Panorama Negeri Di Atas Awan Di Jurang Tembelan Yogyakarta

Yogyakarta memang terbilang sukses dengan mengadakan dan juga mengembangkan kawasan wisata alam. Kawasan wisata yang terletak di Bantul in menyegarkan dan menyuguhkan pemandangan luas yang merilekskan. Terutama untuk yang sudah terbiasa dengan kegiatan di kota. Tempat wisata Yogyakarta yang akan di bahas kali ini yaitu Jurang Tembelan Yogyakarta. Di tempat wisata Jurang Tembelan ini para pengunjung akan menyaksikan deretan pegunungan Sewu. Dengan aliran sungai Oyo yang tampak membelah daratan. Dan sekarang, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jogja.

Mengejar Sunrise Dan Sunset Di Jurang Tembelan Yogyakarta

Jurang Tembelan Yogyakarta

Tempat wisata Jurang Tembelan Yogyakarta ini menjadi sangat populer karena media sosial, yaitu di Instagram. Dengan keberadaan tempat wisata Yogyakarta ini, menambah deretan daftar tempat wisata  tempat wisata di Jogja yang menarik. Karena di sekitar tempat wisata ini juga ada beberapa tempat menarik untuk dikunjungi . Seperti misalnya Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta dan tempat wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Jadi mungkin para pengunjung bisa untuk mampir juga ke tempat wisata itu. Atau bisa juga seharian penuh di tempat wisata Jurang Tembelan Yogyakarta ini untuk menikmati sunrise sekaligus sunset.

Jurang Tembelan Yogyakarta, Negeri Di Atas Awan Yang Mempesona

Begitu masuk ke kawasan wisata ini, bukan hanya menyaksikan pemandangan yang asri. Akan tetapi juga indah dan sangat menyegarkan. Karena kawasan ini dibuka 24 jam, maka bisa datang lebih awal untuk menyaksikan marahari terbit. Pagi sekali, panorama pegunungan di sana akan menyuguhkan pemandangan “negeri di awan” yang bakal membuat para pengunjung memukau. Bersama beberapa orang teman, juga bisa menikmati sunset dari kawasan wisat Jurang Tembelem Yogyakarta ini.

Jadi memang tidak harus ke kawasan pantai di Jogja hanya untuk menikmati sinar keemasan matahari. Yang mulai tergelincir ke arah barat, cukup berada disini saja sepanjang hari, sampai waktu matahari terbenam tiba. Yang unik dari jurang tembelam Yogyakarta ini ada nya spot selfie. Yang sebenar nya juga tempat orang bisa memandang pemandangan luas. Spot tersebut berbentuk perahu yang terbuat dari bambu, dan letak nya yang tinggi menghadap hamparan pemandangan yang luas. Buat kalian yang suka pemandangan dari ketinggian. Tempat ini cukup menyenangkan sebagai kegiatan santai bersama keluarga.

Lokasi Jurang Tembelan Yogyakarta

Jurang Tembelan terletak di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Puncak Mangunan. Untuk sampai ke lokasi ini ikuti saja rute menuju Puncak Mangunan. Dan sebelum masuk pintu gerbang Puncak Mangunan terdapat pertigaan kecil dan ambilah jalan ke kiri. Diperlukan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam untuk sampai di lokasi ini mengunakan kendaraan pribadi dari pusat kota.

Harga Tiket Masuk Wisata Jurang Tembelan Yogyakarta

Pihak pengelola tempat wisata Jurang Tembelan belum menentukan tiket masuk atau gratis. Namun bila sobat hendak beramal bisa membayar se ikhlas nya di kotak-kotak amal telah disediakan demi pembangunan wisata lebih berkembang. Bila sobat membawa kendaraan pribadi, maka siapkan ongkos parkir sebesar Rp. 2.000 sepeda motor dan Rp. 5.000 kendaraan mobil. Baca juga tempat wisata pantai pok tunggal yogyakarta

Rute Menuju Lokasi Wisata Jurang Tembelan Yogyakarta

Dari arah pasar Imogiri ambil lah jalur ke kiri ikuti arah ke makam raja-raja sampai menumukan pertigaan. Pilih arah menuju Kebun Buah Mangunan dan hutan Pinus. Tiba di pintu masuk gardu pandang terdapat petunjuk yang akan mengarahkan kamu ke Jurang Tembelan. Akses menuju Jurang Tembelan memang cukup ekstrim. Jalanan yang naik turun dan curam tentu akan kamu temukan selama perjalanan. Sehingga pengendara harus tetap berhati-hati terutama saat musim hujan. Pastikan juga bahwa kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jurang Tembelan adalah saat musim kemarau. Saat musim hujan tentunya susah untuk mendapatkan momen sunrise karena tertutup kabut dan awan. Selain itu jalan menuju lokasi juga licin saat musim hujan.