Keindahan Alam Di Tempat Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Bukan tanpa alasan jika Yogyakarta senantiasa mampu bersanding dengan Bali sebagai primadona pariwisata di Indonesia. Selain di anugerahi alam dengan panorama yang indah serta adat istiadat dan juga budaya lokal yang terjaga kelestarian nya. Berkunjung ke Yogyakarta menjadi tidak membosankan, karena tempat-tempat wisata yang ada selalu menyuguhkan sesuatu yang baru dalam bentuk penambahan fasilitas. Dan juga sarana untuk memanjakan wisatawan. Salah satu tempat wisata nya yaitu Kalibiru Yogyakarta. Setelah kalibiru ini menjadi salah satu destinasi wisata yang hits di Jogja. Penduduk kini dapat menikmati hasil nya lewat bertambah nya sumber penghasilan dan meningkat nya tarif ekonomi dari sektor pariwisata. Tidak heran lagi jika peningkatan terus menerus di lakukan di Kawasan Desa Kalibiru untuk dapat lebih memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Sehingga tempat wisata Yogyakarta ini pun kini tidak hanya di kenal oleh wisatawan lokal dan juga domestik. Akan tetapi juga di kunjungi para wisatawan dari mancanegara.

Sekilas Tentang Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Wisata Kalibiru Yogyakarta

Kalibiru Yogyakarta adalah kawasan hutan lindung yang berdiri di atas perbukitan dengan tanah bergelombang. Dan berada pada ketinggian 450 meter dari atas permukaan laut dengan tititk koordinat 7,8 LU dan 110,12 BT. Hutan lindung ini di kelola oleh masyarakat dan sebagian area nya di manfaatkan untuk kawasan wisata. Dengan tujuan untuk melestarikan kawasan hutan sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Di dalam sejarah tercatat bahwa sebelum tahun 1930. Kalibiru merupakan kawasan perkampungan yang telah di huni oleh penduduk secara turun temurun selama ratusan tahun. Bahkan, Pangeran Diponegoro dalam perlawanan nya melawan VOC pernah menjadikan Kalibiru Yogyakarta ini sebagai tempat persembunyian nya. Penduduk yang tinggal di sini adalah mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dengan luas lahan yang terbatas.

Tempat Wisata Di Sekitar Kalibiru Yogyakarta

Kalibiru Yogyakarta adalah sebuah tempat wisata yang terletak di dalam suatu desa. Dan di kelilingi hutan Progo yang masih asri dan juga segar. Selain karena alm nya yang indah, tempat ini mempunyai daya tarik yang sangat unik. Yaitu para pengunjung bisa untuk menikmati pemandangan dengan menaiki gardu pandang yang di sediakan oleh pihak pengelola wisata. Pemandangan bukit-bukit hijau dan asri sangat lah akan memanjakan mata kita untuk terus menatap pemandangan. Tentu nya pemandangan di alam sekitar tersebut. Sebuah hal yang tidak bisa kita dapatkan di lingkungan kerja kita sehari-hari.

Waduk Sermo

Waduk Sermo Yogyakarta

Waduk Sermo merupakan salah satu potensi wisata dan edukasi di Kulonprogo. Apalagi bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Sermo. yang menjadikan pemandangan akan semakin indah. Tak berbeda jauh dengan waduk Jatiluhur. Waduk Sermo juga memiliki fasilitas pemancingan. Beberapa wisatawan sangat gemar di Waduk Sermo karena keberadaan ikan ” Setan Merah “. Yang merupakan ikan predator di waduk sermo ini. Selain itu juga, para wisatawan bisa menyewa perahu wisata untuk berkeliling waduk sermo sambil menikmati perbukitan menoreh.

Pule Payung

Pule Payung Yogyakarta

Wisata buatan yang di setting dengan rapi dan juga indah. View perbukitan dan waduk sermo berpadu indah pada saat kita berselfie dengan sahabat atau dengan pasangan. Fasilitas di pule payung sudah sangat lengkap warung, toilet dan tempat ibadah yang telah tersedia. Harga tiket masuk yang masih terjangkau yaitu sekitar Rp. 15.000. Dengan fasilitas dan juga spot-spot foto terbaru.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran Yogyakarta

Tempat nya berada di atas bukit dengan pemandangan hijau dan deretan perbukitan menoreh purwosari girimulyo kulonprogo. Sekarang pilihan untuk eksis sudah tambah banyak meski belum lama di buka sebagai tempat wisata. Pilihan utama tentu nya ayunan di bibir tebing, bukit cinta, dan foto dengan berbagai tulisan hastag jaman now banget. Fasilitas juga sudah tersedia walaupun belum terlalu lengkap. Tempat ibadah dan toilet yang perlu di perhatikan karena harus ekstra berhati-hati, karena medan yang curam.

Taman Sungai Mudal

Sungai yang sebelumnya merupakan sumber air terjun yang tak terurus dan tak menarik. Terdapat semak belukar di tepian nya, namun berkat hasil swadaya masyarakat yang membersihkan dan mempercantik nya. Maka sungai sepanjang sekitar 600 meter ini akhir nya menjadi taman wisata sungai yang indah dan juga menawan. Para pengunjung cukup membayar biaya parkir motor 2 ribu dan parkir mobil 5 ribu. Sedangkan tiket masuk sungai mudal ini gratis.

Bukit Cendana Kulonprogo

Bukit Cendana Kulonprogo Yogyakarta

Tempat wisata ini sangat pas untuk di kunjungi pada pagi hari sebelum matahari terbit. Dan sore hari menjelang senja, tentu saja panorama sunrise sunset dari perbukitan. Menoreh menjadi spot yang paling di tunggu-tunggu untuk mengabadikan nya.

Menikmati Keasrian Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Bagi kalian yang tinggal di wilayah perkantoran, suasana berbeda akan langsung menyambut kehadiran kalian. Begitu memasuki wisata Kalibiru Yogyakarta yang kental dengan nuansa pedesaan lewat rindang nya pepohonan. Serta udara yang sejuk dan juga segar akan pemandangan hutan dan bebukitan. Namun itu hanya lah sajian awal yang di suguhkan wisata Kalibiru Yogyakarta ini. Karena keindahan yang benar-benar akan memanjakan mata akan di temukan saat berada di puncak bukit. Setelah sampai di puncak, nikmati lah pesona keindahan Kalibiru Yogyakarta. Yaitu lewat lanskap yang berlatar belakang hamparan air yang berwarna kebiru-biruan di Bendungan Sermo. Serta perbukitan menoreh yang di dominasi warna hijau pepohonan. Baca juga tempat wisata taman pelangi yogyakarta dan tempat wisata pantai indrayanti yogyakarta

Untuk dapat memperoleh sudut pandang yang paling ideal. Gardu Pandang yang terdapat di beberapa sudut lokasi menjadi tempat yang paling pas. Meski untuk menuju gardu pandang tersebut harus lah berjalan melalui jalan setapak yang mendaki. Karena semua berada di lokasi yang lebih tinggi dan berada di dekat lereng bukit. Keindahan panorama Kalibiru Yogyakarta tersebut akan menacapai puncak nya pada pagi dan sore hari. Karena sunrise dan sunset yang tersaji di sini memancarkan keindahan yang sulit untuk di ungkap kan dengan kata-kata.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Objek wisata alam yang baru seumur jagung ini memsang harga tiket masuk untuk setiap pengunjung nya sbesar Rp. 5.000 per-orang nya. Lalu di tambah lagi dengan ongkos parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan harga tiket yang cukup murah tersebut, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam sambil berfoto ria. Akan tetapi juga dapat memanfaatkan beberapa fasilitas yang di sediakan pengelola. Beberapa fasilitas yang yang ada di tempat wisata Kalibiru Yogyakarya ini. Di antara nya yaitu kamar mandi, toilet, mushola, outbond area, camping ground, dan area parkir yang luas.

Rute Menuju Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Ada 3 rute perjalanan yang di tempuh untuk menuju ke Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta, diantara nya yaitu :

Jalur Malioboro

Para pengunjung juga bisa menuju ke Kalibiru Yogyakarta dengan melewati Malioboro. Cara nya yaitu dengan mengambil jalur yang menuju ke arah Purworejo. Ikuti saja terus jalan tersebut hingga tiba di Terminal Wates. Setelah melewati terminal, maka akan menjumpai papan petunjuk jalan yang menuju ke Sermo dan Kalibiru.

Rute Sermo – Kalibiru

Rute ini merupakaan jalur terfavorit dan paling banyak di lalui oleh para wisatawan. Karena di sepanjang jalan akan dapat menikmati keindahan Bendungan Sermo yang juga menjadi salah satu objek pariwisata di Yogyakarta. Jalur Sermo ini akan dapat lebih cepat di tempuh jika melewati Sentolo. Yakni dengan melintasi Jembatan Bantar hingga tiba di Stasiun Sentolo. Di situ akan di temui papan petunjuk jalan yang meuju ke arah Pengasih. Ikuti saja jalan tersebut hingga melewati Pengasih, alun-alun Wates, RSUD Wates dan Beji. Baru kemudian ke Sermo sebelum akhir nya sampai di Kalibiru.

Rute Clereng – Kalibiru

Jika di bandingkan dengan rute yang melewati Bendungan Sermo. Rute ini relatig lebih cepat dan lebih mudah untuk di tempuh. Karena medan nya yang harus di lewati memang tidak seberat rute Sermo. Jika mengambil rute Clereng, bawalah kendaraan menuju ke pasar Clereng dan sekitar 300 meter dari pasar . Maka kan menjumpai jembatan yang letak nya persis berad di sebuah tikungan. Lewati jembatan tersebut dan sekitar 20 mete, kemudian akan menjumpai papan petunjuk menuju ke arah Kalibening.