berenang Dan Bermain Air

Kamu yang berkunjung ke pantai ini bisa menikmati suasana pantai dengan cara bermain air atau berenang di tepian pantai. Walau di pantai ini tidak ada fasilitas wisata seperti wahana permainan air atau semacamnya. Melakukan kegiatan dengan menyusuri pantai atau bermain air di sana tetap akan mengasyikkan. Maka dari itu siapkan baju ganti untuk mendukung kegiatan seru ini, supaya perjalanan wisata tidak sia-sia.

4. Melihat Ubur-ubur

Di pantai ini ada habitat ubur-ubur. Anda bisa mencoba melihat habitat dari ubur-ubur tersebut. Dan hal ini jugalah yang perlu diwaspadai ketika berenang di tepi pantai. Jangan sampai kamu tersengat ubur-ubur karena akan bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Jika berwisata dengan anak kecil. Pastikan dulu bahwa area tersebut bebas ubur-ubur, baru setelah itu anak akan lebih aman ketika berenang di sana.

5. Memancing

Di pantai ini juga ada tempat pemancingan yang menarik untuk dicoba, terutama bagi kamu yang sangat suka memancing. Jenis ikan yang biasa didapatkan oleh para pemancing. Adalah ikan baronang, ikan blanak, ikan kropak, ikan kakap, dan ikan gabus bloso. Dan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan ikan kakap putih.

Lokasi Muara Bendera

Pantai Muara Bendera adalah Tempat Wisata yang tidak Jauh dari Jakarta. Yaitu tepatnya berada di dekat Pantai Muara Beting dan Pantai Muara Gembong, yaitu di Desa Pantai Bahagia. Sehingga untuk mencapai ke sana, Anda bisa datang langsung ke kawasan wisata Kecamatan Gembong Bekasi. Jaraknya dari pusat kota Bekasi adalah kurang lebih 30 kilometer. Jika dari kota Bekasi, kamu bisa berkendara melewati Babelan. Jika dari arah Kabupaten Bekasi, berkendaralah melewati Cikarang atau Tambun. Untuk kamu yang berasal dari Jakarta, berkendaralah menuju ke kawasan marunda. Lalu ikuti saja papan penujuk arah ke Muara Gembong.

Sekian informasi mengenai Obyek Wisata Pantai Muara Bendera Bekasi Yang Wajib kamu kunjungi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!