Tempat Wisata Kawah Kamojang Garut, Wisata Alam Murah Dan Indah

Siapa yang tak mengenal Kota Garut. Yang dulu kerap di juluki Swiss van Java. Kota yang juga terkenal akan kuliner nya, yakni dodol juga domba dan Mojang nya. Berbicara tentang keindahan alam di Garut maka tak lepas dari keberadaan gunung-gunung di sekeliling nya. Selain makanan khas nya kota ini ternyata banyak memiliki Tempat Wisata yang sangat eksotis salah satu nya yaitu Kawah Kamojang. Objek Wisata yang cukup terkenal selain Gunung Papandayan dan juga Curug Orok. Suhu di Kawah Kamojang bisa di bilang cukup ekstrem. Jadi, di sarankan jika akan berkunjung ke tempat wisata Garut ini harus membawa jaket. Kawah Kamojang Garut merupakan salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di Kota Garut. Karena uap yang di hasilkan dari kawah di sini berasal dari perut bumi.

Rekomendasi Liburan Ke Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang Garut merupakan salah satu tempat wisata alam alternatif di Garut. Letaknya berada di perbatasan Garut-Kabupaten Bandung. Lebih tepat nya di daerah Kamojang, Kecamatan Samarang, letak nya di bawah Gunung dan suhu nya pun cukup dingin. Tapi yang menjadi unik Kawah Kamojang Garut ini bukan karena suhu nya yang ekstrim. Melainkan kawah yang di semburkan di beberapa titik di daerah Kamojang Garut. Dan ada di dalam area geothermal PLTU Kamojang. Tidak mengherankan, karena memang area ini memiliki sumber uap panas bumi alami. Yang di jadikan sebagai sumber pembangkit listrik oleh PLTU Kamojang. Kawah yang di jadikan tenaga uap oleh PLTU Kamojang. Pertamina dan Indonesia Power.

Menurut kuncen (penjaga) yang menjaga daerah tersebut. Uap yang di sembur kan di daerah Kamojang baik untuk kesehatan terutama kesehatan kulit. Banyak wisatawan yang berdatangan hanya untuk mandi uap di Kamojang, uapnya bau belerang. Tapi menyegarkan untuk pernapasan karena cocok dengan udara yang dingin disana terdapat uap yang panas dan dapat menghangatkan kulit. Uap yang di hasilkan atau yang di sembur kan berbeda beda untuk uap yang di hasilkan. Uap yang di sembur kan dengan tidak agresif dan cukup tenang. Tempatnya juga besar nah di situlah wisatawan bisa mandi uap. Tentunya dengan panduan penjaga tempat. Dan yang menarik lagi ketika si kuncen membawa telur mentah dan direbus di dalam air hasil uap tersebut. Dan dengan cukup 10 menit telur berubah matang dan layak makan.

Legenda Kawah Kamojang Garut

Keunikan fenomena alam Kawah Kamojang tidak luput dari cerita-cerita legenda. Di lingkungan masyarakat sekitar, kawasan ini erat kaitannya dengan cerita si Mojang atau Sang Gadis. Konon, pada jaman dahulu, Kawah Kamojang merupakan tempat tinggal nya. ia hidup bersama kedua orangtua. Sampai suatu hari, Si Mojang di minta untuk menikah dengan lelaki tua dan menjadi istri ke lima. Menolak untuk di nikah kan, Si Mojang melarikan diri ke dalam hutan.

Berbagai upaya di lakukan, namun ia tak kunjung di temukan. Sejak saat itu, lokasi hilang nya Si Mojang di nama kan dengan sebutan Kamojang. Menarik nya dengan segala keunikan nya, seperti di Kawah Kamojang ini. Selalu memberi kejutan. Selain membeli dodol dan aneka produk kulit domba Garut, kabupaten ini punya sauna alami yang harus segera dikunjungi. Baca juga tempat wisata kebun binatang cikembulan garut dan tempat wisata tebing alam batu tumpang garut

Merupakan Cagar Alam

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 110/KPTS-II/90 tanggal 14 Maret 1990. Cagar alam dan Taman Wisata Alam Kamojang, di tetapkan memilki luas sekitar 8.286 hektare. Termasuk di dalam nya adalah Kawah Kamojang Garut, yang bisa untuk di kunjungi. Kawasan Kawah Kamojang Garut memiliki lanskap alam yang indah. Udara nya juga masih sangat sejuk. Sebagai kawasan Cagar Alam, terdapat pula beragam flora dan fauna. Beberapa kegiatan wisata alam yang dapat di lakukan di sini antara lain mandi air panas. Menikmati keindahan alam, lintas alam dan wisata edukasi berupa pengamatan terhadap gejala alam, flora serta fauna.

Terdapat Banyak Nama Kawah Yang Unik

Di Kawah Kamojang Garut, ada beberapa kawah yang bisa untuk di nikmati oleh para pengunjung. Nama nya unik-unik. Seperti Kawah Manuk yang mengeluarkan suara seperti mauk (Burung). Kawah Berecek, Kawah Hujan yang akan memberikan sensasi seperti sedang hujan-hujanan. Kawah Ciburilan, Kawah Sorekat, Kawah Cikahuripan, dan Kawah Kereta Api. Di Kawah Hujan terdapat sebuah tempat sauna alami terbuka. Yang dapat di percaya dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, tekanan darah tinggi, hingga penyakit kulit dan stroke. Sementara itu, di Kawah-Kawah tersebut, Kawah Kereta Api merupakan yang paling di anggap menarik oleh para wisatawan. Dengan atraksi dari seorang penjaga. Kawah ini bisa mengeluarkan suara seperti kereta api. Disini, terdapat sumber air panas yang dapat di manfaatkan atau di percaya ampuh mengobati penyakit kulit. Untuk kalian yang punya masalah gatal-gatal, bisa untuk mencoba menyembuhkan di tempat wisata Kawah Kamojang Garut.

Rute Menuju Kawah Kamojang Garut

Bagi kalian yang sudah tidak sabar untuk menikmati semburan uap panas, dari Kawah Kamojang Garut. Maka harus mengetahui rute perjalanan nya. Yaitu harus melewati jalur Buah Batu-Ciparay. Kemudian, ambil Majalaya selanjutnya Kamojang, Garut. Memasuki area Kawah Kamojang Garut, maka akan melewati berbagai daerah pegunungan. Kemudian di sertai dengan jembatan yang memiliki pipa besar. Terdapat pula tenaga pembangkit listrik atau turbin-turbin yang bisa di jumpai di pinggir jalan.

Harga Tiket Masuk Kawah Kamojang Garut

Mengenai harga tiket masuk menuju Kawah Kamojang sangatlah murah. Terlebih untuk anda para wisatawan lokal. Dengan harga sekitar Rp. 5.000.00 sampai dengan Rp. 10.000.00. Dengan harga yang murah itu, kalian sudah bisa menikmati keindahan alam nya di sertai dengan fasilitas parkir. Berbeda dengan wisatawan asing, mereka harus menyiapkan budget di atas Rp. 100.000.00, untuk membayar tiket masuk . Untuk kalian wisatawan lokal maka sangatlah harus mengunjungi dan menikmati keindahan alam dari Kawah Kamojang Garut.

Banyak wisatawan asing yang sudah mengunjungi nya karean sebagai wisata lokal Garut ini. Kawah Kamojang memiliki keunikan dari uap panas nya yang sangat menakjubkan. Terlebih di tambah perpaduan pesona alam air nya yang begitu indah. Walaupun belum banyak di ketahui banyak orang mengenai keindahan yang di miliki oleh Kawah Kamojang Garut. Tetapi dengan satu ciri khas uap panasnya saja. Sudah sangat menjadi daya pikat para wisatawan untuk mengunjungi nya dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau.

Fasilitas Di Lokasi Kawah Kamojang Garut

Fasilitas yang ada di lokasi cukup lengkap. Mungkin karena di area pengelolaan pertamina. Jadi banyak mendapatkan bantuan. Suasana nya juga terbilang rapi, dan bersih. Fasilitas yang di sediakan antara lain, yaitu :

  • Tempat parkir yang luas
  • Warung ada beberapa dan cukup lengkap
  • Tempat buang sampah yang lumayan banyak
  • Toilet di parkiran dan di dekat Kawah Hujan
  • Banyak gazebo dan tempat duduk
  • Kamar buat mandi air panas, murah cuma Rp 4000 sepuas nya. Tapi minim fasilitas.
  • Tempat sampah lumayan banyak