Hunting Foto Terbaik Di Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Jika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, pasti nya kalian tidak akan asing lagi dengan wilayah Bantul. Ya, Kabupaten Bantul adalah salah satu wilayah yang paling luas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain luas, bantul juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik, serta berbiaya murah untuk di jelajahi. Salah satu dari wilayah Bantul yang terkenal adalah Dlingo. Di kawasan wisata ini, tepat nya di Desa Mangunan terdapat sebuah hutan pinus yang sudah sangat di kenal oleh masyarakat. Bukan hanya oleh masyarakat bahkan sudah di kenal oleh wisatawan luar daerah dengan nama ” Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta “.

Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Sebenar nya lokasi hutan pinus mangunan yogyakarta ini bisa dengan mudah untuk di temukan. Karena memang ada di Yogyakarta di bagian selatan. Sehingga untuk bisa sampai di sana, para pengunjung bisa melalui Jalan Imogiri Timur. Sekaligus menuju ke Makan Raja-Raja Imogiri. Akan tetapi sebelum sampai di makam, para pengunjung akan melihat ada nya pertigaan yang menuju ke arah Mangunan. Ambil lah arah tersebut sampai melihat ada nya dua jalur berbeda. Dimana salah satu ya adalah menuju ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Dan karena tujuan menuju ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Maka sudah pasti jalur yang harus di ambil adalah jalur yang akan mengarahkan ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta ini. Baca juga tempat wisata kebun teh nglinggo dan tempat wisata umbul ponggok yogyakarta

Sekilas Tentang Hutan Pinus Mangunan

Meski lebih di kenal dengan nama hutan pinus Imogiri. Lokasi hutan ini sebenar nya berada di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Dan tidak termasuk ke dalam wilayah administratif Imogiri. Hanya saja karena lokasi hutan berada di satu jalur dengan situs makam – makam raja Imogiri. Yang menjadikan banyak orang utama nya wisatawan dari luar jogja salah sebut dan menganggap nya sebagai Hutan Pinus Imogiri. Namun sebutan yang salah itu lah justru yang paling populer. Hingga tempat wisata Yogyakarta ini di kenal dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Tidak ada deskripsi khusus tentang Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta in di situs wikipedia. Namun di beberapa website tentang wisata tidak lah sulit. Untuk mendapatkan informasi tentang Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta ini. Kepopuleran nya bahkan mengalahkan dua tempat wisata lain. Yang ada di dekat nya dan lebih dulu di kenal sebagai tempat wisata. Yaitu tempat wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta serta Puncak Becici Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta ini memiliki luas sekitar 500 hektar dan memiliki mayoritas di tumbuhi Pinus Merkusii. Di tambah lagi dengan beberapa jenis pohon yang lain seperti Akasia, Kayu Putih, Kemiri, Mahoni, serta beberapa pohon Perdu. Pada awal nya kawasan hutan wisata ini sempat tandus dan juga gersang, akibat pembalakan liar secara besar-besaran dan kebakaran hutan. Namun setelah di tangani secara serius oleh pihak Perhutani dengan melakukan reboisasi dan menjadikan tempat wisata ini sebagi hutan homogen. Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta yang awal nya tandus kini berubah menjadi hijau dan di penuhi oleh pohon-pohon pinus yang tinggi. Bahkan tujuan reboisasi awal nya hanya lah untuk menciptakan kawasan hutan lindung. Yang fungsi nya menjadi bertambah sebagai kawasan wisata setelah keindahan yang menarik perhatian publik ini.

Daya Tarik Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Perjalanan yang sangat melelahkan dari kota Jogja menuju ke lokasi wisata akan langsung terbayarkan. Begitu sampai di tempat wisata Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Karena kedatangan para pengunjung akan langsung di sambut dengan hijau nya pemandangan yang menyejukan mata. Serta udara hutan yang sejuk dan segar, setelah memarkirkan kendaraan. Maka para pengunjung bisa langsung melangkah kan kaki menuju ke pintu gerbang masuk hutan. Di depan pintu gerbang tersebut sebuah taman yang di hiasi berbagai jenis bunga. Dan menjadi salah satu spot menarik untuk di jadikan background foto. Spot menarik lain nya juga dapat di temui di berbagai sudut hutan yang luas. Di sana terdapat jalan setapak yang akan membawa para pengunjung ke sebuah tebing.

Dan di bibir tebing itu lah para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam yang begitu menawan. Yang berhias aliran Sungai Opak dengan latar belakang perbukitan. Agar sudut pandang lebih luas dan landskap yang di saksikan dapat lebih utuh. Para pihak pengelola sudah menyediakan Gardu Pandang di sekitar bibir tebing. Butuh nyali yang besar untuk naik ke Gardu Pandang. Karena pada saat angin berhembus kencang, Gardu pandang tersebut bergoyang-goyang. Selain itu juga ada beberapa spot -spot berselfie dan berwefie ria. Karena hampir di setiap sudut Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta ini bisa di jadikan sebagai background foto yang menawan. Meskipun hanya berbekal kamera pocket atau bahkan kamera Hp. Tentu saja dengan menggunakan kamera DSLR di sertai teknik fotografi hasil nya akan lebih istimewa.

Harga Tiket Masuk Ke Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Untuk dapat menikmati indah nya Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Pihak pengelola tidak lah menarik tiket masuk kepada para pengunjung alias gartis. Hanya saja para pengunjung akan di kenai retribusi parkir sebesar Rp. 3.000 untuk sepeda motor. Sedangkan Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 20.000 untuk bus.

Lokasi Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Tempat wisata ini berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55783. Lokasi yang di maksud tersebut berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 25 Kilometer.

Fasilitas Di Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Jika ada yang kurang dari tempat wisata ini yaitu tidak ada nya fasilitas penginapan. Sehingga bagi mereka yang ingin menginap di kawasan hutan untuk dapat menikmati sunrise di sela-sela batang hutan pinus. Tidak ada acara yang lain yang dapat di lakukan selain ngecamp. Bagi mereka yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda di kawasan hutan, di kenakan tarif sebesar Rp. 20.000 perorang nya . Di tambah lagi dengan biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Untuk mereka yang bermaksud untuk camping di Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta ini, di sarankan untuk membawa bekal yang cukup. Serta membawa penerangan yang cukup memadai, karena kawasan hutan pinus mangunan Yogyakarta ini jauh dari perkampungan penduduk. Dan pada saat malam hari tiba, suasana di sekliling gelap gulita karena belum terjangkau fasilitas penerangan nya.

Destinasi Wisata Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Hunting Foto

Destinais wisata yang satu ini memang terkenal sebagi lokasi untuk hunting foto. Deretan tegakkan pohon pinus mangunan Yogyakarta yang tertata secara rapi. Dan juga rimbun memnag lah sangat cocok menjadi salah satu lokasi untuk mendapatkan foto-foto yang keren. Sudah banyak pasangan muda yang melangsungkan foto pre weddingmereka di Hutan Pinus Imogiri. Mungkin karena pohon pinus juga dikenal sebagai lambang cinta. Batang pohon pinus yang berdiri tegak lurus melambangkan cinta yang tulus. Daun pinus yang selalu hijau melambangkan cinta yang tak pernah berakhir. Namun untuk melangsungkan foto pre wedding di lokasi ini, maka perlu mendapatkan izin dari pihak pengelola. Dan membayar sewa lokasi minimal sebesar Rp 50.000. Tak hanya foto pre wedding yang dikenai biaya, jika ingin membuat video klip. Atau pun iklan juga diharuskan mengeluarkan biaya minimal Rp 50.000.

Sumber Mata air

Di hutan pinus manguanan yogyakarta ini terdapat sumber air yang juga di kenal dengan nama Sumber Mata Air Bengkung. Menurut warga sekitar, sumber mata air ini di percaya sebagai lokasi petapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Salah satu pemimpin Kerajaan Mataram. Sumber Mata Air Bengkung ini dibangun oleh pemerintah Belanda sekitar tahun 1925-1930. Jika ingin menuju lokasi ini, maka perlu berjalan kaki mengikuti jalur outbond Watu Abang dan menembus hutan yang rapat. Jalan kaki menembus hutan pinus yang rimbun akan menawarkan sensasi petualangan tersendiri. Tapi untuk yang tidak menyukai jalan kaki, maka juga bisa naik motor. Atau sepeda melewati jalur melingkar yang lebih jauh jaraknya.

Bersepeda

Bagi para pengunjung pecinta sepeda gunung. Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta juga bisa di jadikan sebagai salah satu lokasi untuk menyalurkan hobi bersepeda. Track yang mendaki dan juga berliku-liku pasti nya akan menjadi tantangan tersendiri bagi kalian.

Picnic Party

Hutan Pinus Imogiri sangat cocok untuk dijadikan lokasi piknik lho. Kamu hanya perlu membawa tikar, keranjang yang berisi makanan dan minuman. Sambil menikmati bekal yang kamu bawa kamu bisa menikmati keindahan alami hutan pinus ini. Piknik kamu juga akan lebih seru jika kamu membawa gitar untuk menemani kamu bersenandung ria dengan teman-teman dan keluargamu. Dijamin deh piknik kamu di sini akan sangat mengasyikkan.