Pesona Masjid Agung Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya di bangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Namun karena krisis moneter pembangunan nya dihentikan sementara waktu. Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.

Mengenal Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) menjadi salah satu potret sosok masjid yang menjadi pilar aktivitas sosial. Masjid itu menjadi masjid terbesar di Indonesia, sekaligus yang mendampingi Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid Al Akbar berdiri di atas lahan seluas 11.2 hektar dan mulai dibangun pada 4 Agustus 1995. Ditandai peletakan batu pertama oleh wakil presiden Try Sutrisno. Pada 10 November 2000 masjid itu diresmikan Presiden KH Abdurrahman Wahid dan mampu menampung 30.000 jama’ah. Pemilihan 10 November sebagai hari peresmian karena merupakan identitas hari jadi Kota Surabaya sekaligus Hari Pahlawan. Pemilihan waktu peresmian tersebut juga bersama dengan hari jadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tim dari ITS merancang bangunan masjid tersebut.

Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang MAS adalah 22.300 meter persegi. Dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah. Kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter. Baca juga Masjid Raya Baiturrahman Aceh.

Arsitektur Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar memiliki 45 pintu. Tiap pintu terdiri dari dua daun pintu, masjid ini memiliki 90 daun pintu. Setiap pintu diukir dan dibuat dari kayu jati. Masing-masing memiliki lebar 1.5 meter dan tinggi 4.5 meter dengan berat mencapai 250 kilogram. Kusen terbuat dari rangka besi lapis kayu yang dihubungkan ke engsel maupun slot yang telah diselaraskan dengan struktur estetika masjid. Kolom masjid ini berbentuk sentrifugal (bulat) berdiameter 110 cm, 70 cm dan 60 cm. Lantai masjid berupa marmer dengan kualitas pilihan dari perbukitan di Provinsi Lampung. Lantai dirancang dengan ketinggian 3 meter dari permukaan laut.

Bentuk kubah mirip setengah telur dengan 1.5 pelapis yang memiliki ketinggian 27 meter yang menumpu pada bentuk piramida. Terpancung dalam 2 lapisan setinggi 11 meter dengan bentang tumpuan atau diameter 54 m x 54 m. Penutup kubah memakai pelat baja yang diwarnai lalu dipanaskan hingga 800º C, yang diharapkan mampu berfungsi 50 tahun lebih. Pelat baja yang sama juga dipakai di beberapa masjid raya, seperti Masjid raya Selangor di Syah Alam, Malaysia. Dinding masjid didominasi hiasan ornamen ukir dan kaligrafi. Di bagian atas masjid tepatnya dibagian dalam kubah masjid terdapat kaligrafi Al-Qur`an dengan panjang 180 meter dan lebar 1 meter.

Mimbar masjid setinggi 3 meter untuk mendukung kemantapan khutbah dengan sentuhan etnis dan hiasan ornamen Madura. Mimbar ini khusus dipesan dan dikerjakan perajin Madura. Di mihrab, relung imam, dan dinding utama ditempatkan rak Alqur’an berukiran anggung dan indah di semua penjuru masjid. Di serambi masjid terdapat sebuah bedug dan kentongan yang diukir secara khusus. Di halaman Masjid dibangun Plaza dengan konsep kesatuan antara estetika lingkungan dan berfungsi sebagai lapangan ibadah tertentu, seperti Shalat Ied. Luas Plaza lebih dari 520 meter persegi dengan bahan lantai “paving stone”

Lokasi Masjid Al-Akbar Surabaya

Lokasi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ini berada di kawasan Pagesangan, tepatnya di Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya. Lokasinya berada disisi jalan tol Surabaya – Malang, menjadikan Masjid Al-Akbar ini sebagai landmark kota Surabaya.

Fasilitas Masjid

Masjid Al-Akbar Surabaya ini pun terkenal dengan keadaan yang adem dan nyaman, sejuk serta menyenangkan. Fasilitasnya lengkap dan tersedia banyak toilet yang membantu para pengunjung untuk lebih mudah mengakses toilet dan tempat wudhu. Fasilitasnya antara lain Internet Akses, Parkir, Taman, Tempat penitipan sepatu/sandal, Ruang belajar (TPA/Madrasah). Aula serbaguna, Poliklinik, Perpustakaan, Kantor sekretariat, Soundsystem dan Multimedia, Pembangkit listrik/genset, Kamar mandi/WC. Tempat wudhu, Sarana Ibadah, Stasiun radio dan Menara.

Masjid Al-Akbar Surabaya selain untuk beribadah sangat cocok untuk wisata keluarga. Jika mampir kesini saat malam hari akan sangat ramai dan banyak penjual makanan disini. Tempat makan lesehan dan ada pasar disebelah barat pojok. Barang yang dijual pun murah meriah dan banyak macam nya.