Danau Vulkanik Cantik Di Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas Garut

Garut tidak hanya terkenal dengan wisata air terjun / curug atau pantainya yang indah dan mempesona. Di Garut terdapat juga wisata alternatif lain selain air terjun / curug atau pantai yang menarik untuk dikunjungi. Garut memiliki banyak potensi wisata unggulan yang sangat menarik untuk di kunjungi saat liburan tiba. Letaknya yang tidak begitu jauh dari Kota Bandung ini. Bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyambangi Objek Wisata yang cukup beragam ini. Ada banyak sekali pilihan wisata yang menarik di Garut yang bisa di jelajahi selama liburan. Mulai dari wisata alam nya yang menyejukan. Wisata hiburan keluarga, bahkan hingga wisata sejarah dan budaya yang sarat akan muatan edukasi yang bermanfaat. Salah satu nya yaitu Objek Wisata Kawah Talaga Bodas. Tempat Wisata Talaga Bodas merupakan salah satu Objek Wisata pegunungan yang berada di kabupaten Garut. Tempat Wisata Garut ini merupakan sebuah danau kecil atau talaga yang berbentuk di bekas kawah gunung Talaga Bodas.

Objek Wisata Kawah Talaga Bodas Garut Jawa Barat

Kawah Talaga Bodas Garut

Kawah Talaga Bodas Garut merupakan objek wisata alam di Garut. Yang bertema alam yang cukup favorit setelah Gunung Papandayan. Talaga yang memiliki arti “Danau”. Sedangkan Bodas memiliki arti “Putih”. Dan jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Danau Putih”. Sesuai dengan namanya ” Talaga Bodas “, kawah di Gunung ini membentuk danau dengan air yang berwarna putih. Meskipun aktivitas vulkanik di kawah ini masih aktif. Akan tetapi tidak akan membahayakan keselamatan pengunjung yang datang. Suasana sejuk di sertai view yang indah bisa di temukan di Objek Wisata Garut ini. Karena Gunung Talaga Bodas masih rimbun dan hijau. Selain itu juga berbatasan langsung dengan hutan belantara. Kawah Talaga Bodas di kelola oleh BKSDA Jawa Barat II. Dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. Tempat wisata alam Kawah Talaga Bodas Garut di kelola berdasarkan aspek legalitas. Yang berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978.

Ada Apa Di Kawah Talaga Bodas Garut ?

Begitu sampai di pinggir kawah, pemandangan cantik terhampar dengan nuansa hijau toska. Rupa nya kawah nya terisi oleh air. Seperti mengandung susu akibat kadar belerang nya yang cukup tinggi. dari tempat parkir di pinggir kawah. Ada jalur di sebelah kanan yang rupa nya menuju ke arah pemandian. Sampai di area pemandian rupanya di sana ada beberapa kolam. Yang airnya juga berwarna hijau susu. Sepertinya kolam nya lumayan baru (sekitar 1-2 tahun). Karena dulu nya sih tidak kolam yang di bangun khusus di pinggir danau tersebut. Sekarang ada beberapa kamar mandi, toilet, kamar ganti. Dan saat ini sedang di bangun mushola. Menurut pengunjung yang sedang berendam di sana, air yang mengandung belerang bagus untuk kesehatan kulit.

Danau Vulkanik Yang Cantik Di Garut

Kawah Talaga Bodas merupakan sebuah kawahyang terbilang menjadi salah satu objek wisata alam favorit yang dimiliki Kabupaten Garut. Penanaman objek wisata ini tentu memiliki dasar. Nama yang di sematkan untuk salah satu objek wisata alam ini memang sesuai dengan apa yang di visualisasikan. Wisatawan – wisatawan yang haus kan pemandangan indah. Karena penat nya melihat gedung-gedung pecakar langit, serta rutinitas yang selalu sama setiap hari nya.

Talaga Bodas merupakan sebuah danau kawah yang masih aktif hingga saat ini. Aktivitas vulkanik di kawah ini tidak membahayakan. Sehingga untuk saat ini, masih aman untuk para pengunjung yang datang. layak nya oase di tengah padang gurun. Kawah Talaga Bodas yang tersembunyi ini seakan menjadi sebuah misteri yang harus di cari keradaan nya untuk menghilangkan rasa dahaga. Baca juga tempat wisata kawah kamojang garut dan tempat wisata leuwi tonjong garut

Lokasi Kawah Talaga Bodas Garut

Lokasi Kawah Talaga Bodas Garut secara administratif ada di Desa Sukamenak, Wanaraja, Garut. Wilayah ini berada di dalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat. Untuk menuju ke Talaga Bodas Garut, bisa menggunakan jalur Bandung – Garut – Wanaraja. Maupun Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja. Belum ada penanda khusus yang menunjukan lokasi ini. Penanda nya adalah pertigaan setelah alun-alun Wanaraja. Ambil belokan ke kanan (jika dari arah Garut). Atau pertigaan sebelum alun-alun Wanaraja, ambil belokan ke kiri (jika dari arah Cibatu). Transportasi umum menuju lokasi bisa dengan menggunakan angkot Garut – Wanaraja dari terminal guntur Garut. Dan di sambung dengan ojek untuk sampai ke lokasi.

Saat mendekati Kawah Talaga Bodas, maka akan bertemu dengan pertigaan dengan beberapa warung di sekitar nya. Jalan ke kanan menuju ke Talaga Bodas Garut. Dan jalan lurus menuju ke arah Tasikmalaya. Dari sini bisa melihat Gunung sadahurip yang konon kata sebagian orang merupakan Piramida Purba. Spot di sini bisa di katakan spot terbaik untuk melihat gunung Sadaurip dengan bentuk piramidanya. Saat ini sudah mulai ada penataan di tempat area Kawah Talaga Bodas Garut. Sekarang kendaraaan pribadi tidak bisa masuk langsung ke area kawah. Tetapi harus berhenti di area gerbang masuk. Semua kendaraan harus parkir di sini.  Dari sini kita bisa berjalan kaki menuju lokasi kawah, atau menggunakan ojek yang khusus mengangkut pengunjung kesana. Warung-warung juga hanay tersedia di kawasan parkir, tidak seperti dulu yang langsung ada dipinggir kawah.

Tempat Yang Bisa Di Kunjungi

Ada beberapa tempat yang bisa di kunjungi di tempat wisata alam Kawah Talaga Bodas Garut. Yang utama tentu nya area kawah. Sekarang, di area kawah tidak ada warung seperti dulu sehingga harus membawa makanan/minuman sendiri. Ketika hendak berkunjung ke objek wisata Garut ini. Tempat lain yang bisa di kunjungi adalah kolam redam air panas. Lokasi nya berada di area kanan kawah.

Kolam nya terbuka, langsung ada di pinggir kawah. Untuk menuju lokasi ini, kita cukup berjalan menyusuri rute ke arah kanan kawah. Bakal ada banyak ojek yang menawari anda. Tapi kalau menurut saya cukup berjalan aja, dekat kok cuma 200 meteran. Selain itu jalannya datar sehingga tidak akan merasa capek. Selain kolam rendam air panas ini, terdapat juga pancuran 7 kolam rendam air panas. Yang juga di percaya warga sekitar bisa membawa berkah. Untuk menuju kesini, maka harus menggunakan jalan ke sebelah kiri dari area parkir, kurang lebih 1 KM.

Harga Tiket Masuk Kawah Talaga Bodas Garut

Untuk bisa menikmati keindahan Talaga Bodas ini, kalian akan di kenakan biaya. Biaya yang di patok oleh pihak pengelola juga cukup bersahabat di kantong. Berikut adalah harga tiket masuk ke Kawah Talaga Bodas Garut.

  • Wisatawan lokal Rp. 5000 untuk hari biasa, namun untuk hari libur harga tiket di naikkan menjadi Rp. 7500
  • Wisatawan asing Rp. 100.000 untuk hari biasa dan Rp. 150.000 untuk hari libur
  • Parkir sepeda Rp. 2000 untuk hari biasa dan Rp. 3000 hari libur
  • Parkir sepeda motor Rp. 5000 hari biasa dan Rp. 7500 di hari libur
  • Parkir mobil di hari biasa Rp. 10.000 dan Rp. 15.000 hari libur
  • Rombongan pelajar/mahasiswa Rp. 4000/orang di hari biasa dan Rp. 4500 di hari libur.