Keindahan Tempat Wisata Hutan Mangrove Indramayu

Hutan Mangrove Indramayu yang ada di Desa Karangsong selain sebagai penjaga pantai juga banyak di kunjungi oleh masyarakat. Hutan Mangrova Karangsong Indramayu ini tidak perlu pergi jauh jauhan untuk berwisata. Atau berlibur Karangsong yang terletak di Pantai kabupaten Indramayu ini memiliki potensi besar. Hutan Mangrove Karangsong terletak di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu. Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat, Hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 50 haektar. Hutan mangrove ini terbagi menajdi dua kelompok yaitu hutan mangrove di dalam kawasan hutan lindung. Yang besar di 10 Desa yaitu desa parean Girang Kecamatan Kandanghaur, Desa Cemara Kecamatan Losarang. Desa Cangkring dan Lamaran Tarung Kecamatan Cantigi. Desa Babadan Kecamatan Sindang, Desa Karanganyar, Pasekan, Pagirikan, Totoran dan Pabeab Ilir Kecamatan Pasekan.

Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Sedangkan hutan mangrove di luar kawasan hutan terbesar di 22 Desa diantaranya yaitu. Ujung Gebang Kecamatan Sukra, Desa ilir, Bulak dan Parean Girang Kecamatan Kandanghaur, Desa Cemara Kecamatan Losarang. Desa Cangkring dan Lamaran Tarung Kecamatan Cantigi, Desa Brondong, Karanganyar, Totoran dan Pabeab Ilir Kecamatan Pasekan, Desa Pabean Udik. Karangsong dan Singaraja Kecamatan Indramayu, Desa Benda Kecamatan Karangampel, Desa Juntinyuat Kecamatan Juntinyuat. Desa Tanjakan, Kalianyar, Luwung Gesik, Krangkeng dan Singakerta Kecamatan Krangkeng. Hutan Mangrove Karangsong mulai dirawat semenjak tahun 2008 dan berbenah menjadi ekowisata melalui progam CSR Pertamina RU VI Balongan. Yang dimulai dari tahun 2010 hingga 2014 serta dikelola oleh masyarakat lokal. Melalui kelompok Tani Lestari menjadikan tempat wisata Indramayu ini mulai dilirik wisatawan baik dari Indramayu sendiri ataupun dari luar kota.

Hutan Mangrove Indramayu

Ditempat ini anda bisa menikmati keindaan pemandnagan laut jawa sembari merasakan deburan ombak dan pasir pantai. Juga telah di sediakan saung kecil dari bambu di sepanjang pantai karangsong. Yang bisa anda sewa untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Setelah puas menikmati keindaan pasir pantai anda bisa menuju ke arah penjualan. Tiket perahu dekat dengan sungai yang menuju hutan mangrove. Untuk menyelusuri hutan mangrove dnegan perahu kecil yang muat untuk 20 orang.

Harga perorang nya adalah sebesar Rp. 15.000. Sebenarnya ada dua cara untuk menikmati objek wisata hutan bakau di Pantai karangsong. Yang pertama berjalan kaki melewati jembatan kayu. Cara ini tidak di pungut biaya akan tetapi tidak bisa mengelilingi seluruh kawsan ini. Sementara cara yang ke dua dengan menyewa perahu nelayan untuk berkeliling dengan perahu. Pengelola di hutan Mangrova indramayu ini mempernolehkan pengunjung untuk menggunakan kamera SLR. Hutan mangrove karangsong juga kerap di gunakan untuk foto pre-wedding, dengan izin dari pihak pengelola.

Jenis Mangrova

Khususnya di muara pantai karangsong Indramayu ini pada umumnya kebanyakan adalah jenis mangrove seperti. Avicennia spp. (A. alba Blume A. germinans L, A. marina Vierh), Bruguiera sp (B. cylindrica (L) Blume, B. gymnorrhiza (L) Lam.), Rhizophora sp. (R. apiculata Blume, R. harrisonii Leechman, R. mucronata Lam., R. racemosa G. Meyer, R. mangle L., R. stylosa Griff dan R. xselala (Salvoza) Tomlinson).

Fauna

Hewan – hewan yang terdapat dalam ekosisitem mangrove di Pantai Karangsong Indramayu. Reptile dan amphibian seperti, Biawak (menyawak), Ular pohon, Ular rawa, Ular sanca, Kadal, Iguana, Katak. Burung, seperti Elang pantai, Burung bangau, Burung gereja, Burung jalak, Burung tekukur, Serta burung berkicau lainnya Ikan. Seperti, Siput, Kerang kijing, dan lain-lain. Penanaman Mangrova ini di sini sangat pesat sekali dari program CSR Pertamina. Pada tahun 2010 penanaman 5000 bibit mangrove, pada tahun 2012. Penanaman 10.000 bibit mangrove dan untuk 2015 ini 1000 bibit. Diantaranya (600 bibit Mangrova, 400 bibit cemara, ketepeng dan winduri laut). Diperkirakan sekarang sudah lebih dari 50 ribu mangrove di kawasan ini dengan bibit yang tumbuh dengan sendirinya.