Tempat wisata Sejarah Menara Kuala Lumpur Malaysia

Menara Kuala Lumpur Surabaya ialah sebuah menara yang terletak 515 meter dari atas laut dengan ketinggian 421 meter. Menara ini yang terletak di kemuncak Bukit Nanas 94 m dari atas laut. Menara ini yang telah di rasamika oleh Bekas Perdana Menteri Malaysia. Yaitu Tun Dr. Mahathir bin Mohammad pada 1 oktober 1996, menara yang merupakan bangunan komunikasi ketujuh tertinggi di dunia. Menara ini digunakan untuk memperlancar komunikasi dan seperti menara-menara tinggi lainnya, menara ini juga menyediakan dek pengamatan.

Baca juga tempat wisata malaysia Legolan

Sejarah Menara Kuala Lumpur Malaysia

Tempat Wisata di Malaysia Menara Kuala Lumpur

Pembinaan Menara Kuala Lumpur Malaysia yang di laksanakan dalam 3 fase pembinaan. Fase yang pertama di mulai pada bulan Oktober 1991 hingga 15 Ogos 1992. Sedangkan fase ke dua mulai pada 12 Juli 1992 dengan pembina di tumpukan pada tapak menara dan tingkat bawah tanah. Kerja-kerja asas pembinaan dan aktiviti penanaman cerucuk selesai pada 15 April 1993. Menara ini di bina bersebelahan sebatang popok jelutong berusia lebih 100 tahun. Pada tahun 1996 ia siap di bina, menara ini yang merupakan menara tertinggi di Asia.

Menara ini yang termasuk 4 besar tertinggi di dunia ini menghabiskan dana sekitar Rp. 267.5 miliar. Menara Kuala Lumpur yang tingginya 421 meter ini yang merupakan Menara Tertinggi keempat. Di dunia setelah CN Tower in Canada (553 meter). Ostankino Tower in Rusia (540 meter) dan Shanghai Tower in China (468 meters) menjadi ikon pariwisata negeri melayu. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Malaysia hanya untuk menyaksikan Menara Kuala Lumpur dari dekat saja.

Peresmian Menara Kuala Lumpur Malaysia

Menara Kuala Lumpur setinggi 421 meter ini dibangun sejak tahun 1994. Dan diresmikan penggunaannya oleh Perdana Menteri Mahathir Muhamad pada september 1996. Selain karena ketinggiannya Menara Kuala lumpur ini juga mempunyai sejumlah keunikan lain diantaranya. Kontruksi bangunan yang dirancang begitu rupa sehingga jika di goyang gempa bumi menara jangkung ini ibarat pohon. Yang lentur mengikuti arah tiupan angin atau gempa sejauh 1,5 meter dari puncaknya.

Menara Kuala lumpur dibuat dengan pondasi dengan kedalaman 117 meters dan membutuhkan. Semen sekitar 7.100 M3 dalam waktu 2 minggu secara terus menerus untuk menuangkannya. Dengan luas lantai 7.700 M2 menara ini terbagi atas 3 bagian utama yaitu. Pondasi, Badan dan Kepala Menara. Dengan desain puncak menara. Yang berbentuk Nenas di ilhami oleh nama kawasan Bukit Nenas, tempat menara didirikan.

Bagian luar dan dalam puncak menara diberikan sentuhan ukiran islami yang dibuat oleh para seniman Timur Tengah. Ya, jadi Menara ini yang sangat indah telah di rancang oleh Ir. Achmad Moerdijat alumni ITB. Ia putra ibu pertiwi yang telah menggemparkan dunia internasional dengan maha karyanya itu. Ir. Achmad Moerdijat pernah mengatakan bahwa.” Saya bangga menjadi bangsa Indonesia, Karenanya walaupun saya sudah 14 tahun bekerja. Dan menetap di Malaysia, Kewarganegaraan saya tetap Indonesia dan saya tidak akan pernah merubahnya”.

Menara yang menjadi atraksi turis pada umumnya, menara KL juga memiliki Observation Deck di Ketinggian 276 m. Lebih tinggi 100 m dari pada Skybridge di menara Kembar Petronas. Ada teropong yang bisa dipakai untuk melihat pemandangan. Tempat ini buka 365 hari dalam setahun alias tidak pernah tutup! Jam bukanya pukul 09.00-22.00. Yang berada di Atmospher 360 pada ketinggian 282 m. Mengamati dengan jelas pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian 276 meter menggunakan teropong. Untuk itu Anda dibanderol 52 Ringgit Malaysia atau setara Rp 168.000.

Observation Deck

Untuk anda yang ingin merasakan makan sambil berputar silakan mampir di Revolving Restaurant. Bersantap dari ketinggian 282 meter dan melihat pemandangan Kuala Lumpur tentu memberi sensasi yang berbeda. Jika ingin bersantap di Revolving Restaurant, Anda dibanderol harga 60.90-207.90 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 197.000 sampai Rp 300.000.

Kompleks Menara KL juga memiliki XD Theater (6D Motion Simulated Thrill Ride), Blue Coral Aquarium. (Bisa melihat aneka macam makhluk laut) F1 Simulator Zone (bisa merasakan jadi pembalap F1), dan banyak lagi atraksi lainnya.

Yang sangat terbaru di buka pada bulan april 2016 lalu adalah. Sky Box yang berada di Sky Deck pada ketinggian 300 m. Posisi boks kaca ini yang menjorok keluar dari pinggiran sky deck. Dan selain dinding, lantainya yang terbuat dari kaca bening. Dan rasakan ketika berdiri seolah – olah mengambang tanpa landasan di atas ketinggian dengan pemandangan keramaian kota di bawah sana. Ada dua Sky Box yang disediakan oleh KL Tower untuk para pengunjung. Harga masuk Sky Box satu paket dengan harga masuk KL Tower yakni 105 Ringgit Malaysia. Atau setara dengan Rp 340.000 per orang.

Baca juga pulau perhentian