Touring Ke Tempat Wisata Leuwi Tonjong Garut Yang Mempesona

Tahun 2018, Garut kembali mendapatkan penghargaan. Ya, penghargaan untuk pesona dan juga keindahan salah satu Objek Wisata nya. Yaitu Leuwi Tonjong. Objek Wisata Garut, Leuwi Tonjong mendapatkan penghargaan sebagai juara kedua kategori surga tersembunyi. Sedangkan juara satunya di raih oleh Pulau kelelahan Madja, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Garut tak hanya terkenal dengan makanan yang sangat khas nya itu, Dodol. Namun Garut saat ini memiliki beberapa Objek Wisata, yang indah dengan panorama alam yang masih asri dan nyaman. Tentunya tempat wisata garut ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi nya.

Pesona Keindahan Leuwi Tonjong Garut Jawa Barat

Leuwi Tonjong Garut

Setelah meraih penghargaan sebagai ‘ Surga Tersembunyi Kedua ‘ terbaik kedua nasional oleh Kementrian Pariwisata ( Kemenpar ) RI beberapa waktu lalu. Objek Wisata Garut ini, terus di perbaiki, agar terlihat lebih menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan. Leuwi Tonjong yang berada di Kecamatan Cihurip, Garut, Jawa Barat ini. Berada di kawasan yang memang masih terbilang asing di telinga masyarakat setempat (Garut) sekalipun. Karena Objek Wisata Leuwi Tonjong garut ini, berada di bawah kaki gunung Gong. Keberadaan wisata alam yang baru saja ini masih menyimpan segudang pemandangan alam, Yang tak bisa di pungkiri keindahan nya. Leuwi Tonjong Garut menyuguhkan pemandangan yang sangat memanjakan mata anda.

Sehingga anda tak akan bosan untuk menatap keindahan di Leuwi Tonjong. Air terjun yang kecil dan kolam air alami. Dengan kedalaman yang relatif dangkal, merupakan ciri khas tersendiri bagi Leuwi Tonjong Garut ini. Banyak sekali para wisatawan yang datang langsung berenang atau sekedar bermain air Leuwi Tonjong Garut ini. Untuk kamu yang suka koleksi foto-foto keren dan kece. Pastinya cocok banget buat berkunjung ke salah satu Objek Wisata Garut ini. Leuwi Tonjong juga cocok untuk yang ingin berlibur bersama sang pujaan hati. agar bisa menikmati waktu bersama. Udaranya yang sejuk membuat siapapun terasa nyaman di tempat ini. Baca juga tempat wisata hutan mati kawah papandayan garut dan tempat wisata pantai santolo garut

Lokasi Leuwi Tonjong Garut

Akses menuju Leuwi Tonjong terbilang cukup sulit. Karena lokasinya yang masih tersembunyi. Beberapa kilometer sebelum sampai di lokasi, kalian harus menempuh jalanan yang banyak rintangan. Jalanan yang cukup sempit, curam, menanjak, dan juga berbatu. Apalagi saat musim hujan tiba, jalan akan licin jadi sedikit mengkhawatirkan. Rute nya yaitu, ambil arah kawasan Desa Jayamukti melalui jalan raya Garut-Cikajang dengan jarak tempuh sekitar 58,2 KM. Atau bisa memakan waktu sekitar 1-2 jam dari pusat Kota Garut. Jika masih kebingungan, setelah sampai di Desa Jayamukti. Sebaiknya bertanya lah pada warga setempat untuk menunjukan arah menuju Leuwi Tonjong Garut.

Ulasan Tentang Leuwi Tonjong Garut

Tempat Wisata yang masih tersembunyi di Kota Garut memang masih banyak. Selain banyak Nama-Nama nya juga unik. Setelah ada Leuwi Jurig Garut, ada juga Leuwi Tonjong Garut. Pengambilan nama dari Leuwi Tonjong sendiri, ini sebenarnya belum pasti. Tetapi ada sebagian pendapat warga setempat, yang mengatakan bahwa nama ini di ambil karena aliran sungai yang mengalir dengan tenang. Sungai itulah yang di sebut oleh masyarakat setempat adalah Leuwi. Sedangkan nama Tonjong sendiri, Katanya diambil dari apitan dua tebing dari sungai tersebut. Maka di sebut lah oleh masyarakat lus Leuwi Tonjong.

Touring Ke Leuwi Tonjong Garut

Leuwi Tonjong merupakan salah satu surga yang tersembunyi di Kota Garut. Sebenarnya yang membuat salah satu Tempat Wisata ini menarik yaitu, spot foto yang keren abis. Tebing tinggi yang mengapit sungai inilah satu keunikan Leuwi Tonjong Garut. Selain itu juga ada air terjun kecil yang menambah keindahan di Objek Wisata Garut ini. Tempat ini juga menurut saya, adalah pilihan yang sangat cocok untuk kalian yang suka touring bersama teman. Bagi orang – orang yang menyukai touring, mungkin sebuah perjalanan yang jauh dan juga berat bukan merupakan sebuah halangan. Melainkan sebuah tantangan tersendiri itu lah yang mereka cari.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup menantang, lalu sampai di Leuwi Tonjong. Mereka di suguhkan dengan pesona keindahan yang ada di Leuwi Tonjong. Lalu mengabadikan momen mereka secara bersama-sama, itu merupakan kepuasan tersendiri bagi mereka. Selain itu, pemuda sekitar juga sudah membangun sebuah shelter darurat. Yakni untuk mushola, toilet darurat di pinggir sungai, dan sebuah shelter untuk berjualan. Di hari libur yang banyak pengunjung, biasanya ada pedagang yag menjual mie instan, minuman hangat, hingga jagung rebus. Kalian yang sudah kelelahan bermain air atau berenang, pasti akan membutuhkan semua itu.

Air Terjun Kecil, Di Leuwi Tonjong Garut

Kecamatan Cihurip memang memiliki sumber-sumber air yang  luar biasa jernih dan melimpah. Kontur tanah yang memiliki banyak tebing curam dan berbatu. Namun perpaduan yang sangat cocok, aliran air dan tebing ini banyak membentuk terjunan-terjunan tinggi dan juga indah. Seperti misalnya Leuwi Tonjong Garut. Leuwi Tonjong yang berada di sebelah Selatan Kabupaten Garut. Dengan perjalanan waktu yang bisa di tempuh dua bahkan sampai tiga jam dari pusat Kota. Dari namanya, kita memang tidak ada nama ‘ Curug ‘ yang artinya air terjun. Memang di Leuwi Tonjong ini, air terjun nya bisa di bilang kecil.

Namun itu semua tidak mengurangi pesona keindahan Leuwi Tonjong Garut ini. Dengan terjunan air yang kecil ini membuat nya menjadi unik dan sangat cantik untuk di abadikan. Aliran ini kemudian membentuk kolam yang relatif dangkal dan tenang. Sebelum kembali deras ke aliran sungai batu. Di kolam ini orang-orang sering bermain air atau ada juga yang berenang. Apalagi saat musim kemarau, bermain air pada saat siang hari adalah hal begitu menyegarkan. Namun pada saat musim kemarau tiba, air menjadi sedikit keruh.

Akses Jalan Ke Leuwi Tonjong Garut

Jika kalian menggunakan kendaraan bermotor, ataupun mobil. Kalian harus sangat berhati-hati, karena kondisi jalan yang sempit, berbatu, serta cukup curam. Apalagi pada saat musim hujan tiba. Jalanan berbatu ini akan bisa sangat licin. Motor yang lebih tinggi dengan tenaga yang prima, ini yang sangat di anjurkan. Nanti bahkan di tempat terakhir motor, kalian harus trekking lagi untuk menuruni bukit sekitar 15-30 menit. Yang berarti kalian harus mendaki untuk perjalanan pulang.

Jalan setapak menuju Leuwi Tonjong sudah cukup jelas, pemuda-pemuda lokal bahkan sudah membuat pijakan tangga dan beberapa pegangan untuk pengaman. Dia area Leuwi Tonjong Garut ini, ada luasan untuk mendirikan tenda jika kalian hendak untuk berkemah. Bahkan ada luasan beberapa meter di atas bibir sungai, yang relatif aman untuk mendirikan tenda. Hingga 4-6 tenda yang berkapasitas empat orang.