Tempat Wisata Legenda Kawah Candradimuka Banjarnegara

Jawa Tengah memang seakan tidak ada habis nya untuk mengejutkan para petualang dengan serpihan-serpihan surya yang masih tersembunyi. Nah, kali ini di Kabupaten Banjarnegara yang ternyata mempunyai berbagai spot petualangan yang tidak bisa utnuk di lewatkan begitu saja. Kabupaten Banjarnegara ini di lewati oleh salah satu spot petualangan. Yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Yaitu dataran tinggi Dieng. Oleh karena itu, tidak heran jika Banjarnegara juga sering terlihat ramai oleh para petualang. Baik yang datang dari dalam negeri sendiri dan juga mancanegara. Kota di Jawa Tengah ini memiliki objek wisata yang tak kalah indah nya. Dengan wisata wonosobo atau pun magelang. Tempat wisataBanjarnegara mempunyai beragam tempat wisata. Mulai dari wisata buatan hingga wisata alam yang sungguh mempesona. Nah, yang akan di bahas kali ini yaitu tempat wisata kawah candradimuka banjarnegara. Kawah Candradimuka merupakan kawah yang aktif di kawasan dataran tinggi Dieng. Nama Kawah Candradimuka juga diambil dari cerita pewayangan.

Fenomena Kawah Candradimuka Banjarnegara

Kawah Candradimuka Banjarnegara

Fenomena Alam Kawah Candradimuka di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Merupakan objek wisata berupa sumber mata air panas yang di percaya mempunyai kekuatan magic. Yang bisa menyembuhkan penyakit. Terdapat dua kawah aktif yang menyemburkan gas berasap (solfatara). Tidak berbahaya berbau khas belerang. Yang satu kawah berada di area yang cukup luwas mengeluarkan tas dalam frekuensi yang padat. Atau terus menerus, sedangkan kawah yang satu nya lagi gas keluar hanya dalam tempo yang teratur.

Kawah Candradimuka ini menjadi salah satu objek wisata yang paling sering di kunjungi di kabupaten Banjarnegara. Karena selain tempat nya menawarkan pemandangan eksotis khas dataran tinggi dieng. Di sekitar kawah yang luas kawah tersebut pengunjung juga bisa menyaksikan aktivitas secara langsung. Muncul nya solfatara dari berbagai sudut pandang. Selain itu kawah Candradimuka Banjarnegara ini lokasi nya juga tidak jauh dari wisata peninggalan sejarah. Yang berupa Candi yang berada di di dataran tinggi Dieng. Hanya sekitar 6 Kilometer dari kawasan wisata utama komplek candi arjuna. Tepatnya berada di desa pekasiran, kecamatan batur, kabupaten Banjarnegara, jawa tengah, Indonesia.

Kawah Candradimuka Cikal Bakal Narasi Pewayangan Sang Ksatria Gatotkaca

Kawah Candradimuka adalah objek wisata di Dieng yang di buka setelah Kawah Sikidang dan Sileri pada tahun 2001. Kawah ini terletak di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara. Menurut cerita pewayangan, kawah yang terletak di alam khayangan ini merupakan tempat dimana Gatotkaca di sucikan. Panas nya kawah mengubah nya menjadi ksatria yang sakti dan mampu menaklukan musuh para dewa. Baca juga tempat wisata telaga dringo banjarnegara dan pantai batu karas pangandaran

Keindahan Alami Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka bisa menjadi alternatif menarik wisata di Dieng. Terdapat tiga kawah aktif yang berjejer seperti aliran sungai. Untuk mencapai bibir kawah. Maka harus menuruni anak tangga. Meski tidak terlalu jauh, namun membutuhkan usaha yang ekstra hati-hati. Turunan nya cukup licin di tambah dengan kabut yang mengepul selalu keluar dari mulut kawah. Ciri khas kawah candradimuka adalah mempunyai aktivitas vulkanik yang tinggi. Di tandai dengan sering nya mengeluarkan letusan dahsyat yang di iringi bunyi gemuruh.

Aktivitas yang tinggi membuat suhu di pusat kawah ini sangat panas, sekitar 100 Celcius. Namun, tenang saja, situasi nya masih memungkinkan melihat aktivitas kawah dari berbagai sisi. Meskipun berada jauh dari kawasan objek wisata Dieng lainya. Namun tidak menjadi rintangan para wisatawan yang mengunjunginya. Bukan sekedar panorama kawah yang bisa disaksikan, tapi akan di suguh kan dengan terasering khas dataran tinggi. Perbukitan yang mengelilingi Kawah Candradimuka juga semakin menambah kesan alami.

Cara Menuju Kawah Candradimuka Banjarnegara Dari Yogyakarta

Kawah Candradimuka berjarak 117 km atau 4-5 jam dari Kota Yogyakarta. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesana. Dari Yogyakarta, akan melewati Kota Magelang. Kemudian Temanggung, Wonosobo dan menuju Dieng. Sesampainya di Dieng, maka akan menuju desa Pekasiran yang berjarak 7 km atau  ±30 menit. Papan penunjuk obyek wisata yang terpampang jelas sangat membantu dan akan memudahkan anda untuk mencapai tempat tujuan.

Akomodasi

Di lokasi kawah candradimuka ini para pengunjung dapat merasakan sensasi air panas. Yaitu dengan cara mandi di kolam air panas yang tersedia di dekat pusat semburun. Di sini belum di sediakan fasilitas yang lengkap. Bahkan belum terdapat gazebo yang dapat di gunakan untuk duduk-duduk. Sambil menikmati pemandangan di kawasan kawah candradimuka. Karena kawasan ini tergolong agak gersang dan juga tandus.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati objek wisata ini tidak di pungut biaya untuk masuk ke dalam lokasi kawah ini. Dan untuk parkir juga gratiskan. Mungkin karena sedikit nya pengunjung yang rela berjuang untuk melihat medan nya.