Menikmati Keindahan Tempat Wisata Mata Air Cipelang Sumedang

Banyak sekali orang yang mengetahui bahwa Sumedang ini sangat lekat dengan jajanan ringan yaitu Tahu Sumedang. Kuliner Sumedang ini memang sangat mainstream, anda bisa menemukan di setiap persimpangan jalan saat anda ada di sini. Setelah Situ Cilembang ini terkenal dan kini kembali tempat wisata yang sedang hits. Destinasi objek wisata baru ini yang bernama dengan Mata Air Cipelang Sumedang. Yang berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Mata Air Cipelang Sumedang ini yang terletak di hilir sungai sehingga aman untuk di gunakan sebagai tempat pemadian atau berenang. Sumber mata air cipelang Sumedang ini juga sering di gunakan warga untuk mandi dan kebutuhan lainnya. Sementara di bagian hulu air yang bersumber dari mata air ini langsung di alirkan ke pipa – pipa warga.

Mata Air Cipelang Sumedang

Untuk di jadikan sumber air minum dan kebutuhakn rumah tangga. Mata Air Cipelang Sumedang ini yang berjarak 46,1 Km dari exit tol Cileunyi. Jika ditempuh dengan lalulintas yang lancar diperkirakan berkisar antara 70 hingga 100 menit. Beberapa sumber mata air memang meberikan kesan dingin di kulita saat pertama kali merasakannya. Akan tetapi anda bisa merasakan kesegaran luar biasa karena air. Yang berasal dari mata air ini benar – benar bersih dan man untuk dikonsumsi langsung. Sumber mata air cipelang Sumedang ini yang berada di kaki gunung Tampomas. Lokasinya memang berada di tengah pepohonan yang sangat rindang. Segingga suasannya memang sangat segar dengan udara yang khas kaki pegunungan. Lokasi mata air cipeleng Sumedang ini sangat berdekatan dengan Kantor Desa Cimpamekar Sumedang. Untuk akses ke sirah Cipeleng ini memang akan lebih mudah sekali jika menggunakan roda dua.

Alamat Mata Air Cipelang Sumedang

Mata Air Cipelang ini berada di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Mata Air Cipelang Sumedang

Tujuan utama adalah mengunjungi Sumedang, lalu anda mengarah kendaraan menuju perempatan Cimalaka. Setelah tiba di perampatan Cimalaka, kemudian anda arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Dari tempat tersebut tinggal mengikuti jalan menuju Kecamatan Conggeang Desa Cikamekar. Kurang lebih sekitar 3 km daru pertigaan Legok menuju Desa Cipamekar. Patokan yang mudah dengan mengunjungi Bank BRI yang berada di Desa Cipamekar. Gapura Desa Cipamekar yang berada di samping samping Bank BRI Cipamekar. Tidak jauh dari Bank BRI terdapat Alfamaret yang bisa anda datangi untuk membeli minuman dan makanan.

Tips Dan Panduan Menuju Mata Air Cipelang Sumedang

  • Jika kalian dari Jakarta, sebaiknya menggunakan jalur tol Cikampek lanjut ke Cipali dan keluar di Exit Tol Cikedung.
  • Jika dari Bandung kalian bisa keluar di Exit Tol Cileunyi kemudian ambil arah ke Sumedang. Pastikan kalian melewati Kampus UNPAD dan ITB di Jatinangor.
  • Bawa perbekalan dari rumah karena di destinasi mata air Cipelang belum banyak warung yang menjajakan makanan.
  • Bawa peralatan mandi dan sebaiknya sudah menggunakan pakaian renang dari rumah karena tidak ada tempat untuk berganti pakaian. Siapkan kamar ganti darurat misalnya di kendaraaan kalian.
  • Dari arah Bandung medan menanjak dan berkelok, jadi pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang fit.

Fasilitas Mata Air Cipelang Sumedang

Meskipun tenmpat ini sangat terkenal akan tetapi mata air ini belum memiliki fasilitas yang sangta lengkap. Karena mata air ini bukanlah sebuah tempat wisata Sumedang yang resmi. Yang di kelola oleh pemerintah akan tetapi hanya di kelola secara swadaya oleh warga sekitar. Meskipun belum terlalu ramai seperti tempat wisata yang berada di Sumedang. Akan tetapi tempat ini cukup terawat dan warga sekitar pun telah menyediakan beberapa fasilitas. Seperti tempat parkir, toilet dan tempat mengganti pakian, mushola dan saung untuk beristirahat.

Mata Air Yang Jernih

Mata air yang mengalir di tempat ini di tampung dalam sebuah penampung yang mirip sebuah kolam renang mini. Ditempat ini juga warga sekitar sering sekali di gunakan untuk keperluan mencuci. Mandi hingga berenang bagi anak – anak kecil kampung sekitar. Airnya yang jernih layaknya seperti air minum mineral kemasan menjadikannya. Sebagai tempat wisata yang murah – meriah bagi warga kampung dimana mata air ini berada. Selain berada dekat dengan perkampungan, mata air ini juga berada di tengah sawah.

Serta perternakan milik warga, selain bisa menikmati keindahan alam yang sangat hijau. Anda juga bisa menikmati segernya udara yang khas pedesaan yang alami dan sejuk. Yang unik lainnya dari tempat ini adalah hadirnya ikan – ikan kecil dan besar. Yang hidup di dalam kolam mata air cipelang Sumedang. Selain bisa berennag airnya yang jernih ini. Anda juga bisa berfoto underwater bersama ikan – ikan layaknya di Umbul Ponggok Klaten. Jangan lupa baca juga tempat wisata curug ciputrawangi Sumedang

Mata Air Cipelang Sumedang

Seperti dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah mata air. Mata air yang berada di tempat ini keluar dari sebuah bukit kecil diantaranya rimbunnya pepohonan. Yang ada di sekitar mata air ini dan kini di gunakan sebgaai saluran irigasi. Yang berfungsi sebagai sumber air bagi perkampungan warga seperti keperluan (Mandi, Cuci, & Kakus). Selain itu sumber dari mata air ini berfungsi sebgai sumber air bagi pengairan perkebunan. Ladang dan peternakan kampung warga sekitar Mata Air Cipelang Sumedang.

Kesejukan Mata Air Cipelang Sumedang

Tempat yang bisa di sebut Sirah Cipelang ini memang masih alami dan mulai “terkuak” di kalangan para pelancong. Mata air Cipelang yang terdapat di lereng Gunung Tampoms memang menyajikan objek wisata yang penuh pesona. Mata air ini memiliki kedalam dua meter dan bagian hilirnya di buat penampung sekitar 10 meter. Mata air ini terdapat di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kab. Sumedang kesejukan air sangat alami ini memiliki daya tarik sendiri. Lokasi wisata ini memang di kelola seadanya oleh penduduk setempat. Terletak di hilir sungai mata air cipelang Sumedang ini yang menyajikan. kesejukan alam yang bisa menjadikan wisata andalan di Sumedang. Dengan yang berpatokan pada keseimbangan alam, tempat wisata ini semestinya sudah mulai di benahi.

Untuk tempat wisatanya sendiri memang aliran mata air nya yang di gunakan adalah bagian hilirnya. Untuk sirahnya tetap di jaga keadaanya. Begian sirah mata air ini bisa di gunakan warga Desa Cipamekar Kec, Conggeang Kab Sumedang. Air di bagian sirah dialirkan ke pipa – pipa warga untuk. Di jadikan sumber air minum dan kebutuhan rumah tangga untuk penduduk setempat. Mata pencarian penduduk Desa Cipamekar sebagian besar sebagai petani baik. Sebagai petani penggarap (buruh tani) maupun petani yang menggarap lahan sendiri. Lahan petani yang paling banyak berbentuk persawahan yang menghasilkan produk padi.  Daerah ini juga di kenal sebagai sentral lumpung padi di Sumedang. Selain berbentuk perswahan ada juga yang berbentuk perkebunan. Perkebunan utama penduduk Desa Cipamekar adalah perkebunan salah. Smentara Seni Budaya yang berkembang di Desa Cipamekar adalah Tari Jaipong dan Seni Kuda Renggong.

Harga Tiket Masuk air Cipelang sumedang

Karena tempat ini masih belum dikelola secara resmi oleh pemerintah kabupaten atau desa. Maka tempat ini belum memberlakukan sistem retribusi tiket bagi para pengunjung alias gratis. Mungkin suatu saat nanti, ketika tempat ini sudah semakin ramai dan perlunya biaya. Untuk perawatan dan pengadaan fasilitas maka tempat ini akan memberlakukan sistem tiket bagi pengunjung.

Pencarian Terbaru: