Bebatuan Indah Di Tempat Wisata Lubang Sewu Wonosobo

Fakta membuktikan bahwa media sosial sangat ah berpengaruh pada perkembangan dunia pariwisata. Beberapa tahun belakangan, di berbagai wilayah bermunculan destinasi-destinasi wisata baru. Semula hanya lah tempat yang biasa-biasa saja. Dalam artian potensi nya yang belum terlihat. Lalu kemudian di garap, dan langsung terkenal. Dan menjadi viral di sosial media sebagai tempat wisata baru. Nah yang akan di bahas kali ini yaitu tempat wisata Wonosobo, Jawa Tengah. Salah satu di antara nya adalah wisata lubang sewu Wonosobo, yang terletak di Waduk Wadaslintang-Wonosobo, Jawa Tengah.

Lubang sewu Wonosobo ini di buka sebagai tempat wisata di tahun 2015. Kemunculan nya ini berada di peta Wonosobo bisa di bilang sangat baru sekali. Namun jika berbicara soal popularitas. Bisa di katakan Lubang Sewu saat ini jauh melampaui tempat-tempat wisata yang sudah lahir sebelum nya. Semua nya berawal dari foto-foto indah yang tersebar di media sosial. Tentu nya tempat wisata Wonosobo ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mengisi waktu liburan.

Sejarah Wisata Lubang Sewu Wonosobo

Lubang Sewu Wonosobo

Pada dasar nya lubang sewu Wonosobo adalah sekumpulan bebatuan di area waduk wadaslintang. Kenapa di nama kan lubang sewu Wonosobo mungkin memang karena banyaknya lubang-lubang kecil di bebatuan tersebut. Sehingga masyarakat sekitar waduk wadaslintang menyebut nya dengan lubang sewu. Bebatuan ini membentang cukup panjang di tepian bendungan. Pada tahun 2015 yang lalu lubang sewu Wonosobo mulai di kenalkan kepada para wisatawan lokal Wonosobo. Juga kepada para wisatawan dari luar Wonosonbo juga sudah banyak yang mengunjungi wisata lubang sewu Wonosobo. Yang sudah banyak yang mengunjungi wisata lubang sewu yang sangat indah.

Apalagi ketika waktu ketika matahari terbenam pemandangan akan semakin indah. Kawasan wisata lubang sewu ini sebenar nya sudah ada sejak jaman lama. Cuman memang dulu belum ada yang mengenalkan kepada masyarakat luas. Sehingga tidak sepopuler pada awal tahun 2015. Tempat ini dulu nya merupakan lokasi favorit bagi nelayan untuk mencari ikan. Karena di sekitar kawasan lubang sewu memang banyak ikan yang bersarang di lubang bebatuan. Menurut salah satu nelayan di bendungan wadaslintang. Selain karena tempat nya yang nyaman di kawasan lubang sewu ini terutama pada saat malam hari. Memang banyak ikan yang besar-besar seperti kan nila, lele, bandeng, mujair, gabus dan masih banyak lagi yang lain nya.

Lubang Sewu, Grand Canyon Mini Ala Wonosobo

Salah satu bagian dari tepian waduk ini adalah Desa Ororejo. Kecamatan Wadaslintang. Ada satu pesona yang tersembunyi yang ternyata tersimpan di tempat ini. Pada saat musim kemarau tiba, dan air waduk akan surut. Maka terlihat lah bongkahan batu-batu putih yang eksotik. Dengan banyak sekali lubang di permuakaan nya. Itu lah lubang sewu Wonosobo. Masyarakat menamai demikian karena begitu banyak lubang ada di batu-batu putih itu. Lubang sewu artinya lubang seribu.

Sejak awal, waduk wadaslintang adalah surga bagi para pemancing. Saat air waduk pasang, lubang -lubang bebatuan kapur adalah habitat yang menyenangkan bagi ikan. Saat musim kemarau tiba dan air waduk surut. Pesona nya semakin bertambah dengan bongkahan-bongkahan batuan alami. Yang bisa di bilang instragamble. Itu pula yang menjadikan alasan, tempat ini kerap menjadi lokasi foto pra nikah atau pre-wedding photo.  Batu-batuan alam yang berwarna putih indah ini juga yang menjadikan Lubang Sewu di juluki Grand Canyon mini ala Wonosobo.

Lokasi Lubang Sewu Wonosobo

Objek wisata lubang sewu Wonosobo merupakan kawasan wisata baru di Wonosobo. Yang lebih tepat nya berada di Dusun Juru Tengah, Desa Erorjo, Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Lokasi lubang sewu Wonosobo memang lah berada di perbatasan kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen, tepat nya di Bendungan Wadaslintang.

Rute Menuju Lubang Sewu Wonosobo

Dari Wonosobo membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Wonosobo. Atau sekitar 45 Km melalui jalur Sawangan Kaliowo Wadaslintang Desa Erorjo. Dari Kebumen membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari alun-alun Kebumen atau sekitar 35 Km. Melalui jalur Kawedusan lewat jalan PLTA Bendungan Wadaslintang Padureso/pintu masuk Waduk Wadaslintang Desa Erorjo. Nah, setelah sesampai nya di Desa Erorjo sudah terpampang jelas petunjuk arah ke wisata lubang Desa Erorjo. Bebatuan yang menyerupai karang yang terbentuk secara alami dan juga terletak berdampingan. Yang membentang panjang di sisi pinggir Bendungan Wadaslintang ketika air waduk Wadaslintang sedang surut.

Keunikan Lubang Sewu Wonosobo

Keunikan lubang sewu Wonosobo ini memiliki keunikan. Keunikan nya terletak pada batuan  yang ada di sekitar waduk tersebut. Keberadaan batu dengan bentuk berlubang dan terlihat berbentuk seperti memiliki pahatan ini sangatlah elok. Jika di pandang mata dan tidak jarang menarik para pencari gambar atau fotografer. Untuk kemudian dapat mengabadikan nya dalam lensa kamera. Meskipun demikian jika ingin menyaksikan nya. Maka cobalah untuk berkunjung di musim kemarau, ketika air waduk perlahan menyusut. Di momen tersebutlah, baru lah bisa menyaksikan batu-batu yang berbentuk unik seperti karang di lautan tersebut muncul ke permukaan.

Bagi yang mungkin berkesempatan mengunjungi kawasan Lubang Sewu Wonosobo ini ketika musim penghujan. Atau di luar musim kemarau mungkin akan kesulitan atau tidak akan melihat keberadaan batu tersebut. Namun para pengunjung akan tetap bisa menikmati keindahan waduk dengan menyewa perahu. Serta mengelilingi di seputaran waduk. Selain itu juga, para pengunjung akan bisa mengunjungi sebuah pulau yang berada di tengah waduk tersebut. Kegiatan lainnya yang mungkin bagi penggemar ikan dan memancing. Lokasi ini akan menjadi salah satu spot yang tidak boleh di lewatkan begitu saja.

Makna Lubang Sewu

Tempat wisata yang terletak di Desa Erorejo ini di sebut wisata alam Lubang Sewu. Lubang yang berarti ” Lubang “. Dan Sewu yang berarti ” Seribu “. Hal ini di karena kan wisata ini memiliki banyak bangunan. Dari batu gamping yang berada di dekat danau. Baca juga tempat wisata bukit seroja Wonosobo dan tempat wisata goa jaran wonosobo

Keistimewaan Wisata Lubang Sewu Wonosobo

Selain pesona alam lubang sewu. Disekitar lokasi destinasi wisata lubang sewu kita juga bisa menyaksikan para nelayan maupun pemancing dari berbagai daerah. Yang sedang menangkap ikan di waduk wadaslintang dan bisa membeli ikan hasil tangkapan dengan harga yang sangat murah. Di bandingkan di pasar, yang tak kalah fenomenal di lokasi wisata lubang sewu. Pada sore hari kita bisa menyaksikan tenggelam nya matahari di sisi barat.

Kuliner Khas Wisata Lubang Sewu Wonosobo

Biasanya para pengunjung tidak akan pernah lupa akan hal yang satu ini. Ya di sekitar wisata lubang sewu tersedia berbagai macam kuliner khas dari Desa Erorjo. Seperti soto ala pak Marijo yang berada di pinggir jalan raya pintu masuk wisata lubang sewu erorjo. Ada juga sruwet(ikan kecil di goreng kering lengkap dengan bumbu khas Desa Erorjo).

Pencarian Terbaru: