Tempat Wisata Alam Kawah Putih Bandung Jawa Barat

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih Bandung merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih. Lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan. Yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak atau titik tertinggi Gunung Patuha.

Pemandangan Kawah Putih Bandung

kawah putih bandung

Pemandangan yang dimiliki tempat wisata Kawah Putih Bandung ini tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Kamu akan rugi jika sedang berlibur ke tempat wisata Bandung. Tetapi tidak mengunjungi destinasi wisata alam yang satu ini. Tempat ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Selain terbentuk karena sebuah fenomena alam, ada juga legenda yang lengkap dengan mitos yang beredar.

Sejarah Singkat Tempat Wisata Kawah Putih

Pada tahun 1837, seorang Belanda perankan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809 – 1864) mengadakan perjalanan ke Bandung Selatan. Ketika sampai di kawasan tersebut, Junghuhn merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi. Tak seekor binatang pun melintas di situ. Ia kemudian menanyakan kepada penduduk setempat, dan menurut masyarakat. Kawasan puncak Gunung Patuha sangat angker karena dianggap tempat bersemayamnya arwah para leluhur serta pusat kerajaan bangsa jin. Karenany bila ada burung yang lancang terbang melintasi daerah tersebut akan jatuh dan mati. Meskipun demikian, orang Belanda yang satu ini tidak begitu percaya akan ucapan masyarakat.

Ia kemudian melanjutkan perjalanannya menembus hutan belantara di gunung itu untuk membuktikan kejadian apa yang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Namun sebelum sampai di puncak gunung, Junghuhn tertegun menyaksikan pesona alam yang begitu indah di hadapannya. Dimana terhampar sebuah danau yang cukup luas dengan air berwarna putih kehijauan. Dari dalam danau itu keluar semburan lava serta bau belerang yang menusuk hidung. Dan terjawablah sudah mengapa burung-burung tidak mau terbang melintasi kawasan tersebut.

Daya Tarik Kawah Putih

Dengan ketinggiannya tersebut. Maka dipastikan suhu kawasan ini tentu saja sangat sejuk di siang hari dan menjadi sangat dingin di malam hari. Di siang hari suhu rata-rata di sana adalah 22 derajat celcius. Sementara di waktu malam hari bisa mencapai 8 derajat celcius. Pemandangan alam di tempat ini sangat begitu indah, masih tampak alami terutama kawasan danaunya yang dikelilingi pegunungan di sekitarnya.

Yang menjadi sangat menarik dan unik dari kawah putih ciwidey ini adalah air danaunya yang selalu berubah warna. Meski tampak berwarna putih kehijauan. Namun, warnanya akan selalu berubah menyesuaikan dengan kadar belerang yang ada air danaunya, serta cuaca dan suhu.

Fasilitas Tempat Wisata Kawah Putih

Adapun fasilitas yang tersedia di tempat wisata alam kawah putih ini yaitu.

  • Mushola
  • Restaurant
  • Toilet Umum
  • Informasi
  • Transportasi dari gerbang ke lokasi, dan
  • Area parkir Atas dan Bawah

Harga Tiket Masuk Kawah Putih

Tiket Masuk Kawah Putih Bandung sekarang adalah sebesar Rp. 18.000/orang. Dan harga tiket masuk ke kawah putih Bandung ini berlaku untuk semua pengunjung dalam negeri atau domestik.  Sementara itu, khusus untuk pelancong atau turis asal mancanegara, maka harga tiket masuk kawah putih Bandung. Untuk wisatawan asal luar negeri tersebut dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.50.000/orang.

Informasi tambahan lainnya bagi anda yang ingin melakukan prewedding di Kawah putih. Anda juga harus mempersiapkan biaya tambahan selain harga tiket masuk ke kawah putih. Yaitu tarif pre-wedding di kawah putih sebesar Rp. 500.000,-. Dan untuk tarif parkir terbaru yang diberlakukan di tempat wisata Kawah Putih adalah sebagai berikut.

Jenis KendaraanTarif Parkir
Parkir Atas Roda 4 (Mobil)Rp. 150.000
Parkir Bawah Roda 2Rp. 5.000
Parkir Bawah Roda 4 (Mobil)Rp. 6.000
Parkir Bawah Roda 6 (Bus)Rp. 25.000

Jam Operasional Tempat Wisata Kawah Putih

Untuk jam operasional dari wisata kawah putih ini sendiri buka setiap hari. Dan untuk uraian jam operasional tempat wisata kawah putih adalah sebagai berikut.

  • Jam operasional tempat wisata kawah putih pukul 07.00 sampai 17.00

Jadi apabila ingin mengunjungi tempat wisata kawah putih ciwidey sebaiknya datang waktu jam operasional wisata. Dan untuk waktu yang tepat tepat mengunjungi kawah putih adalah pada waktu pagi hari atau sebelum siang hari. Apabila anda datang pada waktu sore hari kemungkinan besar akan turun hujan apalagi jika pada waktu musim hujan. Untuk itu pastikan datang ke tempat wisata Kawah Putih Ciwidey. Dengan waktu yang tepat agar wisata anda menjadi berkesan dan tidak terkendala oleh kondisi cuaca yang ada disana.

Alamat Tempat Wisata Kawah Putih

Lokasi untuk alamat Kawah Putih Ciwidey Bandung ini berada di Jln. Raya Ciwidey-Patengan KM 11 Lebakmuncang, Ciwidey Kabupaten Bandung. Keberadaan lokasi Kawah Putih Ciwidey juga tidak jauh dari beberapa tempat wisata. Seperti Bumi Perkemahan Ranca Upas, Kebun Petik Strawberry, Pemandian Air Panas Cimanggu, Taman Kelinci, Barusen Hill, Pemandian Air Panas Cimanggu. Kebun Tanaman Obat Sari Alam, Green Hill Park, Bukit Jamur dan masih banyak lagi wisata lainnya.

Rute Menuju Kawah Putih

Untuk sampai di kawah putih pengunjung dapat menggunakan rute perjalanan sebagai berikut.

  • Pengunjung dari luar Bandung yang menggunakan kendaraan roda empat apat melewati jalur pintu keluar tol Kopo. Melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjutkan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Rute alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.
  • Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum. Akses ke kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang-dilanjutkan ke terminal Ciwidey-lokasi Kawah Putih.

Pencarian Terbaru: