Objek Wisata Keluarga Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005. Karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, namun dibuka kembali pada 11 Oktober 2005.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti Tanaman dan Kebun Binatang. Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora. Dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia. Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan. Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektaree yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Kebun Binatang Ragunan

Tempat ini merupakan salah satu pusat primata berkelas internasional yang ada di Indonesia. Pusat primata ini memiliki peranan sebagai tempat konservasi primata Indonesia sekaligus tempat untuk mengetahui segala informasi mengenai primata. Bisa dibilang lokasi ini merupakan tempat andalan dari Kebun Binatang Jakarta. Berbagai jenis primata bisa kamu temukan disini. Mulai dari orang utan, gorila, simpanse dan jenis primata langka lainnya yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri.

Saat memasukinya, pengunjung bisa sekalian belajar mengenal jenis-jenis primata. Jika selama ini hanya melihat primata langka di televisi, disini kamu bisa melihatnya secara langsung. Untuk bangunannya sendiri dirancang dengan konsep binatang terbuka, jadi primata yang tinggal di dalamnya seolah-olah tinggal di habitat aslinya.

Fasilitas Yang Ada Di Taman Binatang Ragunan

1. Taman Marga Satwa

Taman Marga Satwa adalah tempat berjalan-jalan atau duduk santai menikmati suasana taman. Taman ini dilengkapi dengan batu refleksi dapat digunakan secara gratis bisa dipakai untuk pijat. Taman ini sangat cocok untuk dikunjungi pagi atau sore hari sesudah berjalan mengelilingi ragunan. Taman ini dihiasi dengan patung orang utan, patung komodo dan patung gajah. Secara keseluruhan tempat ini sangat indah cocok untuk bersantai dan tidak dikenakan biaya tambahan untuk masuk.

2. Pusat Primata Schmutzer

Primata adalah kelompok mamalia dari ordo primates yaitu monyet, lemur, tarsius, kera, gorila, orang hutan dan manusia. Primata ragunan mempunyai konsep disebut open zoo, primata yang ada didalamnya dibuat seolah-olah mereka berada di habitat asli. Pengunjung bisa melihat, mempelajari dan merasakan suasana seperti itu juga. Binatang yang tinggal disana di antara lain ada gorilla, orang hutan simpase dan lain-lain. Harga tiket primata ragunan Rp. 6.000, weekend Rp. 7.500 Teater Rp. 150.000.

3. Taman Satwa Anak

Taman satwa anak adalah taman satwa yang menyediakan berbagai binatang yang disukai anak. Satwa yang ditampilkan antara lain seperti burung kakatua, ikan arapaima, ular condrophyton dan beberapa satwa lainnya. Ditaman satwa anak ini juga tersedia ayunan anak, jaring laba-laba, perosotan dan lain-lain. Harga tiket masuknya juga sangat murah yaitu hanya Rp. 2.500.

4. Gajah Tunggang

Anak-anak atau orang dewasa bisa merasakan mengunggang gajah di ragunan. Walau binatang liar tidak perlu khawatir dengan satwa ini, yang ada di Ragunan sudah jinak jadi tidak bahaya. Menunggang gajah bisa dilakukan di Sabtu, hari Minggu dan hari libur saja. Harga tiketnya Rp. 7.500.

5. Kuda Tunggang

Tersedia kuda pony untuk keliling area satwa didampingi oleh seorang pemandu. Harga tiketnya hanya Rp. 5.000.

6. Pentas Satwa

Pentas satwa yang bisa disaksikan adalah aktraksi kakatua bermain gelang warna warni. Ada lagi yang lucu dan menarik yaitu beruang bersepeda. Harga Tiket masuknya adalah Rp. 4.000, jam buka 10.00-15.00 WIB.

7. Penyewaan Sepeda

Tersedia penyewaan sepeda untuk keliling Taman Margasatwa Ragunan. Harga sewa sepeda tunggal Rp. 10.000, sepeda ganda Rp. 15.000.

8. Kereta Keliling Dan Tunggang

Untuk harga tiketnya adalah Rp. 7.500.

9. Kuda Bendi

Siapa yang belum pernah naik bendi bisa dicoba diragunan. Kendaraan tradisional ini menjadi alat angkutan yang unik dan sudah langka. Harga tiket masuk Rp. 10.000, jam buka 10.00-15.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Untuk bisa masuk ke kebun binatang, ada harga tiket masuk ragunan yang harus dibayar. Harga tiket masuk ragunan antara orang dewasa dan anak-anak tidak sama. Untuk anak-anak Rp. 3.000 dan untuk orang dewasa Rp. 4.000. Dengan harga tiket masuk ragunan yang semurah ini tentunya. Menjadi pilihan banyak keluarga untuk bertamasya di kebun binatang ragunan. Adapun list harga parkir kendaraan.

Jenis KendaraanHarga
Truk besar, Bus besar, dan Mobil box besarRp. 15.000
Truk kecil, Bus kecil dan Mobil box kecilRp. 12.500
Minibus atau sejenisnya ( pickup kecil dan Mobil sedan)Rp. 6.000
Sepeda motor dan Kendaraan roda tigaRp. 3.000
Sepeda biasaRp. 1.000

Demikian informasi harga tiket masuk ragunan yang bisa anda ketahui. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin sekali berwisata ke kebun binatang ragunan Jakarta. Dan anda jika anda ingin mencari tempat wisata di Jakarta disini.

Pencarian Terbaru: