Sejarah Tempat Wisata Jalan Braga Bandung Yang Harus Anda Kunjungi

Apakah anda sedang mencari tempat wisata yang terkenal di Bandung dan menawarkan daya tarik yang bandoeng tempo doeloe?. Jika iya susurilah kawasan Jalan Braga Bandung. Seperti apa sih daya tarik wisata yang nama jalan di kota bandung yang sangat bersejarah ini ?. Marikita kita simak saja ulasannya di bawah ini.

Jalan Braga Bandung

jalan braga bandung

Jalan Beraga adalah nama senuah jalan utam yang terdapat di kota Bandung jawa barat indonesi ini. Dan nama jalan ini memang sudah sangat terkenal sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetaplah di pertahankan sebagai salah satu maskot dan salah satu. Objek wisata kota Bandung yang dulunya di kenal sebagai parijs van java. Tempat Wisata Jalan Braga di Kota Bandung berkonsep One Stop Holiday di pusat kota Bandung. Ini merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di kota Bandung. Sejak zaman pendudukan Belanda di indonesia atiau pada zaman kolonials. Jalan Braga Bandung sudah di jadikan sebagai jalanan protokoler di kota Bandung.

Lokasi Sejarah

Di sisi kanan kiri sepanjang Jalan Braga Bandung terdapat banyak kompleks pertokoan yang. Memiliki arsitektur dan tata kota yang tetap mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda. Tata letak pertokoan tersebut mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung. Pada masa itu (1920-1940-an) sebagai kota mode yang cukup termasyhur seperti kota Paris. Contohnya anda bisa melihat dari model pertokoan sarinah. Apotek Kimia Farma dan Gedung Tempat di selenggarakan Konferensi Asia Afrika Genung Merdeka (S0cieteit Concordia.

Sejarah Jalan Braga Bandung

Awalnya Jalan Braga adalah sebuah jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi sehingga di namakan jalan culik. Karena cukup rawan, juga dikenal sebagai jalan pedati. Jalan Braga Bandung menjadi ramai karena banyak usahawan-usahawan terutama kebangsaan Belanda. Mendirikan toko-toko bar dan tempat hiburan di kawasan seperti toko Ondeling Belang. Kemudian pada dasawarsa 1920-1930-an di sepanjang Jalan Braga Bandung muncul. Toko-toko dan butik (boutique) pakaian yang mengambil model di kota Paris. Perancis yang saat itu merupakan kiblat model pakaian di dunia. Dibangunnya gedung Societeit Concordia yang digunakan untuk pertemuan para warga Bandung khususnya kalangan tuan-tuan hartawan.

Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan lain-lain di beberapa blok di sekitar jalan braga bandung. Ini juga meningkatkan kemasyhuran dan keramaian jalan ini. Perkembangan yang sedemikian rupa tempat wisata di jalan braga Bandung waktu ini ternyata memunculkan juga ekses negatif. Itu karena adanya hiburan malam dan kawan lampu merah (kawasan remang-remang) dan di kawasan ini yang. Membuat jalan braga Bandung sangat di kenal turis. Dan di situ lah kota bandung di sebut “kota kemang”. Sehingga perhimpunan masyarakat warga Bandung saat itu membuat selebaran dan pengumuman yang cukup unik yaitu. Agar “Para Tuan-tuan Turis sebaiknya tidak mengunjungi Bandung apabila tidak membawa istri atau meninggalkan istri di rumah”.

Braga City Walk Yaitu Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung sekarang dengan dahulu jelas berbeda tapi tetap menyuguhkan suasana yang sama. Berbedanya adalah infrastruktur bangunan serta kehidupan masyarakatnya sekarang berada di zaman modern. Dan yang sama nya adalah suasana tempat dan sejarah yang selalu melekat dengan tempat ini. Sebagai pusat mode dan tempat ekslusif bagi tempat wisata di kota Bandung. Adalah Braga City Walk, sebuah kawasan terpadu atau biasa. Dengan sebutan istilah One Stop Holiday merupakan citra dari Jalan Braga Bandung sekarang. Braga City Walk sebuah kawasan yang berkonsep gabungan dari beberapa pusat keramaian. Seperti Shopping Mall Bandung, Kondominium, maupun Bandung Hotel.

Di sekitar Braga City Walk sendiri banyak terdapat bangunan kuno yang kerap dijadikan sebagai backgorund berfoto-foto. Terutama bagi mereka yang datang ke Bandung dan ingin mengabadikan momen-momen penting. Kawasan Jalan Braga Bandung juga merupakan sebuah kawasan hiburan dan tempat perbelanjaan yang menjadi favorit pengunjungnya. Biasanya kondisi Braga City akan tampak sangat ramai ketika akhir pekan atau liburan anak sekolah. Akan terlihat muda-mudi Bandung yang berlalu-lalang yang nampak sangat menikmati suasana di Braga City Walk ini. Jika Anda berkunjung maka dipastikan akan ikut larut dalam suasana yang ramai namun tetap santai.

Cinema XXI Braga

Salah satu tempat Wisata yang menjadi pusat lokasi hiburan di Jalan Braga Bandung yakni Cinema XXI Braga. Dimana Anda dan banyak orang lainnya biasa menyaksikan aneka film pilihan. Didalamnya juga terdapat beberapa foodcourt, D’Cost dan beberapa tempat fashion lainnya. Yang menarik di jalan ini juga rutin diadakan eventBraga Culinary Night. Dan di kawasan jalan ini juga merupakan salah satu Pusat Hiburan Malam di Bandung ( Nightlife ). Braga City Walk juga dilengkapi dengan hotel dimana Anda bisa menginap didalamnya. Sehingga mudah mengakses Braga City maupun lokasi lainnya yang masih berdekatan. Di Sekitar Jalan Jalan Braga Bandung ini pula, anda bisa mengunjungi lokasi wisata yang tak kalah menariknya. Karena dengan berjalan kaki pun anda bisa menjangkaunya sambil menikmati kota bandung. Di sekitar kawasan  Jalan Braga terdapat pula tempat – tempat menarik lainnya. Untuk di kunjungi seperti Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun kota Bandung, Mesjid Agung Bandung, dan tempat – tempat asik lainnya.

Peta Lokasi Jalan Braga Di Bandung

[pw_map address=”Jalan Braga, Braga, Sumur Bandung, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat ” key=”AIzaSyCkq2odUghyywE3R6MNNr9q7tGjrXuDVX8″]