Keunikan Tempat Wisata Kebun Raya Kuningan Jawa Barat

Kebun Raya Kuningan merupakan aspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan diharapkan menjadi pendukung bagi fungsi Kabupaten Kuningan. Sebagai daerah penyangga pusat pengenmbangan wilayah Ciroben, pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon. Dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung – Majalengka. Dengan Jawa Tengah yang memiliki perhatian tinggi terhadap pemanfaat sumber daya alam dan lingkungan.

Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan berperan sebagai “site’s window” dari Taman Nasional Gunung cimerai. Objek Wisata alam untuk perlindungan, meminimalisasi dampak negatif degradasi sumber daya alam. Pengembangan produk pariwisata yang berorientasi pada nilai edukasi, membentuk peran aktif masyarakat dalam memberikan nilai tambah. Terhadap pembangunan ekonomi wilayah, dalam perkembangan selanjutnya area kebun raya Kuningan akan dibagi menjadi beberapa sub-zone. Diantaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa. Area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik (Taman awi dan taman tumbuhan bebatuan).

Keunikan Tempat Wisata Kebun Raya Kuningan

Uniknya lokasi kebun raya Kuningan ini berbatasan secara langsung dengan area konversi Taman Nasional Gunung Ceremai. Jika kebun raya Bogor sudah berdiri sejak zaman kolonial, tidak begitu halnya dengan kebun raya. Pasalnya kebun raya ini merupakan area taman tematik pertama yang dibangun oleh orang Indonesia. Tidak ada campur tangan orang-orang luar untuk menjadikannya terlihat asri, hijau dan indah. Kebun raya sebeleum nya telah di buka untuk umum pada tahun 2015. Dan di tutup kembail pada tahun 2016 untuk melengkapi semua fasilitas. Dan kebun raya kuningan sampai bulan April 2017 belum di buka lagi untuk umum. Dan di buka lagi untuk umum pada tahun 2018.

Macam-macam Tumbuhan Di Kebun Raya Kuningan

Jumlah koleksi tertanam hingga akhir Desember 2016 ada 199 jenis, 8.540. Spesimen serta jumlah tanaman di pembibitan 345 jenis 16.937 spesimen. Beberapa jenis tumbuhan yang dikembangkan antara lain pohon:

  • Jamblang
  • Lengkeng
  • Kedoya
  • Pangsor
  • Aren Durian
  • Kenari
  • Cengkih
  • Lame

Spot Menarik di Tempat Wisata Kebun Raya Kuningan

Di kebun raya Kuningan anda dapat menemukan berbagai spot foto menarik. Seperti Taman Kuning yang merupakan tanaman berbentuk lingkaran yang ditanami aneka bunga langka. Kemudian ada pula Patung Kuda, Taman Awi Si Eugeug, Taman Tipikal Gunung Ciremai. Situ Lurah, Situ Cibuntu, Air Mancur, Pusat Informasi dan Edukasi bagi Anda yang ingin mendapatkan. Pengetahuan lebih lengkap mengenai flora di Kebun Raya Kuningan, Pembibitan, Rumah Anggrek, hingga Rock Garden.

Berbeda dari Kebun Raya lainnya, Kebun Raya memiliki area bebatuan yang terlihat begitu indah jika dilihat dari kejauhan. Tidak heran jika sebelum ditutup dulu para pengunjung biasanya menyempatkan diri untuk sekadar duduk. Atau berfoto selfie di area berbatuan tersebut atau berfoto di Taman Kuning yang menyajikan flora-flora langka.

Tidak hanya sekadar berfoto, anda bisa merasakan hawa sejuk khas pegunungan karena Kebun Raya. Memiliki beragam jenis koleksi tanaman mulai dari jenis pohon tipikal lokal Kuningan, tipikal Jawa Barat, nasional. Dan bahkan ada pula beberapa jenis tanaman tipikal sejumlah negara. Sayangnya sebagian besar tanaman koleksi di Kebun Raya umumnya masih kecil-kecil. Sehingga Anda tampaknya harus bersabar untuk menanti tanaman – tanaman tersebut tumbuh subur. Dan menanti Kebun Raya Kuningan resmi dibuka kembali.

Jam Operasional Kebon Raya Kuningan

Jam operasional tempat wisata Kuningan ini buka pukul 08.00. Dan tutup pada pukul 16.30