Tempat Wisata Religi Masjid Agung Indramayu Yang Megah

Kabupaten Indramayu adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota nya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan. Sedangkan titik keramaian justru berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis. Hal ini, di karenakan di Jatibarang terdapat pusat pasar dan memiliki akses yang mudah. Seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api. Kabupaten Indramayu tentu nya memiliki banyak Objek Wisata. Selain berwisata di area pantai, Kabupaten ini juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung baik lokal maupun luar daerah. Salah satu Objek Wisata Indramayu yaitu Masjid Agung Indramayu . Letak nya berada di dekat Bundaran Mangga Indramayu.

Daya Tarik Objek Wisata Masjid Agung Indramayu

Masjid Agung Indramayu

Objek Wisata Masjid Agung Indramayu, Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Margadadi, Kabupaten Indramayu. Objek Wisata Masjid Agung Indramayu di Margadadi Indramayu Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan. Pada hari biasa maupun hari libur. Masjid ini sangat lah indah, dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Masjid ini merupakan kebanggaan masyarakat di kota Mangga tersebut. Bangunan yang berdiri kokoh ini, memiliki sejarah yang cukup memberikan rasa penasaran masyarakat. Baca juga tempat wisata taman cimanuk Indramayu dan tempat wisata pulau biawak Indramayu

Informasi Umum

Obyek Wisata Masjid Agung Indramayu di Margadadi Indramayu Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota indramayu tidak mengunjungi wisata religi yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut. Obyek Wisata Masjid Agung Indramayu di Margadadi Indramayu, Jawa Barat, memiliki pesona keindahan yang sangat menarik sekali jika di kunjungi. Sangat di sayangkan jika anda yang berada di daerah Indramayu melewatkan salah satu Objek Wisata religi ini. Karena Masjid Agung Indramayu yang sangat mempesona yang tidak ada dua nya. Objek Wisata Masjid ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Apalagi saat liburan panjang seperti liburan nasional, atau pun hari libur lain nya. Keindahan Objek Wisata Masjid Agung Indramayu di Margadadi, Indaramayu ini sangatlah baik untuk kalian semua yang berada di Indramayu. Atau pun di luar Indramayu untuk merapat mengunjungi objek wisata Masjid Agung Indramayu.

Sejarah Masjid Agung Indramayu

Pada masa kolonial Hindia Belanda pada tahun 1900-an, transportasi dan perdagangan di Kabupaten Indramayu. Pada era itu tertumpu di sepanjang aliran sungai Cimanuk. Melalui jalur itulah, tata niaga lokal terkonsentrasi, dan menjadi pusat perekonomian terpenting di kawasan pantura masa itu. Perdagangan beras dan komoditi pokok masyarakat lainnya. Seperti jagung, palawija, rempah-rempah dan masih banyak lagi yang lainnya. Tingginya intensitas perdagangan pada saat itu membuat sebagian besar warga pribumi yang beragama Islam saat itu tahun 1937. Berinisiatif gotong royong membangun sebuah langgar atau mushola yang sangat sederhana dengan ukuran kecil tepatnya terletak di tepi Sungai Cimanuk. Tujuan di bangun nya langgar tersebut untuk memberikan sarana beribadah bagi penganut agama Islam di kawasan tersebut.

Seiring perkembangan waktu, langgar kecil tersebut mulai dipugar. Dan dibangun secara gotong royong oleh masyarakat setempat. Sikap dermawan sang mualaf  Tiongkok membuat pribumi sangat menghormati nya. Dan menganggap Tjoe Teng sebagai penduduk pribumi. Tjoe Teng sering di sebut-sebut sebagai penggagas berdiri nya Masjid Agung Indramayu. Hal ini juga di amini oleh pengurus DKM Masjid Agung Indramayu. Bahkan riwayat pembangunan Masjid Agung Indramayu tidak terlepas dari peran Tjoe Teng . Yang menghibahkan tanah milik nya, dan membangun langgar menjadi Masjid ini. Hingga seperti sekarang ini. Selain mendapatkan bantuan dari Tjoe Teng, sang saudagar kaya, masyarakat sekitar pun turut membantu baik dengan tenaga maupun materi. Setelah di perluas dan di bangun secara gotong royong. Masjid ini pun berdiri cukup besar di jaman nya. Bahkan, Masjid Agung Indramayu menjadi pusat ibadah kaum muslimin dan muslimat. Bahkan setiap tahun nya, Masjid Agung Indramayu ini menjadi tempat salad ied bagi sebagian masyarakat Indramayu.

Daya Tarik Masjid Agung Indramayu

Objek Wisata religi ini merupakan tempat wisata yang harus di kunjungi. Karena pesona keindahan nya, yang tidak ada dua nya. Penduduk lokal daerah Indramayu juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Bagunan Masjid ini sangat kokoh dan megah serta keindahan nya yang membuat semua orang kagum melihat keindahan nya. Selain itu bukan hanya warga Indramayu yang datang ke Masjid ini. Akan tetapi banyak dari kota lain nya juga yang datang. Mereka datang ke Masjid ini untuk melakukan kewajiban orang Islam, yaitu melakukan sholat. Selain itu juga Masjid Agung Indramayu juga sering di jadikan sebagai pusat tempat wisata religi di kota Indramayu ini.

Fasilitas

Fasilitas yang di sediakan di Masjid Agung Indramayu, Jawa Barat bisa di bilang sebuah wisata religi. Yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya yaitu :

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi/MCK
  • Dan masih banyak lagi