Tempat Wisata Menara Kembar Petronas Malaysia

Menara kembar petronas yang telah memegang rekor selama 6 tahun berturut-turut. Sebagai menara tertinggi di dunia pada periode 1998 – 2004 setelah mengalahkan Willis Tower. ( Dulu sangat di kenal Sears Tower) yang berada di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Menara kembar petronas ini yang memiliki total 88 lantai tinggi 452,9 m dan 40 lift atau eskalator/menara. Namun di tahun 2005, Menara kembar harus mau turun peringkat. Karena di kalahkan olh taipei rela turun peringkat karena di kalahkan oleh taipai 101 per tahun

Tempat wisata di malaysia Menara kembar petronas

Menara kembar Petronas adalah dua buah gedung Pencakar langit kembar di kuala lumpur Malaysia. Yang sempat menajdi gedung tertinggi di dunia terlihat daru tinggi pintu utama ke bagian struktur yang sangat tinggi. Menara tersebut yang di rancang dan di bangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects. Dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat. Dengan desain interior yang merefleksikan budaya islam yang mengakar di Malaysia.

Baca juga: Bukit rimpi Kalimantan

Pembangunan Menara Kembar Petronas Malaysia

Pembangunan menara ini mulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 351,9 meter (1483 kaki). Sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II yang lebih dahulu seselai pembangunannya adalah Tower II. Yang di kerjaakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai di bangun dari pada Tower I.

Namun sayangnya pada tanggal 17 Oktober 2003 rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1998. Di kalahkan oleh gedung Taipei 101, akan tetapi menara kembar petronas tetap memegang gelar sebagai menara kembar tertinggi di dunia. Cesar Pelli juga merancang gedung Miglin-Beitler Skyneedle (atau disebut pula Miglin-Beitler Tower) setinggi 609,58 m. Di Chicago Amerika Serikat yang selesai pada tahun 1988 yang tampak memiliki kemiringan dengan Menara Pereonas.

Menara kembar petronas yang berdiri setinggi 452 meter atau 1483 kaki di hitung sampai paling atas. Bentuk lantainya yang berupa dua buah persegi yang berpotongan membentuk. Bintang berujung delapan dan pada tiap titik perpotongannya di tambahkan sepotong lingkaran. Desain Cesar Pelli ini menggunakan motif yang lazim di gunakan. Dalam seni islam mengingat budaya islam sudah menjadi ciri khas Malaysia.

Di antara kedua menara tersebut, di bangun sebuah jembatan (Skybridge atau Jejantas Udara). Yang menghubungkan keuda menara pada lantai 41 dan 42, jembatan ini adalah tujuan kunjungan turis. Yang datang ke Menara Petronas dengan jumlah tiket yang terbatas (sekitar 1200 buah). Dan selain itu jembatan ini juga di gunakan untuk evakuasi apabila terjadi keadaan darurat di sebuah menara. Sehingga penghuninya bisa pindah ke menara yang sangat aman. Sebagaimana bangunan tinggi lain, menara PETRONAS pun bisa bergoyang bila di terpa angin. Sehingga pembangunan jembatan tidak di pasang secara kaku pada kedua menara.

Pembangunan Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas yang sudah di rancang arsitek Cesar Pelli dari Argentina selesai di bangun pada tahun 1998. Setelah menghabiskan waktu tujuh tahun, menara ini menjadi bangunan tertinggi di dunia sewaktu di resmikan. Menara ini di bangun di atas fondasi pacuan kuda kuala lumpur. Kedalam batuan dasar menjadikan batuan dasar yang menjadi bangunan ini di bangun dengan fondasi paling dalam di dunia. Fondasi sedalam 120 meter itu memerlukan sejumlah beton yang tidak sedikit untuk. Di bangun dalam waktu 12 bulan (1 tahun) oleh Bachy Soleyanche.

Menara setinggi 88 lantai ini sebagian besar di bangun dari beton bertulang dengan eksterior bangunan. Dari baja dan kaca yang di rancang menyerupai motif kesenian islam yang merancang agama islam di Malaysia. Pengaruh seni islam lainnya dalam bangunan adalah penampang lintang kedua menara yang berbentuk Rub al-hizb. Di tambah dengan bagian bundar untuk memenuhi keperluan ruang kantor. Manara 1 di bangin oleh konsorsium Jepang yang di pimpin oleh Hazama Corporation sementara menara 2. Di bangunan oleh dua kontraktor Korea Selatan yaitu Samsung C&T dan Kukdong Engineering & Construction. Jembatannya pun dikerjakan oleh Kukdong.

Dikarenakan kekurangan baja serta biaya pengimporan baja yang mahal, menara kembar ini. Dibangun dengan beton bertulang yang sangat kukuh berdesain radikal yang lebih murah. Beton yang sangat kukuh di kenal oleh banyak kontraktor Asia. Dan dua kali lebih efektif yang mengurangi guncangan di bandingkan baja. Akan tetapi bangunan ini menjadi dua kali beratnya pada fondasi dibandingkan bangunan baja sejenisnya. Didukung oleh inti beton 23 X 23 meter, dan di lingkaran luar dengan tiang penopang super berjarak lebar. Menara menara ini menggunakan sistem struktur canggih yang sesuai dengan profil bangunannya yang ramping. Serta menyediakan ruang kantor tanpa tiang seluas 560000 meter persegi. Di bawah menara kembar ini terdapat pusat perbelanjaan Suria KLCC dan Dewan Filharmonik Petronas.

Jembatan Udara

Terdapat sebuah jembatan udara yang menghubungkan kedua menara di lantai 41 dan 42 yang menjadikannya jembatan dua lantai tertinggi didunia. Jembatan ini tidak di pasang langsung pada struktur utama, sebaiknya di rancang. Untuk bergeser ke dalam dan keluar menara agar tidak patah akibat angin kencang atau pergerakan lempeng seismik. Hal ini untuk mengendalikan akumulasi tekanan berlebihan yang terjadi di bagian tengah jembatan. Karena jika jembatan ini di bangun begitu dekat dan terlalu menekan ke struktur menara. Perpindahan tekanan menyebar di sekitar jembatan yang akhirnya menciptakan fenomena “Jembatan Tertekan”. Yang dapat menyebabkan jembatan runtuh dengan mudah. Jembatan ini terletak 170 meter (558 ft) dari permukaan jalan. Dan panjangnya 58,4 meter (192 ft), sedangkan beratnya 750 ton (750000 kg).

Jembatan udara Petronas juga diperkuat lagi dengan 2 kaki “busur tergantung” yang setiap sisinya berpasangan. Panjang setiap satu kaki adalah 51 meter yang terkunci ke lantai 29 pada masing – masing menara. Setelah di bangun di darat jembatan udara di angkat ke tempat di menara selama tiga hari. Pada bulan juli 1995, alih – alih langsung terhubung ke menara jembatan udara. Yang dapat begeser atau tergolong ke dalam dan ke luar, untuk mengimbangi efek dari angin. Yang terletak di lantai 41 dan 42 jembatan udara menghubungkan ruang kenferensi ruang makan eksekutif dan ruang sembahyang.

Kunjungan Jembatan

Lantai 41 dan 42 yang juga di kenal sebagai podium, karena para pengunjung. Yang ingin ke lantai lebih tinggi harus berganti lift di sini. Jembatan ini terbuka untuk semua para pengunjung yang ingin mengunjungi jembatan. Untuk pengunjung yang mau mengunjungi jembatan untuk tujuan rekreasi harus memperoleh tiket dan pas kunjung. Pada awalnya tiket yang di keluarkan adalah gratis akan tetapi untuk menjaga kualitas dan standar sistem. Pemeliharaan jembatan dan anjungan pemandangan yang tampaknya membutuhkan biaya yang semakin tinggi.

Para pengunjung di anjurkan untuk berada pada pukul 06.00, karena loket hanya mulai beroperasi pukul 08.30 setiap hari. Kecuali pada hari senin, waktu keberangkatan pertama itu akan di mulai pada pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 19.00. Pengunjung bebas memilih waktu kunjungan pada hari tersebut tergantung ketersediaan tempat wisata Malaysia. Biasanya tiket yang diberikan akan habis dijual oleh pihak manajemen Jembatan Petronas pada pukul 09.30 pagi. Hanya tiket yang dikembalikan atau tiket penjualan langsung untuk perjalanan hari ketiga. Dari hari ketika beroperasi akan terus dijual sampai loket ditutup pada pukul 17.00.

Para pengunjung hanya diperbolehkan berada di lantai 41 karena lantai 42 hanya di buka kepada staf penghuni bangunan. Atas dasar kemampuan jangkauan muatan, lift hanya bisa membawa 20 orang pengunjung dalam satu waktu ke jembatan. Lift ini adalah lift berkecepatan tinggi yang bergerak hanya 41 detik ke podium jembatan. Maka pengunjung perlu menunggu di ruang tunggu yang disediakan oleh manajemen. Ruang tunggu menyediakan fasilitas teater, video DVD pembangunan menara. Panel informasi, pusat penyortiran barang, loker penyimpanan barang dan beberapa fitur lain. Pengunjung akan dibawa mengunjungi jembatan selama 15-20 menit dengan ciri tag warna tertentu.

Harga Tiket Penjualan

  • Anak-anak (3—12 tahun): RM.35,00 (bukan warga Negara Malaysia) RM.15,00 (warga negara Malaysia).
  • Dewasa (13—60 tahun): RM.85,00 (bukan warga negara Malaysia), RM.30,00 (warga negara Malaysia).
  • Lansia (61 tahun dan ke atas): RM.45,00 (bukan warga negara Malaysia) RM.15,00 (warga negara Malaysia)

Anjuran pemandangan terletak di lantai 86 menara 2 petronas. Perjalanan ke sana memerlukan waktu 86 detik dari ruang keberangkatan. Pengunjung yang memilih paket 2 sering di beri kesempatan hingga 45 menit. Untuk menyelesaikan kunjungan untuk jembatan udara dan anjungan pemandangan.

Baca juga: Pantai Amal Kalimantan

Peristiwa Penting Menara

Ribuan orang berhamburan keluar dari gedung setelah menerima telepon ancaman bom pada tanggal 12 September 2001. Sehari setelah serangan 11 September menghancurkan menara kembar World Trade Center di New York. Regu penjinak bom dikerahkan akan tetapi tidak menemukan bom di kedua menara Petronas setelah mengevakuasi. Para pembeli dan pengunjung diizinkan masuk kembali tiga jam kemudian pada tengah hari. Tidak ada seorang pun yang terluka dalam langkah evakuasi tersebut.

Pada tanggal 4 November 2005 tengah malam yang terjadi kebakaran di kompleks bioskop. Di pusat perbelanjaan Suria KLCC di bawah Menara Kembar Petronas. Tidak di laporkan adanya korban ketika itu kedua menara hampir kosong. (Kecuali Suria KLCC yang di isi pengunjung bioskop dan pelanggan restoran).

Pada tanggal 1 September 2009 pagi, ahli pemanjat bangunan dari Prancis, Alain “Spiderman” Robert. Yang berhasil memanjat sampai ke puncak Menara Kembar dengan hanya mengandalkan tangan. Dan kaki tanpa kelengkapan keamanan dalam waktu tidak lebih dari dua jam. Setelah dua percobaan sebelumnya terhalang oleh polisi di tengah – tengah menara. Pada 20 Maret 1997 pihak polisi menangkap dia di lantai 60:20 lantai lagi sampai ke puncak. Percobaan keduanya pada 20 maret 2007 genap 10 tahun. Kemudian sekali lagi terhalang di lantai yang sama (tetapi di menara yang satu lagi).