Nikmati Wisata Keluarga Bukit Kampung Toga Sumedang Jawa Barat

Selama ini, Sumedang lebih di kenal dengan kuliner nya, Yaitu tahu Sumedang. Namun ternyata, Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ini juga memiliki potensi wisata yang memukau. Di kelilingi oleh pegunungan, kawasan yang berjarak 45 Kilometer dari Kota Bandung. Ini menyajikan panorama indah khas alam parahyangan. Berlibur ke Sumedang, bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan panjang sekolah. Kalau kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta. Sumedang bisa menjadi pilihan yang pas. Lokasi nya tidak terlalu jauh dari Ibu kota. Dan memiliki banyak sekali tempat wisata di Sumedang yang menarik. Salah satu tempat wisata yang akan di bahas kali ini yaitu Bukit Kampung Toga Sumedang.

Wisata keluarga di Kampung Toga Sumedang yang juga berarti Kampung tanaman obat-obatan. Terletak kurang lebih 3 Kilometer dari alun-alun Sumedang, merupakan objek rekreasi keluarga dengan pegunungan yang sangat indah da juga nyaman. Sehingga objek wisata Sumedang cocok untuk acara pertemuan dan pesta. Selain itu juga cocok bagi kalian yang hendak berlibur untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari.

Kampung Toga Sumedang Adalah Wisata Terlengkap Untuk Keluarga

Bukit Kampung Toga Sumedang

Kawasan wisata Kampung Toga Sumedang ini dari dulu terkenal dengan keindahan alam. Dan selain itu juga di jadikan sebagai tempat olahraga paralayang. Bahkan, untuk PON XIX nanti, Kampung Toga menjadi venue untuk olahraga dirgantara tersebut. Berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut. Bukit Toga juga biasa di gunakan para pilot gantole yang berlatih. Untuk menambah jam terbang. Bagi kalian yang senang mengabadikan keindahan alam dengan drone. Kayak nya pengambilan gambar di sini pun sangat layak untuk di coba.

Jika tidak di gunakan untuk event. Bukit Kampung Toga Sumedang tersebut bisa menjadi destinasi wisata. Baik untuk wisata lokal Sumedang maupun dari luar kota Sumedang. Tempat ini memang menyajikan keindahan alam ala pegunungan yang menarik banyak wisata sejak dulu. Pada musim liburan sekolah, setelah lebaran, atau pada saat tahun baru. Kampung Toga Sumedang ini pasti di padati oleh para pengunjung wisatawan. Kawasan wisata ini pun kini ramai di kunjungi oleh mereka yang hobi selfie. Ataupun para riders yang sengaja touring ke sini.

Rute Menuju Kampung Toga Sumedang

Selain menyajikan keindahan alam, tempat wisata ini arah nya tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang. Jarak nya dari pusat kota sekitar 2 Kilometer ke arah selatan. Jika keluar tol Cileunyi ambil arah Kompleks Makam Gunung Puyuh. Lokasi wisata Kampung Toga Sumedang sangat cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga. Para pengunjung bisa menyewa villa-villa. Serta melakukan aktivitas wisata di alam terbuka. Jalur tempat wisata ini searah dengan kompleks pemakaman leluhur Sumedang. Yakni Gunung Puyuh.

Di pemakaman Gunung Puyuh salah satu nya terdapat makam pahlawan wanita nasional, Cut Nyak Dhien. Lokasi makam wanita pejuang asal Aceh tersebut berada di paling bawah bukit dekat persawahan. Dimana makam nya di urus dengan baik. Dengan adanya kuncen makam, mushola, dan tempat istirahat para pezirah. Jadi bagi kalian yang membawa anak-anak. Bisa sekalian menziarahi makam pahlawan nasional ini. Guna membangkitkan semangat nasionalisme anak-anak. Di area pemakaman ini pun bersemayam inohong-inohong asal Sumedang. Salah satu nya yaitu seniman Sunda Kang Ibing Kusmayatna.

Lokasi Wisata Keluarga Di Kampung Toga Sumedang

Lokasi kampung toga Sumedang berada di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Koordinat GPS : -6.871496,107.911734. Dengan nuansa perbukitan yang asri dan pemandangan kota Sumedang. Serta hamparan sawah dan sungai yang dapat dinikmati dengan wisata dirgantara yaitu Paralayang dan gantole. Baca juga tempat wisata gunung tampomas sumedang

Restoran Kampung Toga Sumedang

Restoran di Kampung Toga Menyediakan berbagai menu khas Sunda dengan suasana pedesaan. Salah satu menu andalan restoran Toga adalah Nasi liwet komplit gurame bakar. Dan nasi timbel komplit karedok dan balado terong. Untuk menu yang lain nyaada nasi putih, ayam goreng, tahu tempe, sambel, gepuk, karedok. Serta lalapan, sayur asem, sayur lodeh, ikan asin, bajigur, bandrek, cente manis, talam, bugis. Lontong isi/bacang lemper, lumpia, opak, keripik, acar nila atau mas, pepes tahu, gehu, dan masih banyak lagi yang lain nya.

Outbond Kampung Toga Sumedang

Fasilitas outbond kampung Toga terdiri dari kegiatan olahraga yang di lakukan di darat, air, dan udara. Aktifitas darat yang berupa rekreasi keluarga dengan menikmati suasana alam pegunungan. Naik sepeda gunung, untuk kegiatan outbond lengkap. Dengan segala fasilitas dan permainan nya. Sedangkan untuk aktifitas di air ada kegiatan raffting atau arung jeram. Kolam renang dewasa dan juga kolam renang anak-anak. Dengan nuansa pegunungan. Satu lagi yang paling menantang adalah aktifitas udara. Yaitu Olahraga dirgantara. Yang berupa paralayang dan gantole. Sehingga pengunjung dapat menikmati indah nya panorama Kampung Toga dari Udara.

Villa/Cottage Kampung Toga Sumedang

Tidak hanya menyediakan tempat wisata, Kampung Toga pun telah menawarkan villa/cottage. Dengan ukuran dan tipe yang beragam. Diantara tipe Flamboyan, Bugenville, Rose, Sedapmalem, Kenanga, Ayudia I, Ayudia II, Mangangeke, Merpati, Nuri, Jalak, Elang, Soeniy, Anis Dan Kenari.

Sarana Di Tempat Wisata Kampung Toga Sumedang

Kampung Toga ada di perbukita dengan mengusung rencana kampung wisata terpadu. Sebagian fasilitas jemu wisatawan yang disiapkan disini diantaranya :

  • Kolam renang untuk dewasa serta anak-anak. Kolam renang terbagi dalam sebagian kolam renang yang di bangun dalam tempat bertrap-trap di setiap bukit. Ticket masuk juga termasuk murah cuma Rp15. 000.
  • Villa-villa yang dapat disewa dengan tarif dari 300 beberapa ribu sampai jutaan (tergantung kemampuan).
  • Tempat makan, ada bermacam makanan serta minuman khas Sunda yang dihidangkan di saung lesehan memiliki nuansa alam terbuka
  • Sarana outbond, salah satunya ada berolahraga dirgantara paralayang serta gantole.
  •  Ruangan pertemuan tertutup untuk meeting serta ruangan terbuka untuk gathering.
  • Untuk yang suka memancing dapat naik ke puncak bukit Toga. Disini, Anda dapat memancing berbarengan keluarga diatas perahu. Danau buatan yang ada disini dikelilingi kebun buah-buahan, taman tanaman obat keluarga (Toga).
  • Wisata alam Surug Sabuk, Curug Haurlawang, Benteng Belanda Pasirlaja, sampai Benteng Belanda Pasirkolecer. Dari atas puncak bukit Toga, pengunjung dapat lihat hamparan persawahan, perkebunan, serta dari sini kita dapat lihat panorama kota Sumedang. View keindahan alam siang serta malam hari begitu indah diliat dari puncak bukit.

Harga Tiket Masuk Kampung Toga Sumedang

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Sumedang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Saat weekday, harga tiket masuk Kampung Toga adalah Rp.30.000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Kampung Toga adalah Rp. 30.000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Jam Buka Dan Tutup Kampung Toga

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Sumedang. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Kampung Toga. Kampung Toga buka jam 24 jam dan tutup jam.  Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.