Tempat Wisata Alam Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang Kuningan merupakan objek wisata yang termasuk. Ke dalam salah satu kawasan wisata alam hutan hujan tropis gunung ciremai. Tempat wisata Kuningan lemah cilengkrang yang berada di Desa Pajambon, Kecamatan Kramat Muliya, Kabupaten Kuningan. Ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Karena wisata ini termasuk ke dalam kategori wisata alam, sehingga daya tariknya yang memiliki Lembah Cilengkrang Kuningan. Hampir semuanya bernuasa alam seperti terdapat beberapa curug, lingkungan hutan, perbukitan , habitat beberapa hewan langka dan lainnya.

Beberapa Curug di Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang Kuningan

Curug Sabuk

Curug yang berada didalam hutan lindung ini memiliki ketinggian mencapai 20m.

Curug Sawer

Curug yang berada didalam hutan lindung ini memiliki ketinggian mencapai 70-75m. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi curug ini harus. Dalam keadaan fisik yang sehat dan mental yang kuat karena medan yang akan ditempuh cukup sulit.

Kolam Air Panas Alami

Kolam yang berada tidak jauh dari Curug Sabuk ini dibuat sejak tahun 2010. Terdapat 3 kolam yang berada di sekitar Curug Sabuk. Dan satu kolam yang berada tidak jauh dari area bumi perkemahan Lembah Cilengkrang Kuningan. Karena air dari kolam ini merupakan air alami yang bersumber langsung dari Gunung Ciremai. Sehingga air tersebut dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit kulit.

Informasi : Tidak boleh memakai sabun mandi, shampo, maupun pasta gigi.

Sarang Elang Jawa

Terdapat sarang Elang Jawa. Selain ada Elang Jawa, terdapat pula berbagai macam satwa langka seperti Macan Tutul, Macan Kumbang, Lutung dan Kera.

Bumi Perkemahan

Area bumi perkemahan terletak 500m dari tempat loket. Kapasitas bumi perkemahan yang terdapat di Lembah Cilengkrang Kuningan ini mencapai ± 300 orang. Bisa booking area dengan koordinasi terlebih dahulu kepada petugas.

Informasi : Pengunjung membawa perlengkapan sendiri. Di karena pihak pengelola hanya menyediakan area perkemahannya saja.

Fasilitas Lembah Cilengkrang Kuningan

Terdapat beragam fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung yang cukup lengkap, beberapa diantaranya.  Seperti Mushola, Kolam air hangat, Toilet, Gazebo, Area bumi perkemahan, Kantin, Wahana outbond serta Area parkir.

Harga Tiket Masuk Lembah Cilengkrang Kuningan

Untuk harga tiket masuk serta tiket camping yang dikenakan relatif terjangkau, berikut rinciannya:

Harga tiket masuk                  : Rp. 10.000/orang (untuk hari-hari biasa).

Harga tiket masuk                  : Rp. 12.500/orang (untuk weekend dan hari libur nasional).

Harga tiket masuk                  : Rp. 8. 000/orang (untuk anak – anak sekolah).

Harga tiket camping              : Rp. 17.500/ (orang/malam)

Alamat Wisata Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang Kuningan terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Pajambon, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut. Silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Buka Peta Petunjuk Arah.

Jam Operasional Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang Kuningan mulai buka dari pukul 07:30 hingga pukul 16:00. Namun menurut pengelola demi menjaga keamanan dan kenyamanan jika cuaca sedang buruk, tempat wisata ini tutup pukul 13:00/14:00. Hal tersebut dilakukan karena jika cuaca buruk tempat wisata alam ini berpotensi longsor.

Spot Foto Di Lembah Cilengkrang Kuningan

Bagi anda yang menyukai fotografi, tempat ini lah yang cocok untuk menyalukan hobi anda. Karena selain itu anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Dan anda juga akan menemukan spot foto yang bagus dengan berkalakter pemandangan alam yang sangat cantik. Bila anda beruntung, anda juga bisa menemukan beberapa satwa liar khas hutan lindung. Anda dapat memotret hewan-hewan liar tersebut dengan lensa kamera anda. Namun anda juga harus berhati-hati jika ingin memotret hewan liar tersebut. Namun sebelum anda menikmati pemandangan lembah cilengkrang Kuningan, anda di haruskan untuk berjalan kaki dari pintu gerbang neuju kawasan lembah. Jalur yang anda lewati akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Jalanan yang kadang licin karena air hujan dan bebatuan tentu sedikit menjadi hambatan. Setelah sampai di kawasan utama anda juga akan takjeb melihat pemandangan alam sekitar.

Pencarian Terbaru: