Pesona Eksotis Di Tempat Wisata Kebun Binatang Cikembulan Garut

Mungkin banyak dari pembaca yang sudah mengenal kota Garut. Sejarah nya juga tentang kuliner khas nya yaitu dodol. Tapi bagaimana dengan tempat wisata nya, Garut adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Tempat Wisata Di Kabupaten ini ternyata banyak potensi wisata yang luar biasa dan patut untuk di kunjungi. Selain populer dengan wisata kuliner, ziarah serta lain nya di Garut juga menjadi tempat wisata alam satwa favorit. Salah satu nya yang tengah ramai di perbincangkan juga di kunjungi adalah Tempat Wisata Kebun Garut Binatang Cikembulan Garut. Kebun Binatang Cikembulan Garut ini di bangun dengan konsep yang bernuansa alami. Sehingga wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata garut ini pun akan merasakan seperti berada di sebuah hutan.

Pesona Eksotis Kebun Binatang Cikembulan Garut

Kebun Binatang Cikembulan Garut

Kebun Binatang Cikembulan awal nya adalah sebuah Villa Biasa, yang kemudian dengan kreatifitas sang pemilik di jadikan sebuah Kebun Binatang. Yang saat itu tepat nya tahun 2010 masih ada beberapa ekor binatang. Hari demi hari sang pemilik terus menambah koleksi binatang. Yang di ambil dari dalam negri dan ada juga dari luar Indonesia. Kebun Binatang Cikembulan Garut diresmikan Oleh Wakil Gubernur Dede Yusuf yaitu pada hari Minggu 22/2011. Di garut kini terdapat kebun binatang yang merupakan hasil dari kreatifitas warga setempat. Kebun binatang ini terdapat sekitar 16 Km dari pusat kota garut, arah menuju Bandung. Tepatnya di Kampung Jati, Ds. Cikembulan, Kec. Kadungora Kab. Garut, Jawa Barat.

Sekilas Tentang Kebun Binatang Cikembulan Garut

Nama Kebun Binatang Cikembulan Garut, di ambil karena letak nya yang berada di Desa Cikembulan. Tempat Wisata ini bisa menjadi alternatif liburan keluarga, terutama anak-anak. Di Kebun Binatang Cikembulan Garut ini terdapat sekitar 159 satwa dengan 40 jenis spesies. Dengan konsep nuansa alami, di objek wisata ini kita bisa mengajarkan anak-anak tentang jenis fauna. Di tambah dengan panorama yang indah, hawa yang sejuk, di padu dengan suara hewan. Yang akan membuat para pengunjungnya serasa di tengah hutan.

Spesies yang ada di Kebun Binatang Cikembulan Garut ini diantaranya, yaitu mamalia (kangguru, rusa tutul, kijang. Beruang madu, anjing pitbull, landak, kuda poni, dan lain-lain). Reptilia (buaya, ular), pisces (ikan), primata (orang utan, wau-wau, siamang, kera Jawa, lutung merah). Jenis Aves atau Burung : angsa putih dan hitam, merak, kasuari, pelican, elang, burung rangkong, belibis, dan jenis burung lainnya. Di sini juga terdapat beberapa hewan langka seperti empat populasi macan tutul jawa. Dan harimau sumatera yang di lindungi karena tergolong salah satu satwa yang langka.

Daya Tarik Kebun Binatang Cikembulan Garut

Daya tarik dari objek wisata Kebun Binatang Cikembulan Garut adalah bisa menjadikan wisata edukasi yaitu untuk anak-anak sekolah usia dini. Mereka bisa melihat dan mengetahui secara langsung hewan seperti monyet, burung, ular, dan hewan lain nya. Tempat ini cocok untuk liburan anak-anak sekolah atau wisata keluarga. Baca juga tempat wisata kampung sampireun garut dan tempat wisata leuwi jurig garut

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Kebun Binatang Cikembulan Garut pun cukup lengkap. Seperti Gazebo, Restoran, area bermain anak, kuda tunggang, ATV, dan masih banyak lagi fasilitas lain nya. Selain itu juga tersedia pendopo untuk pertemuan atau gahthering. Dengan daya tampung sampai 100 orang. Hal unik nya yaitu mungkin adalah Bungalow. Ya di sini ada Bungalow di sediakan bagi yang ingin menginap. Untuk merasakan sensasi bermalam di kesejukan Kebun Binatang Cikembulan Garut. Cukup hanya dengan membayar sewa Rp.300.000, anda sudah mendapat penginapan yang berkelas, juga sarapan. Selain itu Morning Call anda pastinya akan sedikit berbeda dengan lazimnya penginapan atau hotel lainnya. Bagaimana tidak karna yang menyambut pagi anda adalah suara binatang dipagi hari. Terutama burung kasuari yang ada di samping bungalow dan halaman belakang.

Tiket Masuk Kebun Binatang Cikembulan

Berbicara harga tiket masuk, sebenar nya tempat-tempat wisata yang ada di Garut. Selain objek wisata ini terbilang cukup mahal. Pasti nya sudah mendengar isu bahwa merupakan kota termahal. dan memang isu benar adanya.Tiket masuk untuk dewasa Rp. 17.000 untuk hari biasa, sedangkan untuk hari libut Rp. 20.000. Unutk anak-anak Rp. 8.000 untuk hari biasa, sedangkan untuk hari libur Rp. 10.00o.

Lokasi Kebun Binatang Cikembulan Garut

Adapun lokasi dari Kebun Binatang Cikembulan Garut ini terletak di Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi nya cukup dekat dengan Bandung dan bisa di bilang perbatasan antara Garut dan juga Bandung.