Tempat Wisata Hutan Kota Bekasi Yang Wajib Kamu Kunjungi

Warga Bekasi kini tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati pemandangan hijau nan asri. Sebagai tempat rekreasi dan olahraga favorit bagi warga Bekasi. Tetapi jangan beranggapan bahwa wilayah salah satu kota di Jawa Barat tersebut hanya berupa pabrik serta gedung beton. Kabupaten Bekasi juga memiliki objek wisata ruang hijau untuk meminimalisir pencemaran udara. Salah satunya adalah Hutan Kota yang berada di Bekasi Selatan.

Hutan Kota

Hutan Kota Bekasi tepatnya berlokasi di Jalan Raya Veteran, Desa Margahayu, Bekasi Selatan. Sebelumnya, ruang hijau tersebut merupakan alun-alun kota yang tidak bisa diakses masyarakat. Pembangunan paru-paru kota ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2002 Tentang Hutan Kota. Hutan kota penting untuk keseimbangan ekologi, menjaga kebersihan udara. Memelihara ketersediaan air tanah, mencegar banjir, tempat hidup berbagai jenis satwa, serta sebagai sarana rekreasi. Pada tanggal 2 Desember 2012 Hutan Bekasi diresmikan oleh walikota Rahmat Effendi. Peresmian ditandai dengan pelepasan 50 ekor merpati serta penanaman pohon produktif. Di ruang terbuka hijau Kota Bekasi itu terdapat lebih dari  300 pepohonan rindang sehingga tampak asri.

Fasilitas Hutan Kota Bina Bangsa Bekasi

Fasilitas lain adalah bangku taman, tempat berteduh, serta lampu penerangan. Semenjak dibuka sebagai kawasan rekreasi, Hutan Kota Bekasi selalu ramai dikunjungi. Biasanya  pengunjung datang untuk berpiknik atau jalan-jalan menikmati pemandangan hijau di tengah kota. Di area seluas dua hektar juga terdapat burung merpati atau kutilang.  Anda juga boleh bersepeda menyusuri jalur pedestrian. Dan masih banyak tempat wisata di bekasi yang harus kamu kunjungi. Lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Agung Al Barkah menjadikan Hutan Kota Bekasi tempat ngabuburit favorit selama bulan Ramadhan. Pengunjung RSUD Bekasi juga kerap mampir ke hutan tersebut.

Hutan buatan yang dikelola oleh Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Bekasi ini memang memiliki letak yang sangat strategis. Selain dua fasilitas publik yang telah disebutkan. Hutan Kota bekasi itu juga tidak jauh  dari kantor Polresta Bekasi, Stasiun Bekasi, serta pusat perkantoran. Hutan Bekasi merupakan tempat rekreasi murah dan nyaman yang dapat dikunjungi setiap hari. Anda dan keluarga bisa berkunjung ke sana dengan mengakses kereta ekonomi atau kereta komputer dan turun di Stasiun Bekasi. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan kaki selama 12 menit menuju taman yang terletak di sebelah selatan stasiun

Hutan Kota Bina Bangsa Bekasi

Hutan Kota Bina Bangsa secara resmi dibuka pada tahun 2012 silam. Peresmiannya sendiri dilakukan oleh Bapak Walikota Bekasi. Dengan luas sekitar tiga hektar, Hutan Kota Bina Bangsa menjadi taman kota Bekasi yang terbesar di antara taman-taman lain. Selain itu, kawasan hutan kota ini juga menjadi rumah bagi beberapa jenis satwa seperti burung dara, kutilang, dan kadal pohon. Karena letaknya di kompleks Stadion Patriot, tentu tidak sulit untuk menemukannya. Hutan kota yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 2 ini juga sudah dilengkapi oleh fasilitas publik, seperti toilet, lampu taman, jogging track, tempat bermain anak. Bahkan musolla yang rutin mengadakan kajian setelah maghrib. Hutan kota yang sekaligus menjadi bumi perkemahan ini memiliki total jumlah pohon mencapai lebih dari tujuh ribu batang.

Di antaranya ada pohon mahoni, ketapang, asam, kecapi, akasia, dan pohon sengon. Seluruh pohon yang ada di sini tercatat rapi dan ditampilkan di salah satu sudut hutan. Meski pada tahun 2016 Kota Bekasi gagal raih Adipura. Setidaknya keberadaan dua taman kota Bekasi tersebut telah menunjukkan perubahan yang signifikan terhadap kehijauan dan keasrian kota Bekasi. Pemkot Bekasi melalui BPLH Kota Bekasi terus berupaya meningkatkan fasilitas yang ada di taman kota ini. Seperti penambahan gazebo untuk beristirahat. Penambahan jogging track, dan juga mengaktifkan kembali air mancur agar taman kota ini menjadi lebih indah. Semua fasilitas yang telah disediakan oleh Pemkot Bekasi tersebut dapat dinikmati dan dimanfaatkan dengan bijak oleh warga. Sehingga harapannya, seluruh warga Bekasi dapat menjaga kebersihan tidak hanya di kawasan hutan kota tersebut. Tetapi juga di seluruh tempat di Bekasi.